Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah, Jenis dan Tipe-Tipe Musik Rock

Jenis Musik Rock ialah tipe jenis musik kekinian yang terpopuler dan terkenal di dunia. Musik saluran ini yang mempunyai kesan-kesan penuh semangat dan ganas sebuah opsi jenis untuk semua usia untuk beberapa pencinta seni musik. Bahkan juga kemasyhuran Seni Musik dalam sebuah waktu periode tertentu kerap dilambangkan lewat Beberapa grup musik Rock yang paling punya pengaruh.

Ketenaran Musik Rock benar-benar punya pengaruh pada perubahan Seni Musik di Dunia. Beberapa uji coba instrument dan penyuguhannya dari beberapa Musikus Rock membuat beberapa turunan baru atau disebutkan Sub Jenis. Realitas ini jadikan Musik Rock sebagai jenis musik kekinian yang terbanyak mempunyai sub-genre atau saluran turunannya.

Riwayat Jenis Musik Rock

Riwayat musik Rock mempunyai dasar dari perubahan musik Rock N Roll. Musik Rock N Roll datang dari Amerika Serikat yang diketemukan pada dasawarsa 1940-an. Musik Rock N Roll awalannya ialah gabungan dari beragam musik classic kekinian pada waktu itu seperti Blues, Rhythm and Blues, Gospel, dan Musik Western Country dimainkan oleh golongan kulit hitam. Selanjutnya di tahun 1951 di dalam sebuah perlihatkan musik, seorang pemusik DJ namanya Ohio Alan Freed mainkan musik memiliki irama RnB tetapi dengan phrase "Rock n Roll", hingga jadi sebuah perlihatkan musik namanya Rock N Roll pertama di Dunia untuk didengar ke beberapa pemirsa.

Banyak pembicaraan mengenai lagu Rock N Roll pertama kali yang direkam di Dunia. Tetapi di tahun 1954 rekaman lagu yang dengan judul "That's All Right (Mama)" yang ditenarkan oleh Elvis Presley jadi sebuah rekaman lagu memiliki irama Rock N Roll pertama di Dunia. Lagu itu bahkan juga sempat menempati Pucuk Daftar Lagu Terkenal dan prestasi itu jadi awalnya ke arah ketenaran Musik Rock N Roll di Dunia pada dasawarsa 1950-an sampai awalnya dasawarsa 1960-an. Pada zaman ini lebih banyak Musikus Rock N Roll yang paling populer dengan beberapa karya mereka dan memengaruhi perubahan Musik Rock awalnya. Musisi-musisi itu diantaranya adalah; Bill Haley, Buddy Holly, Richie Valens, Chuck Berry, Jerri Lee Lewis, dan musikus yang lain.

Pada dasawarsa 1960-an Musik Rock N Roll alami perubahan lebih luas. Waktu itu Musik Rock telah dimainkan oleh beberapa Group Musik Instrumental dan Group Musik Vocal. Kedatangan Beberapa grup musik saat sebelum lahirnya musik rock jadi sebuah ide beberapa musikus Rock untuk membuat sebuah group musik. Lahirlah beberapa Band Rock dari teritori Britania Raya, seperti The Beatles, The Rolling Stones, The Yardbird dan Group Musik yang lain di awal tahun 1960. Masa perubahan musik Rock pada dasawarsa ini yang dikuasai dengan ketenaran Group Musik dari Britania Raya yang disebutkan dengan Invansi Britania. Gelombang perubahan musik dari Britania Raya ini pada akhirnya memberikan inspirasi Beberapa grup Musik beraliran Rock dari teritori Amerika Serikat untuk turut mempopulerkan Musik Rock di Dunia dari dasawarsa 1970-an sampai dasawarsa 1990-an. Pada akhirnya Musik Rock makin mengalami perkembangan dikenali di beberapa negara di penjuru dunia sampai sekarang ini.

Beberapa ciri Jenis Musik Rock

Musik berjenis Rock mempunyai ciri-ciri umum dengan pemakaian instrument atau beberapa alat musik berbentuk Gitar Listrik, Gitar Bass Listrik, Drum Set, dan tipe keyboard listrik. Beberapa ciri yang lain dari penyuguhan musik Rock di antara lain;

  • Mempunyai beat yang keras. Tempo dapat benar-benar lamban sampai cepat sekali.
  • Serasi musik Rock lebih sulit.
  • Susunan lagu yang kompleks.
  • Mempunyai suara yang paling luas, dari yang rendah sampai tinggi sekali.
  • Mempunyai dinamika pada aransemen musik Rock.
  • Mempunyai part berbentuk sesion permainan solo melodi (umumnya memakai instrument gitar listrik) dengan durasi waktu yang pendek sampai lumayan panjang.

Beberapa jenis Sub Jenis Musik Rock

Rock ialah jenis musik yang mempunyai Sub Jenis yang terbanyak turunannya. Berikut ialah beberapa Sub Jenis dari Musik berjenis Rock:

1. Rock N Roll

Rock N Roll ialah akar khusus atau versus awalnya dari perubahan musik Rock. Rock N Roll dipandang seperti pimpinan khusus dari Sub Jenis Rock atau Rockability. Contoh-contoh musikus yang beraliran sub jenis Rock N Roll diantaranya: The Beatles, Rolling Stones, Elvis Presley, The Tielman Brother, Slank, dan sebagainya.

2. Classic Rock

Classic Rock ialah Sub Jenis Rock yang menyuguhkan formasi lagu dengan elemen distorsi dan reverb yang tebal. Beberapa part dalam lagu akan tampilkan tipe musik Drama dan Etnic. Contoh-contoh musikus yang beraliran Classic Rock di antara lain; Queen, Yngwie Malmsteen, Bahagia Man, dan sebagainya.

