Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musik Gamelan, Musik Tradisional Nusantara yang Terkenal di Dunia

Musik Gamelan ialah Musik Ansambel Tradisionil Ciri khas Nusantara yang diketemukan datang dari Kebudayaan Jawa, Sunda, Madura, Bali sampai Lombok. Musik Gamelan datang dari kata Jawa Classic yakni Gamel yang mempunyai makna "memukul" atau "menabuh". Musik Gamelan sendiri mempunyai tangga suara pentatonik dalam mekanisme tangga suara (laras) slendro dan pelog. Musik Gamelan sekarang ini jadi sebuah Musik Iconic Nusantara yang sudah terkenal di Indonesia sampai sudah go-international.

Riwayat Musik Gamelan

Musik Gamelan dipercayai ada semenjak dampak Agama Hindu-Buddha berkembang luas di teritori Nusantara. Deskripsi paling dahulu mengenai kehadiran Musik Gamelan pada lalu diketemukan pada relief dinding Candi Borobudur yang dibikin pada periode Kemasyhuran Kerajaan Mataram Kuno pada era kedelapan. Dari Seni Relief itu tampilkan beberapa instrument alat musik, seperti Suling, Lonceng, Kendhang, Kecapi, Alat Musik Dawai yang digesek dan diambil. Dari deskripsi itu, diambil kesimpulan jika Musik Gamelan sudah lama ada bahkan juga saat sebelum kelahiran Kerajaan Mataram Kuno.
Gamelan Tempo Dahulu

Di dalam Mitologi Jawa Kuno, Musik Gamelan kabarnya dibuat di tahun 167 Saka (230 Masehi) oleh Raja Beberapa Dewa di Khayangan, dikenali bernama Batara Guru. Waktu itu ada sebuah sebuah suara merdu di angkasa, tetapi tidak mempunyai wuju dan sumber yang terang. Suara disebutkan Gamelan Lokananta, dan membuat Batara Guru bingung saat menempati salah satunya istana-nya di daerah Medang Kamulan (Gunung Lawu). Sampai pada akhirnya Batara Guru memerintah Batara Indrasurapati untuk membuat seperangkatan beberapa alat musik yang bisa mengikuti suara Gamelan Lokananta itu. Bentuk beberapa alat musik itu diantaranya ialah Gong, Kethuk, Kenong, Gong, dan Rebab. Seperangkatan akat-alat musik itu pada akhirnya dikenali bernama Gamelan, yang dipakai sebagai signal untuk panggil Beberapa Dewa.

Ciri-ciri Unik dan Wujud Musik Gamelan

Musik Gamelan mayoritas terbagi dalam instrument alat musik perkusi dimainkan dalam pergelaran Seni Beberapa lagu Karawitan. Musik Gamelan dihidangkan dengan keunikan musik yang paling halus dan penuh keanggunan, dan benar-benar menunjukkan kultur budaya wilayah, khususnya dalam kebudayaan Jawa.

Wujud penyuguhan Musik Gamelan dengan tampilkan bermacam jenis alat musik yang dimainkan dengan cara bersama dengan ketukan dan tempo tertentu. instrument beberapa alat musik itu diatur dengan teratur di atas sebuah panggung, dan menemani sebuah perlihatkan vocal yang umumnya dinyanyikan oleh seorang yang disebutkan Sinden. Musik Gamelan mempunyai fungsi-fungsi dimainkan untuk kepentingan Keraton sampai jadi sebuah seni perlihatkan Musik Tradisionil untuk melipur Rakyat.

Instrument Beberapa Alat Musik Gamelan

Musik Gamelan mempunyai bermacam alat musik tradisionil yang dipakai dalam sebuah perlihatkan seni Musik di dalam 1 set komplet. Mayoritas instrument beberapa alat musik yang dipakai dalam perlihatkan Musik Gamelan ialah Alat Musik Perkusi, atau dimainkan dengan dipukul atau diketok. Kadang di dalam perlihatkan Musik Gamelan akan memakai beberapa instrument alat musik di luar Nusantara karena hasil inkulturasi kebudayaan di Indonesia.

Berikut ialah beberapa daftar dan deskripsi Instrument beberapa alat musik yang umum dipakai di dalam pergelaran Musik Gamelan.

Saron; atau disebutkan Ricik, ialah sebuah instrument alat musik Gamelan berwujud perkusi dimainkan dengan diketok. Alat musik ini masuk ke barisan alat musik Balungan. Wujud alat musik ini berbentuk bilahan logam yang diatur membentang sejumlah 6-7 bilah, yang ditumpangkan pada suatu frame kayu yang berperan sebagai Resonantor.

Saron

Demung; sebuah instrument alat musik Gamelan dalam kelompok alat musik perkusi dimainkan dengan diketok. Wujud alat musik ini nyaris sama dengan alat musik Saron, dan terhitung di dalam barisan alat musik Balungan. Suara yang dibuat alat musik ini lebih rendah dibanding alat musik Saron.

