Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 Jenis - Jenis Musik Gamelan

Macam Tipe Musik Gamelan diperbedakan dari beberapa jenis instrument alat musik dan pemakaiaan suara, geprekelan tangga suara (laras), Repetoar, Style dan Kerangka budaya.



Beberapa wujud perlihatkan Musik Gamelan ciri khas Nusantara yang terkenal di Indonesia diantaranya ialah:

1. Gamelan Jawa (Gangsa)

Musik Gamelan dipercaya mempunyai wujud awalan yang datang dari Kebudayaan Jawa Kuno. Musik Gamelan peluang diperkembangkan dan ditebarluaskan oleh Kerajaan yang waktu itu kuasai Pulau Jawa dan beberapa pulau disekelilingnya. Pada Gamelan Jawa, mempunyai beberapa macam turunan, diantaranya:

Musik Gamelan Reog Ponorogo; sebagai tipe Musik Gamelan Jawa dimainkan untuk menemani perlihatkan kesenian Reog Ponorogo.
Musik Gamelan Jaranan Thek; sebagai tipe Musik Gamelan Jawa dimainkan untuk menemani perlihatkan Kesenian Kuda Lumping.
Musik Gamelan Keraton, ialah tipe Musik Gamelan Jawa yang ditampilkan untuk menemani beragam kesenian di dalam lingkungan Keraton Yogyakarta atau Keraton Surakarta.Musik Gamelan Wayang, ialah tipe Musik Gamelan Jawa dimainkan untuk menemani perlihatkan Kesenian Wayang.
Musik Gamelan Banyuwangi, ialah tipe Musik Gamelan Jawa yang memadankan beberapa jenis Musik Gamelan Keraton, Gamelan Reog, Gamelan Jaranan dan Musik Gamelan Bali, hasil inkulturasi dari beragam etnis dan kebudayaan.

2. Gamelan Bali (Gambelan)

Musik Gamelan Bali diambil kesimpulan datang dari dampak Kebudaayan dan Kerajaan dari Jawa Kuno yang waktu itu kuasai Pulau Bali. Pada Gamelan Bali, memilki beberapa macam turunan, di antara lain;

Musik Gamelan Wayah; ialah tipe Musik Gamelan Bali yang cukup tua dan kuno dari hasil warisan zaman Kerajaan Majapahit yang kuasai Pulau Bali waktu itu.
Musik Gamelan Rindik, ialah tipe Musik Gamelan Bali yang memakai instrument alat musik dengan bahan bambu seperti Angklung, tetapi dimainkan dengan dipukul.
Musik Gamelan Madya; sebagai tipe Musik Gamelan Bali yang hasil warisan periode Penjajahan Belanda.
Musik Gamelan Anyar; sebagai tipe Musik Gamelan Bali yang diperbarui dan diubah jadi lebih kekinian dengan beberapa instrument alat musik kekinian.

3. Gamelan Sunda (Degung)

Musik Gamelan Sunda; atau disebutkan Degung ialah tipe Musik Gamelan ciri khas Jawa Barat dimainkan untuk menemani perlihatkan kesenian Ciri khas Sunda dan acara Rakyat.

4. Gamelan Lombok

Musik Gamelan Lombok atau juga dikenal sebagai Gamelan Sasak; sebagai tipe Musik Gamelan Ciri khas Pulau Lombok dimainkan bermacam perlihatkan kesenian Ciri khas Suku Sasak di Pulau Lombok. Musik Gamelan tipe ini mendapatkan dampak dari Kebudayaan Bali, hingga bunyi dan suara yang dibuat serupa dengan Musik Gamelan Bali (Gambelan).

5. Gamelan Madura

Musik Gamelan Madura atau dikenali bernama Gamelan Saronoin; ialah tipe Musik Gamelan yang berkembang di Pulau Madura dimainkan untuk menemani aktivitas Kesenian Ciri khas Madura. Gamelan Saronoin dipengaruhi dari Musik Gamelan Reog Ponorogo, tetapi mempunyai suara dan bunyi ciri khas Suku Madura.

6. Gamelan Melayu

Musik Gamelan Melayu; sebagai tipe musik Gamelan yang berinkulturasi dengan kultur budaya Melayu dikawasan Semenanjung Malaya dan beberapa Pulau Sumatra. Musik Gamelan Melayu berkembang didaerah itu karena penyebaran budaya saat Kesultanan Demak menelusuri dan kuasai teritori Sumatra dan beberapa daerah di Semenanjung Malaka. Sementara Gamelan Melayu di daerah Malaysia berkembang karena beberapa perantau dari Jawa Timur yang bawa kesenian Gamelan Jawa Reog Ponorogo.

7. Gamelan Kutai

Musik Gamelan Kutai; ialah tipe Musik Gamelan yang berkembang di lingkungan Keraton Kutai Kartanegara, yang mendapatkan dampak kebudayaan semenjak zaman Kerajaan Majapahit.

8. Gamelan Banjar

Musik Gamelan Banjar; sebagai tipe Musik Gamelan dimainkan untuk menemani beragam kesenian ciri khas Banjar. Musik Gamelan Banjar ini mendapatkan dampak dan perubahan dari penelusuran Kesultanan Demak dikawasan Kalimantan Selatan.

Begitu artikel singkat mengenai pengertian, deskripsi, riwayat, beberapa jenis alat musik dan perlihatkan Musik Gamelan yang populer di Indonesia

Posting Komentar untuk " Jenis - Jenis Musik Gamelan"