Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Alat Musik Berdasar Cara Memainkannya

Musik ialah penghayatan isi hati manusia yang diutarakan berbentuk bunyi yang teratur dalam melodi atau irama dan memiliki elemen atau kesesuaian yang cantik (Sunarko, 1985:5). Istilah musik dikenali dari bahasa Yunani yakni musike (Hardjana, 1983:5-6). Musike datang dari kata muse-muse, yakni sembilan dewa yunani di bawah dewa Apollo yang membuat perlindungan seni dan ilmu dan pengetahuan.

Dalam metodologi Yunani kabarnya memiliki makna satu kehidupan yang berlangsungnya datang dari kemurahan hati beberapa dewa-dewa yang direalisasikan sebagai talenta. Selanjutnya pemahaman itu dipertegas oleh Pythagoras, yang mengatakan jika musik bukan sekadar hadiah (talenta) dari beberapa dewa-dewi, namun musik muncul karena budi baik manusia berbentuk teori-teori dan gagasan konseptual.



Musik ialah bunyi yang terterima oleh pribadi dan berbeda berdasar riwayat, lokasi, budaya dan hasrat seorang. Disaksikan dari tipe alat dan langkah memainkan, alat musik bisa digolongkan jadi beberapa macam, diantaranya alat musik gesek, alat musik petik, alat musik tiup, alat musik jam.

Berikut keterangan secara lengkap berkenaan beberapa jenis alat musik yang dikelompokkan berdasar langkah memainkan.

Pemahaman Alat Musik dan Pembagiannya

Mencuplik publisitas dari e-journal.uajy.ac.id, alat musik ialah satu instrument yang dibikin atau diubah untuk maksud hasilkan musik. Pada konsepnya, segala hal yang menghasilkan suara, dan dengan tertentu dapat ditata oleh musikus, bisa dikatakan sebagai alat musik.

Walau begitu, istilah ini biasanya ditujukan untuk alat yang khusus diperuntukkan untuk musik, Dan sektor pengetahuan yang pelajari alat musik disebutkan organologi. Alat musik benar-benar bervariatif dan beragam-ragam macamnya.

Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda dalam pelajarinya karena itu beberapa alat musik itu dipisah jadi kelompok-kelompok alat musik yaitu beberapa jenis alat musik berdasar sumber bunyinya, beberapa jenis alat musik berdasar langkah memainkan, beberapa jenis alat musik berdasar kemampuan tekan, beberapa jenis alat musik electronic, beberapa jenis alat musik singgel band, dan beberapa jenis alat musik berdasar pengeras suaranya.

1. Alat Musik Berdasar Sumber Bunyinya

Beberapa jenis alat musik ini dipisah jadi lima barisan, pengelompokan ini berdasar pusat sumber bunyi yang hasilkan suara atau suara, ke-5 barisan itu ialah:

Idiofon, ialah alat musik yang sumber bunyinya datang dari material dasarnya. Contoh: drums, angklung, kulintang, kabasa, dan sebagainya.
Aerofon, ialah alat musik yang sumber bunyinya datang dari embusan udara pada rongga. Contoh: flute, terompet, harmonika, trombone.
Chordofon, ialah alat musik yang sumber bunyinya datang dari dawai. Contoh: bass, gitar, biola, sitar, piano, kacapi, dan sebagainya.
Membranofon, ialah alat musik yang sumber bunyinya dari selaput atau membran. contoh : tifa, drum, kendang, rebana, dan sebagainya.
Elektrofon, ialah alat musik yang sumber bunyinya dibangkitkan oleh tenaga listrik (electronic). Contoh : keyboard, gitar elektrik, bass elektrik, drums elektrik, dan sebagainya.

2. Alat Musik Berdasar Cara Memainkannya

Beberapa jenis alat musik ini dipisah jadi empat barisan. Pengelompokan ini berdasar pusat sumber bunyi yang hasilkan suara atau suara. Ke-4 barisan dalam beberapa jenis alat musik ini ialah:

Alat Musik Tiup, hasilkan suara saat satu kolom udara di dalamnya digetarkan. Tinggi rendah suara ditetapkan oleh frekwensi gelombang yang dibuat berkaitan dengan panjang kolom udara dan wujud instrument, dan timbre dikuasai oleh material dasar, konstruksi instrument dan langkah hasilkannya. Contoh alat musik tiup diantaranya alat musik tiup barat; flute, terompet, saxophone, recorder, clarinet. Alat musik tiup timur; sawangan, gong bumbung, seruling, serunai.
Alat Musik Jam, hasilkan suara saat dipukul atau ditabuh. Alat musik jam dipisah jadi dua yaitu bersuara dan tidak bersuara. Wujud dan bahan beberapa bagian instrument dan wujud rongga getar, bila ada, akan tentukan suara yang dibuat instrument. Misalnya ialah kolintang (bernada), drums (tidak bernada), dan bongo (tidak bersuara). Karena langkah memainkan dengan dipukul, karena itu kerap kali alat musik ini disebutkan alat musik perkusi. Contoh alat musik jam dari Barat di antara lain; Drum sett (snare drum, high tom, middle tom, flor tom, bass drum, lowboy/hat/high hat, jatuh cymbal, ride cymbal, splash cymbal, chines cymbal), cowbell, jamblock, timbalis, djimbe, conga, bongo, hangdrum, xylophone, octoban, subkicker, timpani, triol, queen tom. Alat musik jam dari timur di antara lain; kentongan, terabuka, rebana dan seperangkatan gamelan Jawa.
Alat Musik Petik, hasilkan suara saat senar digetarkan lewat diambil. Tinggi rendah suara dibuat dari pendek panjangnya dawai. Contoh alat musik petik diantaranya alat musik petik barat; gitar classic, gitar Spanyol, harpa. Alat musik petik timur; cak, cuk, sitar, kecapi, sasando.
Alat Musik Gesek, hasilkan suara saat dawai digesek. Seperti alat musik petik, tinggi rendah suara bergantung panjang dan pendek dawai. Contoh beberapa jenis alat musik gesek diantaranya ialah alat musik gesek barat seperti; violin piccolo, biola, biola alto, viola pomposa, cello, violin contrabass. Disamping itu ada pula beberapa jenis alat musik gesek dari timur yaitu; rebab, kokiu, ravanstron, sarungi.

