Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 Jenis Musik Blues, Riwayat dan Macamnya

Jenis Musik Blues adalah Musik Kekinian yang cukup tua dan dikenali lama di Dunia. Musik Blues dipandang seperti salah satunya tipe jenis sebagai perintis perubahan musik kekinian. Musik jenis Blues menyuguhkan wujud musik yang unik dengan improvisasi vocal dan instrument beberapa alat musik, khususnya pada Gitar dan Harmonika.

Musik jenis Blues banyak dikreasikan dengan tipe musik yang lain dan musik-musik folk dari wilayah tertentu pertama kalinya diketemukan. Sampai sekarang ini Musik Blues banyak disukai oleh beragam pencinta Musik, dan kerap dipertontonkan oleh Beberapa Musikus saat mainkan musik mereka secara live atau rekaman digital.

Riwayat Jenis Musik Blues

Musik Blues berakar pada suatu judul Sinetron pada Seni Teater yang dimainkan oleh beberapa Budak Afrika yang bekerja di Amerika pada era ke-18 atau range tahun 1798 yang dengan judul "Blue Devil". Di dalam perlihatkan Seni Teater itu disertai oleh musik-musik Etnik Afrika Kekinian yang Melankolis dan mengutarakan duka cita. Dari kejadian ini istilah "Blues" diserap dan dikenali ke Seni Musik Kekinian berjenis Blues.

Musik Blues pada akhirnya berkembang pertama kalinya di akhir era ke-19 atau range tahun 1895. Musik ini dikenali lewat beberapa Seniman Musik dari warga Muslim Afrika Barat berkulit hitam yang masih kerja sebagai Pekerja di teritori Amerika. Akar-akar Musik Blues secara orisinal datang pertama kalinya di teritori Delta Missisippi di Negara Amerika Serikat.

Musik jenis Blues sebelumnya penuh dengan musik religius berpenampilan Afrika yang berisi pernyataan rasa Sukur ke Tuhan. Beberapa Budak Muslim yang dari Afrika itu mainkan Musik Blues pertama kalinya tanpa instrument alat musik. Mereka mainkan musik dengan improvisasi vocal, layaknya seperti melantunkan Adzan itu. Sampai di tahun 1912, musik ini secara "sah" memakai nama Musik jenis Blues, saat dikenalkan oleh Komposer Musik Blues namanya Hart Wand.

Beberapa ciri Jenis Musik Blues

Karakter Musik jenis Blues ditegaskan secara kuat pada komponen instrument alat musik gitar dan harmonika, dan disertai dengan vocal. Tetapi pada perlihatkan Musik Blues kekinian disertai dan ditambah lagi beberapa instrument alat musik, seperti; terompet, saxofon, trombon, drum, piano, sampai alat musik elektrik kekinian.

Musik jenis Blues mempunyai irama yang serupa dengan Musik jenis Jazz. Ini dikarenakan oleh hubungan riwayat dan sumber musik yang serupa. Adapun Beberapa ciri yang lain dari Musik berjenis Blues diantaranya:

Musiknya akan kedengar enteng, tetapi saat dirasa akan sarat dengan melodi. Musik Blues akan mempunyai perasaan folk yang berakar dari musik etnik Afrika.
Tempo musik yang perlahan tetapi teratur, seperti seperti orang jalan dan bersenandung.
Nuansa musik akan kental dengan alunan suara alat musik Gitar dan Bass. Kord dimainkan bercirikan progresif tertentu.
Vocal dari vokalis berjenis Blues menggunakan tehnik sengau, memakai Melisma dan intonasi yang bergelombang.
Musik Blues akan tampilkan banyak gestur dan emosi beberapa pemusiknya dibanding cerita dan lirik. Gestur yang ditampilan bisa berbentuk puji-pujian, pekikan, hollers, sampai cerita simpel memiliki irama balada.

Beberapa jenis Sub Jenis Musik Blues

Musik Blues mempunyai bermacam tipe sub jenis dan hasil kreativitas beberapa musikus semenjak awalnya hadirnya di teritori Amerika Serikat. Adapun beberapa jenis Sub Jenis Musik Blues dan deskripsinya diantaranya ialah seperti berikut.

1. Delta Blues

Delta Blues sebagai Sub jenis Musik Blues berpenampilan musik Missisipi yang berasal dan berkembang di teritori Tennesa, Vickburg, dan Yazzo River. Delta Blues sebagai tipe sub jenis Blues yang paling dahulu diketemukan, yang dikuasai oleh instrument gitar dan harmonika. Musikus yang mempopulerkan tipe musik Delta Blues di antara lain; Charlie Patton, Robert Lockwood Jr., dan Robert Jhonson.