Bonang; atau disebutkan Ceret atau Pot, ialah sebuah alat instrument alat musik Gamelan dalam kelompok alat musik perkusi dimainkan dengan diketok. Alat musik ini masuk ke barisan alat Musik "Pencon".Wujud alat musik ini berbentuk Gong kecil sejumlah 10 buah, yang diatur di atas string (tali) di dalam sebuah frame kayu. Di dalam Musik Gamelan, ada tiga tipe Alat Musik Bonang, diantaranya adalah; Bonang Panerus, Bonang Barung, dan Bonang Panembung.

Bonang

Kenong; sebuah instrument alat musik Gamelan terkategori alat musik Perkusi dimainkan dengan diketok. Alat musik ini masuk ke barisan alat Musik "Pencon". Wujud alat musik ini sama dengan alat musik Bonang, tetapi mempunyai ukuran yang lebih gendut. Suara yang dibuat alat musik ini lebih rendah, tetapi keras dengan timbre yang unik.

Kenong

Gong; ialah sebuah instrument alat musik Gamelan terkategori Perkusi dimainkan dengan dipukul cukup kuat. Alat Musik yang dibuat dari logam ini datang dari Kebudayaan Vietnam dan sudah terkenal di teritori Asia Timur dan Asia Tenggara. Wujud alat musik ini seperti piring raksasa yang mempunyai kutub cembung ditengahnya.

Kempul: sebuah instrument alat Musik Gamelan kelompok alat musik Perkusi dimainkan dengan ditabuh (dipukul perlahan-lahan). Alat Musik ini masuk ke barisan alat musik "Pencon". Wujud alat musik ini sama dengan alat Musik Gong, tetapi mempunyai ukuran yang lebih kecil. Suara yang dibuat alat musik ini hampir serupa dengan alat musik barisan Balungan.

Gambang; ialah tipe instrument alat Musik Gamelan kelompok alat musik perkusi dimainkan dengan ditabuh. Alat musik ini masuk ke barisan alat musik Balungan. Alat musik ini dibuat dari bambu, yang memilik wujud bilahan yang diatur secara telentang sejumlah 18 bilah. Bilah-bilah itu diatur secara berurut dari yang terpendek sampai yang paling panjang, di atas sebuah rack kayu yang seperti wujud perahu.

Gambang

Slenthem; sebagai tipe instrument alat musik Gamelan kelompok alat musik perkusi dimainkan dengan diketok. Alat musik ini masuk ke barisan alat musik Balungan. Alat musik ini sama dengan alat musik Gambang, yang sama dibuat dari bilahan bambu yang diatur teratur di atas sebuah rack kayu. Suara yang dibuat alat musik ini berbentuk dengunan rendah yang ikuti nada-nada instrument alat musik Balungan yang lain. Alat musik Slenthem terbagi dalam 2 tipe versus, yakni Slendro dan Pelog.

Slenthem

Gender; ialah tipe instrument alat musik Gamelan kelompok alat musik perkusi dimainkan dengan ditabuh. Alat musik ini dibuat dari logam yang berwujud formasi bilah logam sejumlah 10-14 bilah yang digantung pada suatu arsip, di atas resonator dengan bahan bambu atau seng. Alat Musik Gender terbagi dalam 3 tipe versus, yakni Slendro, Pelog Pathet Nem Dan Limo, dan Pelog Pathet Barang.

Gender

Siter; sebagai tipe instrument alat musik Gamekan dimainkan dengan diambil. Alat musik ini dibuat dari kayu jati memiliki ukuran 20 x 50 cm, dan mempunyai 13-14 senar.

Rebab; ialah tipe instrument alat musik Gamelan dimainkan dengan digesek. Alat Musik Rebab sebagai instrument yang menghias melodi suara dasar dan diekplorasi lebih bebas dibanding instrument alat musik Gamelan yang lain.

Rebab

Seruling; sebagai tipe instrument alat musik Gamelan dimainkan dengan ditiup. Alat musik Seruling ini dibuat dari potongan bambu dengan panjang range 50-75 cm.

Seruling

Kemanak; ialah tipe instrument alat musik Gamelan dimainkan dengan dipukul atau diketok. Alat Musik Kemanak ini dibuat berbahan logam perunggu atau besi, seperti pisau atau sendok. Watak suara yag dibuat memiliki sifat perlahan dan dapat dipadankan dengan beberapa lagu bertempo lamban.

Kendang; sebagai tipe instrument alat musik Gamelan dimainkan dengan dipukul atau diketok memakai tangan. Alat musik Kendang ini mempunyai rangka berwujud silinder cembung dengan bahan kayu, dan ke-2  seginya tertutupi dengan susunan dengan bahan kulit binatang. Instrument alat musik ini berperan untuk atur irama dan tempo Musik Gamelan.

Posting Komentar untuk " Musik Gamelan, Musik Tradisional Nusantara yang Terkenal di Dunia"