3. Alat Musik Berdasar Kemampuan Tekan

Sebetulnya, beberapa jenis alat musik 'tekan' tidak terhitung kelompok mana saja. Tetapi langkah tekan ternyata jadi sisi dari mekanisme hasilkan bunyi yang diharapkan. Alat musik pencet mempunyai tiga tipe yakni: tekan untuk memukul, tekan untuk tiup, dan tekan untuk aktifkan mekanisme electronic . Maka bila digolongkan, beberapa jenis alat musik pencet diantaranya piano akustik (chordofon pukul), organ akustik (aerofon) , acordion (aerofon) dan beberapa alat musik electronic yang memakai papan kunci (keyboard).

4. Alat Musik Electronic

Beberapa jenis alat musik electronic hasilkan suara tiruan dari alat musik aslinya (akustik). Istilah synthesizer digunakan untuk alat musik yang memakai papan kunci (keyboard). Dan alat musik elektrik dipakai untuk beberapa alat musik yang diperlengkapi dengan elemen electronic. Alat ini langkah memainkan sama dengan alat musik akustik. Misalkan drums elektrik, gitar, dan bass elektrik.

5. Alat Musik Singgel Band

Cepatnya perubahan tehnologi digital mengakibatkan lahirnya beberapa jenis alat musik piranti dengan manfaat yang lebih efesien dan efisien seperti alat musik singgel band. Alat musik ini benar-benar ringkas karena cukup dimainkan oleh seseorang.

Didalamnya ada irama (style), bermacam suara, dan sarana sederhana recording. Yamaha menyebut piranti ini dengan portasound (portable sound). Sementara Roland menyebutkan sebagai electone (electric tone).

6. Alat Musik Berdasar Tipe Pengeras Suaranya

Beberapa jenis alat musik berdasar tipe pengeras suaranya yakni pada alat musik akustik dan non-akustik. Berdasar pengeras suaranya, tipe-jenisalat musik dibagi jadi 2, diantaranya:

1. Alat Musik Akustik

Alat musik akustik ialah alat musik yang penguat bunyinya tanpa membutuhkan tenaga listrik. Seorang pemain alat musik akustik membutuhkan tingkatan proses latihan yang lumayan lama agar bisa hasilkan suara yang berkualitas cantik untuk dicicipi. Alat musik akustik, mempunyai watak suara yang alami, sesuai nama, wujud dan bahan pembikinannya. Alat musik ini dipisah jadi beberapa macam, antara lain:

Idiofoni: ialah alat musik akustik yang sumber bunyinya datang dari material dasarnya. Misalnya: Drum, Angklung, Xilophone, Kabasa, Bongo, dan sebagainya.
Membranofoni: alat musik akustik yang sumber bunyinya dari selaput atau membran. contoh : tifa, drum, kendang, rebana, dan sebagainya.
Kordofoni: ialah alat musik akustik yang sumber bunyinya datang dari dawai. Contoh: Bass Akustik, Gitar Classic/akustik, Biola, Sitar, Piano, Cello, Harpa, dan sebagainya.
Aerofoni: ialah alat musik akustik yang sumber bunyinya datang dari embusan udara pada rongga. Misalnya: Flute, Terompet, Harmonika, Trombone, Saxophone, Klarinet, Picolo, dan Lainnya.

2. Alat Musik Electronic

Alat musik electronic sebagai alat musik yang penguat bunyinya membutuhkan tenaga listrik. Berikut yang dikatakan sebagai alat musik kekinian. Di mana seorang pemain tak lagi berusaha susah payah latihan khusus agar bisa hasilkan suara yang berkualitas dan cantik, karena beberapa kualitas keelokan suaranya sudah dibuat oleh alat tersebut.

Dalam barisan ini tidak ada pembagian yang jelas, tetapi cuma didasari pada sumber pengeras suaranya saja. Contoh dari alat musik ini mayoritas datang dari alat musik berdawai yang direncanakan supaya bersistem Elektrik, diantaranya: Bass Elektrik, Gitar Elektrik, Biola Elektrik, Keyboard, Synthesizer, Singgel Band, dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "Jenis Alat Musik Berdasar Cara Memainkannya"