Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 Jenis, Riwayat dan Tipe Musik Metal

Jenis Musik Metal adalah jenis Musik yang paling disukai oleh beberapa Fans Musik terutamanya Beberapa Fans Musik Metal di Dunia. Musik jenis Metal mempunyai kesan-kesan maskulinitas, sangar, dan penuh deru yang keras. Musik Metal sebuah lambang keberadaan Musik Cadas untuk beberapa fansnya yang disebutkan Metalheads. Perubahan Musik Metal sebagai salah satunya wujud perkembangan Musik Kekinian di Dunia dan jadi sebuah lambang iconic dari setiap dasawarsa.

Meskipun ketenaran Musik Metal tidak searah dengan arah komersial bermusik, tetapi Musik Metal mempunyai nilai dan kelas seni yang tinggi. Keberadaan musik Metal berikut yang jadikan beberapa fansnya selalu militan serta semakin untuk menyukai musik-musik cadas Metal. Kesukaran saat tampilkan dan membuat beberapa karya Musik berjenis Metal jadi daya magnet untuk beberapa orang yang pahami industri musik di Dunia. Sekarang ini Musik Metal banyak memiliki turunan atau sub jenis yang telah banyak berkembang di Dunia.


Riwayat Jenis Musik Metal

Musik jenis Metal ialah Seni Musik Kekinian yang berkembang dari Seni Musik berjenis Rock. Musik Rock yang berkembang di tahun 1970-an jadi sebuah akar dari lahirnya Musik jenis Metal. Pada dekan 1970-an perubahan Musik Rock Blues dan Psychedelic Rock. Musik Metal dikenalkan dari kehadiran beberapa musikus atau group musik populer waktu itu, seperti Black Sabbath, Led Zeppelin, dan Deep Purple, tetapi tetap kental dengan nuansa Rock Blues. Selanjutnya saat datang group Musik Judast Priest yang hilangkan elemen Blues, Musik Metal benar-benar kental dengan distorsi yang kuat, beat yang cepat, dan serasi bertempo tinggi. Sampai akhir dasawarsa 1970-an, Musik Metal banyak masukkan elemen Punk dan Heavy Metal yang dikenal beberapa group Musik populer seperti Motorhead, Iron Maiden, Venom, Diamond Head, dan sebagainya.

Perubahan Musik Metal terus berguling sampai dasawarsa-dekade seterusnya. Kemudia Musik berjenis Metal pada akhirnya berkombinasi dengan dampak dari jenis-genre musik yang lain sampai membuat subgenre Metal yang makin gampang dikenali waktu itu. Pada dasawarsa 1980-an, Musik Metal bertubrukan dengan jenis Musik Pop, sampai membuat sub jenis Musik Glam Metal yang ditenarkan Motley Crue, Poison, sampai Bon Jovi. Ini malah meningkatkan harga jual jenis Metal dan sub jenis Metal yang lain di kelompok Pencinta Musik Komersil. Pada dasawarsa 1990-an, Musik jenis Metal alami pengurangan reputasi karena mengembangnya musik-musik Pop dan Alternative Rock. Warga biasanya waktu itu cenderung pilih musik yang lebih easy listening dibanding Musik sekelas jenis Metal yang sulit dan mempunyai penampilan yang paling maskulin dan cadas. Tetapi Musik Metal masih bertahan dan berkembang di kelompok Metalheads dan pencinta musik berkualitas sampai sekarang ini.

Beberapa ciri Jenis Musik Metal

Jenis Musik Metal umumnya memperlihatkan performa dengan beberapa alat musik ritmis. Beberapa alat musik itu sebagai pendukung khusus Musik Metal. Jatah Vocal pada suatu group atau kreasi musik umumnya mempunyai ciri-ciri sangar dan growl sampai pekikan scream bersuara tinggi. Musik Metal sebuah perlihatkan musik yang utuh dan sama-sama isi dari setiap instrumennya, dan dapat menunjukkan melodi-melodi dari setiap instrumen-instumen musik itu.

Berikut ialah keunikan dan karakter dari Musik jenis Metal:

Menunjukkan suara yang keras atau memiliki volume tinggi, dan tempo yang cepat.
Memperlihatkan Distorsi Gitar yang kuat dan berwatak.
Serasi musik yang Sulit tetapi rapi dengan pembagian Melodi dari beberapa alat musik seperti Gitar, Bass dan Drum yang berkualitas tinggi dan mempunyai jatah yang imbang.
Ketukan drum yang paling memiliki tenaga dan bergumuruh, hingga tingkatkan nafsu dan semangat beberapa pencinta musik atau pemirsa perlihatkan Musik berjenis Metal.
Lirik yang diperlihatkan pada beberapa lagu Metal memiliki sifat Maskulin dan kadang tampilkan lirik yang tegas, pelafalan yang terang, apa yang ada bahkan juga sedikit berpuitis sampai memiliki nuansa politik atau beberapa hal fantasi.

