Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 Pengertian dan Tipe Seni Musik

Pengertian seni musik ialah jejeran melodi (suara) yang mempunyai memiliki kandungan irama, kedisiplinan dan harmonisasi dari sumber suara dimainkan. Seni musik mempunyai peranan sebagai keelokan yang dicicipi oleh indera pendengar manusia untuk menyingkirkan kejenuhan, ekspresikan diri, sumber semangat, ide, sampai rileksasi untuk menentramkan diri. Bahkan juga manusia akan membuat beberapa tipe alat musik cuma untuk memberikan kepuasan rasa bermusik dan menganakemaskan pencinta musik dan merekamnya berbentuk rekaman (file).


Musik yang bagus dan enak didengarkan ada mempunyai beberapa unsur yang membuatnya. Berikut beberapa unsur pembentuk seni musik.

Irama; atau irama ialah panjang pendek dan tinggi rendah deratan suara. Irama penting dalam bermusik karena tentukan ketukan dalam alunan musik.

Melodi; ialah daya magnet dalam seni musik yang berisi formasi bunyi yang berurut dari tinggi ke rendah atau rendah ke tinggi.

Harmoni; Kelompok kombinasi di antara suara dan melodi disebutkan dengan serasi. Serasi atau akord untuk menemani musik mempunyai wujud kedisiplinan hingga membuat musik jadi nyaman dan cantik untuk didengarkan.

Birama; ialah elemen ketukan dalam seni musik dan mempunyai waktu dan tempo yang teratur. Ketukan Birama umumnya dicatat dengan angka 2/4, 2/3, 3/4 dan sebagainya.

Tangga Nada;
ialah elemen dari seni musik yang terbagi dalam suara yang tersusun bertahap dimulai dari suara dasar sampai suara tinggi. Tangga suara umumnya dipakai untuk atur beberapa pemusik orkestra.

Tempo; maknanya kecepatan lagu yang tentukan kecepatan birama. Tempo dipisah jadi beberapa elemen musik seperti Largo, Lento, Adagio, Andate, Moderato, Allegro, Vivace, dan Presto.

Dinamika;
ialah elemen musik yang mengutarakan gestur musik yang emosional seperti bersedih, suka, dan lain-lain. Dinamika sebagai satu pertanda untuk mainkan suara yang terkait dengan volume hingga dapat keluarkan suara keras dan merdu.

Timbre; disebutkan warna bunyi yang memperlihatkan kualitas seni musik. Timbre memperlihatkan jika alat musik mempunyai watak yang lain walaupun mempunyai suara yang serupa yang diperlihatkan melalui beberapa alat musik dimainkan. Timbre memberikan contoh jika alat musik petik akan berlainan dengan alat musik jam walaupun mempunyai tangga suara yang serupa.

Seni musik mempunyai beberapa macam musik yang diperkembangkan oleh manusia. Berikut ialah beberapa macam dalam seni musik.

1. Musik Tradisionil

Musik tradisionil ialah seni musik yang dari peninggalan kebudayaan turun-temurun di wilayah tertentu dan mempunyai ciri khas kedaerahan. seni musik tradisionil diatur atau dibikin berdasar style, adat dan bahasa yang sesuai wilayahnya. Seni musik tradisionil mempunyai alat musik yang bermacam dan berbeda dengan wilayah yang lain dibelahan dunia. Lirik-lirik pada lagu dibikin memakai bahasa wilayah tempatnya berasal. Contoh-contoh seni musik tradisionil ialah gamelan, karawitan, Biwa Hoshi, Tango, Samba, dan yang lain.
Keunikan musik tradisionil ialah:

Didalami secara lisan
Tidak mempunyai notasi
Memiliki sifat tidak resmi
Bermainnya tidak terspesialisasi
Syair lagu berbahasa wilayah
Mengikutsertakan alat musik ciri khas wilayah tertentu
Sisi dari budaya warga

Musik tradisionil ialah hasil budaya warga satu teritori wilayah tertentu. Musik tradisionil umumnya mempunyai peranan di dalam kehidupan masyarkat dan kuat hubungannya dengan sebuah arah kebudayaan dan religius. Musik tradisionil mempunyai fungsi-fungsi berbentuk:

Alat berkomunikasi
Fasilitas selingan
Musik pendamping tarian
Fasilitas alat budaya (ritus)
Fasilitas ekonomi
Peningkatan watak budaya

2. Musik Kekinian

Musik kekinian ialah musik yang ada sesudah akhir periode musik classic sampai masa kini ini. Musik kekinian berkembang secara universal karena telah terakulturasi dengan tehnologi dan budaya yang kekinian secara instrument dan penyuguhannya. Musik kekinian melahirkan banyak jenis seperti Pop, Rock, Jazz, Fusion, dan lani-lain. Musik kekinian mempunyai arah sebagai gestur dan selingan pada perubahan peradaban dan tehnologi pada kehidupan manusia.

3. Musik Kontemporer

Seni musik kontemporer ialah kombinasi di antara musik berpenampilan tradisionil dengan musik kekinian dan dimainkan secara lebih inovatif dan alat musik yang dipakai berbagai macam namun tetap hasilkan suara dan serasi yang enak untuk dicicipi. Alat musik kontemporer kadang dapat memakai beberapa alat seperti kaleng, pipa atau barang sisa untuk hasilkan gabungan musik yang bertambah luas dan bermacam.
Musik kontemporer datang di era ke-19 sebagai pergerakan peralihan frontal dari musik tradisionil dari beberapa kelompok seniman musik di Eropa saai itu. Musik ini mempunyai beberapa ciri macam suara yang kompleks; mempunyai warna atau tipe bunyi, tempo, dan irama yang bervariatif; sumber bunyi bervariatif bukan hanya dari musik instrumental. Musik kontemporer bisa dimainkan dengan cara pribadi atau barisan orkestra.


Begitu pembahasan mengenai deifinisi seni musik dan beberapa jenis dalam kreasi seni musik.

Posting Komentar untuk " Pengertian dan Tipe Seni Musik"