Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah, Jenis dan Ciri Khas Musik Funk

Jenis Musik Funk adalah tipe Jenis Musik Kekinian dan Terkenal yang terkenal oleh beberapa fans Seni Musik di semua Dunia. Musik Funk mempunyai kesan-kesan irama yang penuh nafsu keceriaan dan membuat pendengarnya tertarik untuk berdendang dan bergoyang ikuti alunan ritmenya.

Perubahan Musik Funk sebagai awalannya wujud dari Musik Etnik yang memiliki kandungan tarian Amerika-Afrika. Musik Etnik itu berubah jadi lebih kekinian karena dampak dari Musik Jazz, Soul, Disco dan RnB. Dari Musik Funk ini membuat perubahan Seni Musik dengan nuansa Dance sudah ada dan hasilkan banyak turunan Sub Jenis. Musik Funk benar-benar rekat dengan nafsu Dance dengan ritme-ritmenya, dan bawa semangat dan nafsu Afrika.


Riwayat Musik Funk

Musik Kekinian beraliran Funk ialah tipe jenis musik yang memiliki kandungan tarian Afrika-Amerika. Akar musik Funk berakar pada Musik Etnik Afrika Sub-Sahara dan Rhytmn and Blues yang dipengaruhi dari musikalitas dari Jenis Jazz dan Soul. Musik Funk ini selanjutnya lahir dan berkembang di Lousiana, Amerika Serikat di tahun 1960-an dari gelombang beberapa golongan Urban Afrika yang bekerja di teritori Amerika waktu itu. Wujud awalnya Musik Funk waktu itu jadi sebuah media gestur perjuangan untuk beberapa komune karyawan kelas bawah atau Pekerja Afrika.

James Brown

Pada tengah dasawarsa 1960-an, peningkatan Musik Funk dilaksanakan oleh Musikus legendaris yang namanya James Brown. James memodifikasi style Musik Funk awalnya dengan implementasi suara yang disinkopasi pada Bassline, skema ketukan Drum dan Riff Gitar. Selanjutnya dampak Psychedelic Rock yang mulai terkenal waktu itu memengaruhi perubahan Musik Funk yang diimprovisasi oleh Musikus Legendaris jenis Jimi Hendrix dan group The Famili Stone, dan group musik yang lain. Pengembangan dan peninggalan James Brown dan improvisasi yang sudah dilakukan oleh beberapa Musikus Psychedelic Rock ini-lah yang membuat rangka baru Musik Funk yang lebih kekinian.

Istilah atau Kata "Funk" diambil dari kata Funky yang mengarah pada pengertian suatu hal yang berbau atau wewangian yang tidak nikmat benar-benar menusuk. Bahasa aslinya malah datang dari Bahasa Latin yakni Fumigare yang memiliki arti merokok, atau dalam Bahasa Prancis disebu "Fungiere". Tetapi beberapa Pemusik Funk malah memakai kata "Funk" itu untuk memvisualisasikan watak musik Funk untuk ber-sinkop dan berdansa riang.

Di awal timbulnya Musik Funk beberapa orang akan berasumsi jika Jenis Musik Funk condong seperti musik Jazz-Blues. Hal itu benar-benar dimengerti karena dampak Musik Jazz dan Blues benar-benar menguasai waktu itu. Tetapi tipe awalnya Musik Funk sekarang ini sangat jarang-jarang ditampilkan, hingga Musik Funk justu semakin banyak digabungkan atau dipadukan dengan jenis musik yang lain.

Beberapa ciri Jenis Musik Funk

Jenis Musik Funk umumnya mempunyai performa yang paling dinamis, penuh nafsu dan memiliki nuansa dance. Dampak dari Musik Etnik Afrika benar-benar mencolok pada Musik Funk kekinian. Keunikan khusus ialah irama musiknya yang membuat kita ingin turut berdendang dan bergoyang, dan memberikan dampak senang untuk beberapa pendengarnya.

