Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Musik Reggae: sejarah, ciri khas dan jenis-jenisnya

Jenis Musik Reggae adalah tipe jenis musik kekinian yang terkenal di Dunia. Musik Reggae benar-benar disukai oleh beberapa pencinta musik karena mempunyai kesan-kesan rileks dan senang, dan performa beberapa musisi-nya yang cukup nyleneh dan unik di atas pentas.

Jenis Musik Reggae sudah ada semenjak akhir dasawarsa 1960-an dan sebagai hasil modifikasi dan modernisasi dari Musik Etnik Afrika. Semenjak keberadaannya dari Negeri Jamaika di Benua Afrika, Musik Reggae selanjutnya berubah karena mendapatkan dampak dari Musik Jazz Amerika, RnB dan Folks. Sampai sekarang ini Musik Reggae masih disukai di Dunia, dan banyak memiliki pangkalan komune Pencinta Musik Reggae di semua Dunia, sampai ke Indonesia.



Riwayat Musik Reggae

Musik Kekinian beraliran Reggae sebagai tipe jenis musik yang berakar kuat dari adat Musik Jamaika di Benua Afrika. Musik Reggae datang di tahun 1968 karena perubahan Musik Ska dan Rocksteady yang ada lebih dulu di Negara Jamaika. Selanjutnya beberapa Musikus lokal itu membuat irama musik seirama tetapi dengan tempo yang lebih lamban, sampai beberapa Warga mengatakan sebagai Musik Reggae. Musikus Toots and The Maytals dipandang seperti Musikus Reggae pertama kali yang ada di Jamaika.

Toots and The Maytals

Semenjak munculnya Musik Reggae, warga Jamaika mengenalinya secara luas bahkan juga dalam waktu kurang dari satu tahun. Mereka menyukai Musik Reggae dan memulai mempopulerkannya sampai ke dataran Amerika lewat penjelahan pada golongan urban. Musik Reggae juga dikenali sebagai salah satunya jenis musik kekinian yang perubahannya tercepat dibanding jenis musik yang lain.

Di awal tahun 1970-an, Musik Reggae dikenal secara luas lewat peranan seorang Musikus Reggae dari Jamaika namanya Bob Marley. Musik Reggae menjadi satu diantara Musik Besar yang dikenalkan lewat beberapa lagu Reggae yang dinyanyikan oleh Bob Marley, Musik Reggae juga menebar cepat ke penjuru dunia. Bob Marley waktu itu mempopulerkan Musik Reggae di Dunia lewat beberapa beberapa lagu ciptaannya yang populer, seperti No Woman No Cry, Redemption Song dan Buffalo Soldier. Sesudah keberhasilan Bob Marley itu, banyak muncul group musik dan musikus yang di inspirasi darinya disekitaran daerah Amerika Serikat.

Bob Marley

Kata Reggae datang dari bahasa lokal dalam logat Afrika yakni Ragged, yang diinsirasi dari arti sebuah pergerakan kaku seperti hentakan tubuh penari yang disertain Musik Ska. Nama Reggae ini pada akhirannya mempunyai makna "bergoyang ikuti irama lagu". Sekarang ini Suara Musik Reggae sudah dianggap dan diverifikasi sebagai Suara yang dipunyai oleh Musik Jamaika. Fans Musik di semua Dunia juga menyenangi Musik Jamaika ini sebagai salah satunya wujud Musik Kekinian yang membahagiakan untuk didengarkan.

Ada sebuah catatan unik mengenai Musik Reggae. Saat beberapa kita mengenali Musik Reggae, pasti dengar istilah Rasta (atau Rastafara). Reggae dan Rasta sebetulnya tidak mempunyai hubungan sama sekalipun. Reggae ialah sebuah jenis Musik kekinian, sementara Rasta (atau Rastafara) ialah sebuah kepecayaan Warga Jamaika.

Beberapa ciri dan karakter Jenis Musik Reggae

Jenis Musik Reggae benar-benar dikenali performa khas-nya dari beberapa Musisinya yang dikuasai memiliki rambut panjang Gimbal, berbusana rileks berpenampilan Pantai, tampilkan lambang kebebasan dan perdamainan. Dalam beberapa performa, beberapa Penyaji Musik Reggae akan tampilkan lambang daun ganja dan bebatan warna hijau, kuning dan merah.

