Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 Jenis Riwayat, Keunikan dan Musik Gospel

Jenis Musik Gospel adalah tipe jenis musik kekinian yang sudah dijumpai dan dikenali secara luas di Dunia. Musik berjenis Gospel ialah tipe saluran musik yang dikuasai dengan vocal yang serasi dan lirik-lirik yang memiliki nuansa spiritual bertopik tuntunan Kristen. Hal itu mempunyai argumen karena Musik Gospel mengambil sumber dari adat di Gereja-gereja Afrika-Amerika.



Musik Gospel kurang demikian dijumpai secara luas dan tidak setenar beberapa jenis jenis musik kekinian yang lain. Hal itu karena Musik Gospel bukan tipe Musik Kekinian yang memiliki sifat konservatif yang sekular karena tidak mempunyai tujuan komersial, dan semakin banyak dihidangkan untuk keperluan Spiritual di kelompok komune Umat Kristen. Disamping itu Musik Gospel dideteksi mempunyai style musik yang terpecah karena pemahaman ras yang dipisah berdasar warna kulit waktu itu, dan berasa sampai sekarang ini di sejumlah teritori di Dunia. Namun sebagian orang tidak akrab untuk dengar nama Musik Gospel.

Riwayat Musik Gospel

Musik Gospel diperhitungkan sudah dapatkan pertama kalinya di awal era ke-17 sampai kwartal awalnya pada era ke-20. Musik Gospel sebelumnya ialah musik yang dibikin untuk melantunkan Puji-pujian di dalam Gereja-gereja bercorak Afrika-Amerika. Waktu itu Musik Gospel diibaratkan oleh beberapa vokalis berkulit hitam. Tetapi karena dampak musiknya dikenali secara luas oleh beberapa Jemaah Umat Kristen dalam Gereja, Beberapa Musikus dan Vokalis berkulit putih turut mempopulerkan di dalam kelompoknya dan disebutkan "Barisan Gospel Selatan". Sampai Sudut pandang warna kulit pada waktu itu sudah pisahkan Musik Gospel yang dinyanyikan oleh golongan masyarakat berkulit putih dan warga berkulit hitam.

Range 1/2 era selanjutnya sampai sekarang ini ketidaksamaan Musik Gospel sedikit tipis karena modernisasi dan kemiripan hak. Tetapi ada banyak ketidaksamaan adat yang demikian menonjol pada penyuguhan Musik Gospel. Beberapa Musikus dan Vokalis Musik Gospel yang berkulit hitam umumnya masih tetap menyuguhkan Musik Gospel dan batasi performanya cuma untuk konteks-konteks spiritual dan keagamaan saja. Sementara Musikus dan Vokalis Gospel berkulit Putih sudah tampilkan Musik Gospel secara komersial dan masuk ke cakupan musik sekuler, bahkan juga sudah dihidangkan di dalam klab-klab malam dengan sedikit hilangkan akar Musik Spiritual dan ambil ciri-ciri dan karakter musiknya saja.

Di tahun 1938, sudah ada Musikus Musik Gospel yang pertama kalinya mempopulerkan Musik Gospel namanya Sister Rosetta Tharpe. Dia mempopulerkan Musik Gospel secara komersial di dalam cakupan sekuler sejauh dasawarsa 1940-an dengan cetak banyak beberapa lagu terkenal dan tampilkannya dalam suatu konser di Amerika Serikat. Tetapi beberapa fans Musik Gospel di dalam cakupan spiritual dan Gereja tidak menyenanginya karena hilangkan akar "Tuntunan Kristen" di dalam perlihatkan-pertunjukkannya. Walau demikian Rosetta Tharpe masih tetap diterima secara baik oleh beberapa fansnya yang bermacam Kristen karena sanggup menangkat musik Gospel dengan masih tetap memiliki iman tegar pada kepercayaan Agamanya.

Musik Gospel ialah sebuah peristiwa di Amerika Serikat. Sampai akhirnya menebar di teritori Eropa sampai Australia. Musik Gospel banyak melahirkan beberapa grup Vocal dan gabungan suara yang luar biasa dan terkenal di Dunia, dan berdasar tegar pada tuntunan Kristen.

Beberapa ciri dan karakter Jenis Musik Gospel

Ciri-ciri umum yang dijumpai dari Musik Gospel ialah penyuguhan Vocal yang paling menguasai. Di awal keberadaannya Musik Gospel cuma menyuguhkan Vocal yang disertai oleh tepok tangan, lentikan jemari dan hentakan kaki. Tetapi pada perubahan sesudahnya yang sudah dilakukan oleh barisan Musik Gospel Selatan, Musik Gospel telah disertai oleh instrument beberapa alat musik kekinian.
Berikut ialah beberapa ciri dan karakter dari Musik Gospel.