Berikut ialah beberapa ciri dan karakter dari Jenis Musik Funk:

Musik Funk mempunyai irama musik yang kerap terpenggal singkat tetapi memiliki irama.
Irama bunyi gitar irama yang tajam, dengan riff yang pendek dan bersuara distoris swing.
Ketukan Perkusi yang menguasai dan membuat kita ingin berdendang. Beat instrument Drum yang biasanya membuat orang yang nikmati Musik Funk jadi ingin bersenandung dan bergoyang.
Irama Bass elektrik yang paling mencolok dan memakai tehnik Slap sebagai keunikan khusus dari Musik Funk (meskipun tidak seluruhnya sub jenis Musik Funk memakai tehnik ini).
Pada beberapa performa akan ditolakan instrument alat Musik Saxophone dan Terompet sebagai tambahan aransemen Musik Funk yang semarak.
Musik Funk memakai Chord seperti musik Jazz, yakni memakai Dominant 7, Extended dan yang lain.
Lirik yang diperlihatkan pada beberapa lagu Funk umumnya ambil topik acara pesta, dansa, keadaan dan kritikan sosial, keadaan alam, situasi perjalanan, dan sebagainya.

Beberapa jenis Sub Jenis Musik Funk

Jenis Musik Funk adalah tipe musik kekinian yang sering dimodifiasi dan diimprovisasi. Salah satunya wujud improvisasinya dengan menyatukan style Musik Funk dengan tipe jenis musik kekinian yang lain. Dengan bermacam kreativitas dan improvisasi itu membuat Musik Funk jadi lebih gampang dikenali oleh beberapa pendengar Seni Musik, khususnya untuk sebagian orang pemula yang belum pernah dengar tipe Musik Funk.

Dari bermacam modifikasi dan improvisasi yang sudah dilakukan oleh beberapa musikus, melahirkan beberapa macam Sub Jenis baru untuk Musik Funk. Berikut ialah beberapa jenis dan deskripsi dari Sub Jenis Musik Funk.

1. Avant-funk

Avant-funk ialah tipe sub jenis Musik Funk yang memadankan style Art-Rock atau juga dikenal dengan Psychedelic Rock yang dipengaruhi pada gelombang musik Disco dan New Wave pada dasawarsa 1980-an. Musik Avant-Funk menyuguhkan Musik Funk dengan beberapa sentuhan tehnologi keyboard synthesizer, berpenampilan Art-Rock tetapi lebih kekinian dibanding Musik Funk awalnya. Beberapa Musikus yang sempat meningkatkan dan mainkan Musik Avant-funk di antara lain; Ornette Coleman, George Clinton, Sly and Famili Stone dan sebagainya.

2. P-Funk

P-Funk sebagai ringkasan dari Parliament-Funkadelic yakni sebuah musik kelompok dari Musik Funk yang berkembang di Amerika Serikat pada dasawarsa 1960-an yang waktu itu ditenarkan oleh Musikus namanya George Clinton. Keunikan sub jenis musik ini ialah tampilkan mode yang aneh di atas pentas, dipengaruhi style Psychedelic, selanjutnya untuk penyuguhan musikknya dikuasai oleh Musik Jazz dan Psychedelic Rock. Beberapa Musikus yang mempopulerkan dan pernah mainkan tipe Musik P-Funk ini di antara lain; Parlet, Horny Horns, Brides of Funkenstein, Sly and Famili Stone, Jimi Hendrix, dan sebagainya.

3. Funk Rock

Funk Rock (atau sering dicatat Funk-Rock atau Funk/Rock) ialah tipe sub jenis Musik Funk yang dipadankan dengan komponen Musik Rock. Tipe Sub Jenis Musik Funk ini ialah yang paling terkenal dan terpopuler. Pengembangannya pertama kalinya terjadi di akhir 1960-an sampai tengah 1970-an. Musik Funk Rock menyuguhkan suara instrumen Bass yang definitif, ketukan drum yang unik dan alunan gitar listrik berdistorsi swing. Beberapa Musikus yang mempopulerkan dan pernah mainkan tipe Musik Funk Rock di antara lain; Prince, Jesse Jhonson, Jimi Hendrix, Red Hot Chili Peppers, Extreme, Frank Zappa, David Bowie, Funky Kopral, GIGI, dan sebagainya.