Musik Reggae benar-benar dikuasai dari Musik Etnik Afrika yang mendapatkan sentuhan RnB, Jazz dan Folks. Sementara karakter Jenis Musik Reggae mempunyai irama yang membuat beberapa pendengarnya berasa santai dan rileks, sambil berdendang dan berjoget secara enteng. Musik Reggae benar-benar easy listening dan gampang dicicipi oleh beberapa Komune Pencinta Musik Reggae sampai kelompok umum Pendengar Musik, dan tampilkan alat musik Perkusi ciri khas Jamaika, yakni Djembe.

Berikut ialah beberapa tanda dan karakter dari Jenis Musik Reggae.

Musik Reggae mempunyai komponen-komponen Musik Afrika yang terpengaruhi oleh saluran jenis RnB New Orleans, Jazz Amerika, dan musik tradisionil Folks dan Mento. Disamping itu Musik Reggae mengenali elemen dan ide Call and Respone pada penyuguhan musiknya.
Tempo Musik Reggae sedikit lamban (bila dibanding dengan jenis Musik Ska)
Ketukan Irama pada Musik Reggae berbentuk akord dimainkan memakai alat musik gitar dan piano.
Musik Reggae mempunyai pangkalan style ritmis dengan ciri-ciri dialek pada off-beat atau sinkopasi, atau disebutkan skank.
Dialektuasi Ketukan pada Musik Reggae ada pada ketukan ke-2  dan ke-4 pada tiap bar.
Instrument Gitar memimpin elemen Rhytim dan memberikan penekana pada ketukan ke-3 , dan meredam kord pada ketuka ke-2  sampai ke-4 saat dimainkan.
Ketukan Drum mempunyai 3 kelompok, yakni one turun, rockers dan steppers.
Rhytim Bass mempunyai keunikan yang sama sama dengan pada setiap lagu Reggae. Permainan Bass-nya mempunyai tempo yang lebih kompeks.
Lirik beberapa lagu Reggae umumnya ambil topik kebebasan (freedom), cinta, sosial, politik, ganja dan keadilan.
Performa beberapa Musikus dan vokalis Reggae mempunyai keunikan yang sama dengan rambut gimbal dan topi ciri khas Reggae. Selanjutnya Musik Reggae tampilkan keunikan warna yang selalu terhidang di setiap performanya, yakni warna hijau, kuning dan merah.

Beberapa jenis Sub Jenis Musik Reggae

Jenis Musik Reggae adalah tipe Musik Kekinian yang sering diimprovisasi oleh beberapa Musikus yang menekuni saluran musik ini. Dari bermacam improvisasi itu, membuat beberapa macam Sub Jenis baru dari Musik Reggae.

Berikut ialah beberapa beberapa jenis dan deskripsi dari sub jenis dari Musik Reggae.

1. Akar Reggae

Akar Reggae ialah tipe sub jenis musik Reggae yang paling terkenal dan populer sampai sekarang ini. Musik Akar Reggae ini kerap sampaikan beberapa pesan Rastafarian ditiap liriknya. Tetapi sekarang ini Musik Akar Reggae telah banyak dipengaruhi oleh alat musik digital dan arus kontemporer dari Barat, sehingg Akar Reggae sangat jarang-jarang diperkembangkan kembali. Beberapa Musikus populer yang sempat menyuguhkan tipe musik ini di antara lain; Bob Marley, Jimmy Cliff, Gregory Isaacs, Peter Tosh, Desmond Dekker Burning Spear, dan sebagainya.

2. Nyabhingi

Nyabhingi sebagai tipe sub jenis musik Reggae yang mempunyai akar dan jalinan dengan barisan musik Rastafarian bernama yang serupa.

3. Dub

Dub ialah tipe sub jenis Musik Reggae yang menyuguhkan alunan musik instrumental ciri khas Reggae yang dibikin dengan program digital dan perlengkapan electronic. Musik Dub dihidangkan dengan irama musik dan lagu yang sudah direkam awalnya. Salah satunya keunikan unik dari tipe musik ini ialah timbulnya suara "its" pada tiap lagu yang diputar. Musik tipe ini kerap dgunakan sebagai pendamping dance atau tarian kekinian sekarang ini. Beberapa Musikus yang sempat menyuguhkan musik tipe ini diantaranya adalah; Lee Perry, Slim Smith, Bunny Lee, Jah Shaka, dan sebagainya.

4. Dub Poetry

Dub Poetry sebagai tipe sub jenis Musik Reggae yang tampilkan kalimat yang diucap sepanjang perlihatkan musik Dub. Aktor vocal pada musik ini umumnya disertai dengan musik band bermacam instrument alat musik.