Beberapa jenis Sub Jenis Musik Metal

Jenis Musik Metal adalah tipe Musik yang banyak memiliki keberagaman Sub Jenis. Hal itu jadi sebuah kreativitas supaya Musik Metal gampang dikenal dengan beragam tipe-jenisnya yang bermacam. Berikut ialah beberapa jenis Jenis Musik Metal dan deskripsinya.

1. Heavy Metal

Heavy Metal ialah wujud awalnya dari perubahan Musik Metal dan jadi akar untuk perubahan sub jenis Musik Metal yang lain. Sub jenis ini berkembang pada dasawarsa 1960-an akhir sampai dasawarsa 1970-an. Keunikan Sub Jenis Heavy Metal ialah banyak menunjukkan Solo Melodi alat musik Gitar, dentuman Drum dengan ketukan yang keras, dan Vocal yang berat tetapi melengking. Contoh Musikus yang sempat tampilkan tipe ini adalah; Judast Priest, Black Sabbath, Motorhead, Iron Maiden, dan sebagainya.

2. Glam Metal

Glam Metal sebagai tipe sub jenis Musik Metal yang datang karena inkulturasi pada Musik Hard Rock, Punk dan Musik Pop. Glam Metal juga bisa disebutkan Hair Metal (atau Pop Metal) karena beberapa musisinya waktu itu mempunyai keunikan penampilan dengan rambut yang mekar dan riasan yang menonjol seperti dandanan teatrikal yang penuh aksesori. Glam Metal benar-benar terkenal pada dasawarsa 1980-an dan awalnya 1990-an, dan jadikan Musik Metal benar-benar disukai waktu itu. Contoh Musikus yang sempat tampilkan musik tipe ini adalah; Motley Crue, Guns N Roses, Van Hallen, KISS, Poison, Europe, Bon Jovi, dan sebagainya.

3. Trash Metal

Trash Metal ialah tipe musik Metal yang berkekuatan kecepatan di atas musik Heavy Metal. Ciri-ciri Ciri khas Musik ini ialah Picking Gitar dengan Distorsi yang cepat sekali, Bass yang menggelegar, dan Ketukan Drum yang juga cepat dan keras. Musik Trash Metal mempunyai ciri-ciri lain berbentuk Riff-riff gitar yang cepat sekali dan melodius dibanding tipe musik Metal yang lain. Vocal Musik Trash Metal umumnya berpenampilan Growl atau Scream tetapi keras dan kasar, dengan lirik yang penuh kritikan dan pernyataan emosi. Contoh Musikus yang sempat tampilkan musik tipe ini adalah; Metallica, Megadeth, Slayer, Anthrax, dan sebagainya.

4. Power Metal

Power Metal sebagai tipe sub jenis Musik Metal yang mempunyai ciri-ciri suara instrument musik yang berlebihan, melodi yang berat dan tempo yang cepat. Musik Power Metal umumnya berisi vocal yang mempunyai watak dan power yang kuat, bersuara tinggi melengking dan bercerita lirik-lirik bertopik mitologi, riwayat, perang dan fantasi. Musik Power Metal banyak dikuasai oleh Tradisionil Metal dan Heavy Metal. Musikus yang mainkan tipe musik ini di antara lain; Helloween, Manowar, Blind Guardian, Iced Earth, dan sebagainya.

5. Speed Metal

Speed Metal ialah tipe sub jenis Musik Metal yang ciri-ciri dan watak dari tempo yang cepat sekali antara sub jenis metal yang lain, semua instrument alat musik dimainkan dengan tempo cepat. Musik Speed Metal mempunyai musik yang lebih serasi dan formasi lagunya memiliki tenaga seperti Musik Power Metal, tetapi dengan penyuguhan tempo yang cepat sekali. Beberapa musikus yang mainkan tipe musik ini di antara lain; Dragonforce, Children of Bodom, Gamma Ray, Turbo, dan sebagainya.

6. Traditional Metal

Traditional Metal sebagai tipe wujud awalnya dari Musik Metal selainnya Heavy Metal yang berkembang pada dasawarsa 1970-an. Ciri-ciri unik dari Musik Traditional Metal ialah penyuguhan Musik Metal yang tidak demikian keras dibanding tipe sub jenis Musik Metal yang lain. Musik Traditional Metal masih tetap menyuguhkan performa musik yang paling sulit, tetapi tidak bertempo tinggi, melodi yang lebih lembut, lirik yang memiliki sifat puitis, dan bisa diterima oleh orang fans musik biasanya. Beberapa Musikus yang sempat menyuguhkan tipe musik ini di antara lain; Iron Maiden, Led Zeppelin, Dio, dan sebagainya.

7. Progressive Metal

Progressive Metal ialah tipe sub jenis dari Musik Metal yang paling dikagumi karena kualitas musiknya. Musik Progressive Metal mempunyai ciri-ciri musik yang demikian kompleks dan sulit, melodi yang paling kaya, distorsi yang kaya, penuh Serasi dan vocal yang berkualitas dengan lirik-lirik yang abstrak dan bersuara tinggi. Beberapa Musikus yang menyuguhkan tipe musik ini di antara lain; Dream Theater, Symphony X, Queensryche, Fates Warning, dan sebagainya.