4. G-Funk

G-Funk ialah tipe sub jenis musik Funk yang membuat penyatuan Musik Funk berpenampilan Gangsta Rap dengan Musik Fusion. Di dalam tipe musik ini menyuguhkan gabungan instrument Synthesizer multi-layer dan melodinya, Irama Bass yang dalam, mempunyai jalur hipnosis lamban dan vocal yang berdasar belakang suara wanita. Salah satunya Musikus yang sempat mempopulerkan tipe Musik G-Funk ini ialah Dr. Dre.

5. Boogie

Boogie sebagai tipe sub jenis Musik Funk yang tampilkan Musik Funk dengan dampak Post-Disco. Musik Boogie ini menyuguhkan instrument Synthesizer dan Keyboard yang menolong nuansa musik elektro dan house. Untuk keunikan irama Bass ala-ala Musik Funk umumnya dihidangkan lewat instrument Synthesizer itu. Beberapa Musikus yang sempat meminkan tipe Musik Boogie ini di antara lain; Michael Jackson, Vicky D, Komiko, Peech Boys, Kashif, Evelyn King, dan sebagainya.

6. Funk Metal

Funk Metal (atau sering dicatat Funk-Metal) ialah tipe sub jenis Musik Funk yang ada pada dasawarsa 1980-an. Tipe musik ini mempelajari dengan menyatukan komponen Musik Funk dengan Heavy Metal (atau bahkan juga Thrash Metal). Ciri-ciri dari musik tipe ini ialah tampilkan beberapa riff gitar berpenampilan Heavy Metal yang keras dan digabungkan dengan keunikan musik Funk yang menunjukkan irama Bass yang berdebar, dan mempunyai rima musik berpenampilan hip hop dan style vocal seperti Rock Alternative. Salah satunya Musikus yang sempat mempopulerkan tipe Musik Funk Metal ini ialah Living Color.

7. Jazz-Funk

Jazz-Funk ialah tipe Sub Jenis dari Musik Funk yang diidentikkan dengan style Groove (back beat) yang kuat, nuansa synthesizer analog dan kebiasaan. Tipe Sub Jenis ini memakai aransemen musik dengan riff memiliki irama Jazz di bagian gitar listrik tetapi dengan irama Funk di bagian perkusi dan bass. Jazz-Funk tidak demikian menunjukkan lirik-lirik pada Vocal, tetapi lebih ke improvisasi suara penyanyinya. Salah satunya instumen alat musik sebagai keunikan intinya ialah Saxophone atau Terompet. Beberapa Musikus yang mempopulerkan dan pernah mainkan tipe Musik Jazz-Funk ini adalah; Miles Davis, Herbie Hancock, Bennie Mauphin, Bill Summers, dan sebagainya.

8. Funk-Jam

Funk-Jam sebagai tipe sub jenis dari Musik Funk yang berkembang di awal dasawarsa 1990-an. Musik ini sebagai kombinasi dari Musik Funk dan Fusion dan beberapa komponen elemen Jazz, Ambient, Americana, Hip Hop dan dihidangkan dengan instrument electronic, alat musik perkusi dan tiup. Beberapa Musikus yang sempat menyuguhkan Musik tipe ini diantaranya adalah; Phish, The Soul Rebels, Soulive, dan sebagainya.

9. Go-go

Go-go ialah tipe sub jenis dari Musik Funk yang terlahir di teritori Washington DC segi Timur yang bersisihan dengan segi Atlatik tengah. Musik tipe ini memadankan Musik Funk dengan elemen Blues dan Hip Hop awalnya. Instrument khusus sebagai keunikan Musik Go-go ialah Perkusi Lo-fi, dan umumnya di dalam performa live akan disiapkan track dansa untuk pada Penari Dansa dan Beberapa Pemirsa. Musikus yang mengenalkan Musik Go-go ini ialah Chuck Brown yang dikenali sebagai "Godfather of Go-go".

Begitu artikel singkat mengenai pengertian, deskripsi, riwayat, keunikan dan bermacam tipe sub jenis dari Musik Funk.


Posting Komentar untuk "Sejarah, Jenis dan Ciri Khas Musik Funk"