3. Psychedelic Rock

Psychedelic Rock ialah tipe Sub Jenis Musik Rock yang mempunyai deskripsi berbentuk orang yang mempunyai ketagihan dan alunan musik sebagai media untuk berangan-angan. Musik Psychedelic Rock tampilkan irisan suara gitar listrik yang tajam dan panjang. Contoh-contoh musikus yang beraliran Psychedelic Rock di antara lain; Pink Floyd, Deep Purple, Jimmy Hendrix, The Doors, Janis Joplin, dan sebagainya.

4. Blues Rock

Blues Rock sebagai sub jenis Musik Rock yang memiliki kandungan elemen Blues dari permainan instrument musiknya. Contoh-contoh musikus yang beraliran Blues Rock di antara lain; Gary Moore, Eric Clapton, Lynyrd Skynyrd, dan sebagainya.

5. Hard Rock

Musik Hard Rock ialah tipe sub jenis dari Musik Rock yang berakar dari Psychedelic Rock yang dipadankan dengan elemen Garage Rock. Keunikan musik ini ialah kehadiran dampak distorsi pada gitar listrik, bass listrik, keyboard bahkan juga drum set. Contoh-contoh musikus yang mengenalkan saluran Hard Rock di antara lain; Led Zeppelin, Nazareth, Van Hallen, AC/DC, Aerosmith, Guns N Roses dan sebagainya.

6. Glam Rock

Glam Rock atau disebutkan Rock Glamour ialah tipe sub jenis musik Rock yang memadankan elemen Hard Rock dengan Pop Rock dengan keunikan penyuguhan vocal yang bersuara tinggi dan permainan gitar yang cepat dan keras. Keunikan yang lain ialah performa beberapa musikus Glam Rock akan memakai riasan yang paling menonjol dan berkilau. Contoh-contoh musikus yang beraliran Glam Rock di antara lain; Bon Jovi, Motley Crue, Skidrow, Bad English, KISS, Poison, dan sebagainya.

7. Progressive Rock

Progressive Rock sebagai tipe sub jenis musik Rock yang banyak memiliki gabungan dari Classic Rock, Rock dan Jazz. Keunikan Musik Progressive Rock diantaranya mempunyai irama musik yang sulit, kepenguasaan alat musik yang paling mengusai dan durasi waktu lagu yang lumayan panjang, diperlengkapi dengan permainan solo yang paling sulit dan aktif. Contoh-contoh musikus beraliran Progressive Rock di antara lain; Dream Theater, Genesis, Rush, Godbless, Voodoo, dan sebagainya.

8. Pop Rock

Pop Rock ialah tipe sub jenis musik Rock yang memiliki kandungan elemen Musik Pop serta lebih easy listening, namun tetap memiliki nuansa Rock. Contoh-contoh musikus yang mengenalkan saluran Pop Rock di antara lain; Elton Jhon, Rod Steward, Robbie Wiliams, Avril Lavigne, Maroon 5, dan sebagainya.

9. Alternatif Rock

Alternatif Rock sebagai tipe sub jenis musik Rock yang terkenal pada dasawarsa 90-an yang dipengaruhi dari banyak tipe seperti Punk, Funk, Indie dan Underground dan budaya Pop. Contoh-contoh musikus yang beraliran Alternatif Rock di antara lain; Radiohead, Oasis, Red Hot Chili Peppers, Greenday, dan sebagainya.

10. New Wave

Musik New Wave ialah tipe sub jenis musik Rock yang menyatukan tehnologi Shynthesizer dengan uji cobat disko. Sentuhan tehnologi dan disko pada musik Rock ini datang dari Britannia Raya yang disebutkan dengan zaman "Invansi Ke-2 " dan jadi sebuah warna baru di dunia musik Rock. Contoh-contoh musikus yang beraliran New Wave di antara lain; Duran Duran, The Police, The Buggles, Baltimora, dan sebagainya.

11. Punk Rock

Musik Punk Rock sebagai tipe sub jenis musik rock yang menunjukkan energi bermusik berbentuk pemuasan gestur. Walaupun berkesan seperti tanpa seni tehnis, tetapi Sub Jenis ini benar-benar disukai oleh pemuda pada dasawarsa 80-an sampai 90-an. Contoh-contoh musikus yang mainkan musik ini di antara lain; Ramones, Seks Pistols, The Offspring, The Clash, Blink 182, dan sebagainya.

12. Grunge

Grunge ialah tipe sub jenis musik Rock yang berakar dari gabungan Punk Rock dan Heavy Metal, dengan ciri-ciri suara gitar listrik yang memakai dampak distorsi yang berat. Contoh-contoh musikus yang beraliran Grunge di antara lain; Nirvana, Pearl Jam, Soundgarden, Alice and Chains, dan sebagainya.

13. Soft Rock

Soft Rock sebagai tipe sub jenis musik Rock yang halus dan enteng dan mempunyai tempo perlahan sampai sedang. Contoh-contoh musikus yang beraliran Soft Rock di antara lain; MLTR, Chicago, Fire House, dan sebagainya.

Ada banyak tipe dan sub jenis dari musik Rock yang lain. Bahkan juga di zaman kekinian ini Musik Rock makin warna dengan beragam gabungan instrument etnik dan jenis yang lain yang jadikan Musik Rock makin mempunyai keberagaman sub jenis-nya.

Begitu artikel mengenai deskripsi, tipe dan riwayat dari Musik berjenis Rock.

Posting Komentar untuk "Sejarah, Jenis dan Tipe-Tipe Musik Rock"