5. Dancehall

Dancehall ialah tipe sub jenis Musik Reggae jadi perintis atau pion Musik Jamaika Hip Hop. Musik ini juga dikenal sebagai Musik Pop Jamaika berpenampilan Reggae tetapi tidak demikian kental elemen Reggae-nya. Pada zaman kekinian sekarang ini, Musik Dancehall banyak dihidangkan dengan instrument alat musik digital dan hasil rekaman. Beberapa Musikus yang sempat menyuguhkan musik tipe ini di antara lain; Shabba Ranks, Elephant Man, Sean Paul, King Jammy, Sizzla, Capleton, dan sebagainya.

6. Rockers Style

Rockers Style sebagai tipe sub jenis Musik Reggae yang dibuat pada tengah 1970-an oleh Musikus namanya Sly and Robbire. Musik tipe ini ialah sebuah revolusi kekinian musik Reggae yang mempunyai rhytim berlainan dari Musik Reggae yang lain. Rockers Style dilambangkan sebagai saluran musik yang militan dan agresif saat bermain musik Reggae.

7. Singjay

Singjay ialah tipe sub jenis Musik Reggae yang dibikin oleh Musikus DJ yang menambah beberapa melodi baru ke Musik Reggae. Musik tipe ini nyaris sama dengan Musik Dancehall yang membuat Musik Reggae lebih kekinian dan dihidangkan dengan instrument alat musik digital.

8. Sensi-Beat

Sensi-Beat sebagai tipe sub jenis Musik Reggae yang dari sebuah irama yang diketemukan dari Beberapa lagu hits ciptaan Barrinton Levy. Irama ini bersatu dengan Musik berpenampilan Jamaika yang mengutamakan ketukan pertama di bar, dan dipengaruhi oleh tipe musik Dancehall.

9. Sleng-Teng

Sleng-Teng ialah tipe sub jenis musik Reggae yang banyak munculkan beberapa unsur dan alat musik Synthesizer. Musik ini benar-benar terkenal di awal munculnya di tahun 1980-an dan mempunyai irama yang pas untuk berjoget. Beberapa Musikus yang sempat tampilkan tipe musik ini di antara lain; Noel Davey, Ian Smith, Lloyd James, George Haye, dan sebagainya.

10. Raggamuffin

Raggamuffin sebagai tipe sub jenis musik Reggae yang disebut turunan dari Musik Dancehall. Musik ini mulai terkenal di tahun 1985-an, yang awalannya cuma menyuguhkan alat musik keyboard simpel. Selanjutnya makin mengalami perkembangan dengan dipertambahnya elemen alat musik Synthesizer dan beberapa alat musik electronic yang lain. Beberapa Musikus yang sempat mempopulerkan musik tipe ini di antara lain; Super Cat, Ranks Shabba, Charlie Chaplin, dan sebagainya.

11. Reggae Fusi

Reggae Fusi ialah tipe sub jenis musik Reggae yang menyatukan Reggae alami dengan Dancehall, dan ditambah lagi beberapa komponen musik lain seperti Hip-Hop, RnB, Jazz, Rock N Roll, Punk, Polka dan sebagainya. Musik tipe ini benar-benar unik dan bermacam warna, hingga tampilkan tipe Musik Reggae yang paling kekinian. Beberapa Musikus populer yang sempat menyuguhkan tipe musik ini di antara lain; Sean Kingston, Chux Starr, Sean Paul, Natasja Saad, Diana King, Delly Ranx, Dionne Bromflied, Maxi Priest, 311, First Light, dan sebagainya.


12. Rumble

Rumble sebuah tipe sub jenis musik Reggae yang menyatukan Musik Reggae dengan komponen Musik Ska dan Rumble. Musik tipe ini ditenarkan pertama kalinya oleh Mandeville Band melalui judul lagu "Me dan You" pada dasawarsa 2020-an ini.

13. Steppa

Steppa ialah sebuah tipe sub jenis musik Reggae berunsur Dub kontemporer, dihidangkan dengan alat musik digital dan bertempo cukup cepat dibanding Musik Reggae secara umum. Beberapa musikus terkenal yang tampilkan musik tipe ini di antara lain; Butla Jones, The Steppas, Buju Banton, Fredo Bang, Young MA, dan sebagainya.

Butla Jones

Begitu artikel singkat mengenai pengertian, deskripsi, riwayat, keunikan dan bermacam tipe sub jenis dari Musik Reggae di Dunia.

Posting Komentar untuk "Jenis Musik Reggae: sejarah, ciri khas dan jenis-jenisnya"