2. Piedmont Blues

Piedmont Blues atau dikenal juga bernama East Biaya Blues, sebagai tipe sub jenis musik Blues yang diketemukan semenjak tahun 1920-an. East Biaya Blues tampilkan permainan instrument gitar yang paling menguasai, dengan tehnik finger model. Tehnik ini mainkan gitar dengan cuplikan 4 jemari. Musikus Populer yang mainkan sub jenis East Biaya Blues ialah Jhon Jackson.

3. Jump Blues

Jump Blues ialah tipe sub jenis musik Blues yang mulai terkenal semenjak tahun 1940-an. Komponen musik ini berbentuk instrumental alat musik yang ditambah lagi alat musik tiup dan memakai tempo yang lumayan cepat. Hingga pendengar musik ini akan melonjak-lonjak dan berdendang dengan irama musik ini. Beberapa musikus populer yang mainkan sub jenis musik ini di antara lain; Louis Jordan, Big Joe Turner, Roy Brown, Mitch Woods, dan sebagainya.
Mitch Woods

4. Chicago Blues

Chicago Blues sebagai tipe sub jenis musik Blues yang terkenal di awal perubahannya di teritori Chicago. Komponen yang diperlihatkan pada musik ini berbentuk instrumental alat musik Gitar, Bass, Drum, Harmonika, Keyboard, dan kadang-kadang diperlengkapi dengan Saxofon. Chicago Blues sebuah perubahan tipe musik Delta Blues yang makin kekinian. Beberapa musikus populer yang mainkan tipe musik ini di antara lain; Willie Dixons, Muddy Water, BB King, Koko Taylor, dan sebagainya.

5. Texas Blues

Texas Blues ialah tipe sub jenis musik Blues yang populer dari teritori Texas. Musik ini dipengaruhi dari style Musik Jazz dan Swing dan dekat sama karakter sub jenis Blues Rock. Beberapa musikus populer yang sempat mainkan tipe musik ini di antara lain; Stevie Ray Vaughan, Jimmie Vaughan, Blind Lemon Jefferson, dan sebagainya.

6. Country Blues

Country Blues sebagai salah satunya tipe sub jenis Musik Blues yang cukup tua dan sebagai wujud awalnya dari musik Blues Kekinian. Musik tipe ini benar-benar terkenal dari perdesaan koboi di teritori Amerika Serikat di awal tahun 1900-an. Wujud performa musik Country Blues umumnya mainkan solo vocal dengan iringan gitar berteknik fingertyle akustik. Beberapa musikus populer yang mengenalkan tipe musik ini diantaranya adalah; Blind Willie McTel, Charley Patton, Blind Lemon Jefferson, dan sebagainya.

7. Blues Rock

Blues Rock ialah sebuah tipe sub jenis musik Blues yang digabungkan dengan Musik Rock N' Roll. Musik ini sudah dikenali semenjak tahun 1960-an dan mayoritas ialah ansembel musik elektrik yang menunjukkan instrumental musik Blues tetapi dengan tempo dan penekanan ala-ala musik Rock N Roll. Musikus populer yang sempat mainkan tipe musik ini di antara lain; Lynird Skynird, Eric Clapton, Gary Moore, Rolling Stone, Jimmy Hendrix, dan sebagainya.

8. Kekinian Electric Blues

Kekinian Electric Blues sebagai tipe sub jenis dari musik Blues yang mulai dikenali di akhir tahun 1970-an dan awalnya tahun 1980-an. Tipe musik ini sebagai dari hasil sebuah invansi musik kekinian dari Britania ke arah dataran Amerika. Beberapa jenis musik usang seperti Rock Blues, Chicago Blues dan Country Blues dikasih sentuhan tehnologi electronic, hingga membuat warna baru pada perubahan musik berjenis Blues. Beberapa musikus yang populer yang mainkan musik ini di antara lain; Joe Bonamassa, Kenny Wayne Shepherd, Joe Louis Walker, dan sebagainya.

Bermacam tipe sub jenis Musik Blues masih berkembang sampai sekarang ini. Musik jenis Blues salah satunya tipe jenis musik kekinian yang bertahan dan disukai sampai sekarang ini, dan gampang untuk dikreasikan dengan tipe jenis-genre musik kekinian yang lain. Banyak musikus luar biasa dan populer di Dunia yang memeragakan dan mainkan musik Blues, sampai beberapa karya mereka jadi benar-benar legendaris.

Posting Komentar untuk " Jenis Musik Blues, Riwayat dan Macamnya"