8. Symphonic Metal

Symphonic Metal sebagai tipe sub jenis Musik Metal yang mempunyai ciri-ciri penyuguhan aransemen musik yang istimewa, latar belakang musik yang hebat, penuh serasi, memiliki nuansa epik dan kompleks, dan disertai musik orkestra. Vocal benar-benar komplek dan benar-benar memiliki tenaga, dengan lirik-lirik yang bertopik kerajaan, mitologi, keinginan dan kehidupan. Beberapa musikus yang menyuguhkan tipe musik ini di antara lain; Rhapsody of Fire, Nightiwsh, Epica, Xandria, dan sebagainya.

9. Metalcore

Metalcore ialah tipe sub jenis Musik Metal yang dikenali semenjak dasawarsa 1990-an. Ciri-ciri penyuguhan musik Metalcore ialah tempo musik yang dapat berbeda (lamban-cepat-lambat-cepat), riff gitar yang paling kaya dan dimainkan dengan cara pendek-pendek, melodi yang memikat dan iconic. Suara vocal pada Musik Metalcore kadang dapat melankolis, kadang akan nge-growl, bisa menyuguhkan Mid Scream pada beberapa bagian vocal tertentu, dan menyuguhkan lirik-lirik yang puitis sampai yang paling liar. Beberapa musikus yang mainkan tipe musik ini di antara lain; Avenged Sevenfold, Earth Crisis, Deadguy, Intergrity, dan sebagainya.

10. Nu Metal

Nu Metal sebagai salah satunya tipe sub jenis Musik Metal yang dipandang New Wave untuk perubahan Musik Metal kekinian. Musik Nu Metal banyak masukkan tipe instrument beberapa alat musik yang baru dan kekinian ke perlihatkan musiknya, seperti Synthesizer, Alat Musik DJ, Turn Table, Elektronik Latar belakang, dan sebagainya. Ciri-ciri penyuguhan Musik Nu Metal banyak tampilkan instrumen beberapa alat musik kekinian, formasi musik yang bermacam, tempo yang dapat beralih-alih, berkesan sederhana karena pemakaian alat musik electronic tanpa banyak performa solo alat musik tertentu. Suara vocal pada Musik Nu Metal banyak memiliki macam tehnik, seperti Growl, Scream sampai Rap, dengan lirik yang bermacam topik seperti rumor sosial, pengacau, sosiopat. Beberapa musikus yang mainkan tipe musik ini di antara lain; Linkin Park, Slipknot, Korn, Mushroomhead, Mudayne, dan sebagainya.

11. Death Metal

Death Metal adalah tipe sub jenis Musik Metal yang terhitung kelompok ekstrim dan Horror, dan Sulit untuk dipahami beberapa fans musik. Ciri-ciri penyuguhan Musik Death Metal diantaranya pengetukan Snare Drum yang bertempo cepat sekali sampai over cepat dan benar-benar kasar, Distorsi Gitar yang keras dan kasar. Suara Vocal umumnya memakai tehnik Pig Squeal yang mempunyai pelafalan yang kurang terang dan sulit dimengerti beberapa pendengar. Beberapa musikus dan group musik yang mainkan tipe musik ini di antara lain; Cannibal Corpse, Siksa Pendam, Turbidity, Morbid Angel, Brujeria, Atheist, Jasad, dan sebagainya.

12. Black Metal

Black Metal sebagai tipe sub jenis Musik Metal yang dipandang paling menakutkan dan menyimpang secara ideologinya. Musik Black Metal umumnya menyuguhkan ritus-ritual tertentu yang bertopik satanisme di pentas perlihatkan Musik Metal, seperti minum darah, tampilkan mayat, membuat suatu lambang pemujuaan tertentu, dan sebagainya. Ciri-ciri penyuguhan musik benar-benar keras dan mempunyai tempo yang cepat, formasi musik yang berkesan amburadul namun tetap utuh, distorsi gitar yang keras dan kasar, suara piano elektrik yang berkesan dalam dan gelap, dan melodi-melodi yang menyayat pendengarnya. Suara vocal umumnya memakai tehnik Scream sampai tehnik Pig Squeal, dengan lirik-liriknya bertopik kegelapan, Satanisme, pengorbanan, Kematian dan Neraka. Musikus dan Group Musik yang mainkan tipe musik ini di antara lain; Mahyem, Gorgoroth, Marduk, Mercyful Fate, Hellhammer, Buzum, dan sebagainya.

Sampai sekarang ini Musik jenis Metal masih exist dan kerap dimainkan oleh beberapa Musikus Musik Cadas itu. Beberapa Metalheads masih menyembah keberadaan Musik Metal dan membuat Musik Metal ada selalu dengan bermacam tipe kerjasama dan inovasi yang modern. Musik Metal sebagai salah satunya lambang keberhasilan Musik Kekinian di Dunia sampai sekarang ini.

Begitu artikel mengenai deskripsi, riwayat dan macam tipe dari Musik jenis Metal.


Posting Komentar untuk " Jenis, Riwayat dan Tipe Musik Metal "