Konsep dasar penyuguhan Musik Gospel ialah memiliki sifat Spiritual dan Non-Sekuler.
Vocal yang paling menguasai dan berwatak, dengan mempunyai pembagian warna suara yang berbeda dan benar-benar terang.
Vocal yang mempunyai serasi yang kuat yang Sama dengan barisan Gabungan Suara, Koor dan Choir, sampai secara Acapela.
Lirik-lirik yang dihidangkan bertopik Spiritual berdasar Tuntunan Agama Kristen.
Banyak memiliki sub jenis yang dipisah berdasar Adat Gereja.
Musik Gospel banyak disertain dengan suara tepok tangan, hentakan kaki atau lentikan jemari. Tetapi pada sekarang ini Musik Gospel telah banyak memakai instrument beberapa alat musik kekinian untuk menemani perlihatkan musiknya, seperti Piano atau Organ Hammond, Drum, Gitar Bas, sampai Gitar Listrik.
Style musik sebetulnya nyaris sama dengan nuansa Musik Rock N Roll, Fusion, Jazz dan Musik Pop. Tetapi dampak Vocal yang menguasai jadi keunikan tertentu yang membandingkan dengan musik yang lain.
Mayoritas Musik Gospel tidak diketemukan pada umumnya dan diperlihatkan secara komersil, tetapi Musiknya bisa dicicipi oleh semuanya orang (tanpa mempelajari lirik spiritualnya).

Beberapa jenis Sub Jenis Musik Gospel

Jenis Musik Gospel adalah Musik Kekinian yang sudah terkenal di Dunia. Walaupun juga Musik Kekinian ini seringkali diketemukan di dalam komune umat Kristen, tetapi sekarang ini banyak telah beredar beberapa kreasi Musik Gospel sudah terkenal oleh mayoritas warga.
Musik Gospel rupanya mempunyai wujud kreativitas sampai membuat sub jenis tertentu. Berikut ialah beberapa macam dan deskripsi singkat dari sub jenis Musik Gospel.

1. Gospel Tradisionil

Gospel Tradisionil ialah tipe sub jenis Musik Gospel orisinal yang berakar dari beberapa lagu spiritual Agama Kristen. Tipe sub jenis Musik Gospel ini ada pada era ke-18 sampai era ke-19. Rutinitas dari beberapa Jemaah Gerejaa yang mengutarakan kesaksian iman mereka saat Kebaktian Agama dilaksanakan secara spontan dilaksanakan dengan menyanyi. Sampai di tahun 1920-an Musik Gospel Tradisionil sudah dipengaruhi musik-musik kekinian yang lain seperti jazz dan blues, dan sudah memakai instrument alat musik kekinian di dalam penyuguhan musiknya. Musikus yang populer pernah tampilkan sub jenis musik ini ialah Arizona Dranes.

2. Gospel Country

Gospel Country ialah tipe sub jenis Musik Gospel yang dipengaruhi dengan style Musik Country. Tipe sub jenis musik ini juga dikenal bernama Christian Country atau Country Ideonal. Beberapa Musikus atau Vokalis yang sering menyuguhkan Musik Gospel tipe ini di antara lain; Janet McBride, Alan Jackson, Jim Reeves, Kenny Rogers, Jeanne Robert, dan sebagainya.

3. Gospel Southern

Gospel Southern ialah tipe sub jenis Musik Gospel yang dipengaruhi Musik Country yang dikontemporesasi dengan Musik Jazz yang waktu itu diperkembangkan oleh Barisan Musikus Gospel berkulit Putih di tahun 1920-an. Beberapa Musikus dan Vokalis yang sempat mempopulerkan Musik Gospel tipe ini di antara lain; Good News Quartet, Dottie Rambo, Bill Taylor, Booth Brother, Ryan P. Harper, The Speer Famili, The Blackwood Famili, The Lefevre Trio, The Sewa Famili, Homer Rodeheaver, George Beverly Shea, Cliff Barrows, dan sebagainya.

4. Gospel Selatan Progresif

Gospel Selatan Progresif ialah tipe sub jenis Musik Gospel di teritori Amerika Serikat yang ada dari kreativitas atau lanjutan dari Gospel Southern sepanjang beberapa dekade paling akhir. Tipe Musik Gospel ini lebih kekinian dengan tempo yang bisa lebih cepat dibanding Musik Gospel Selatan secara umum.

5. Gospel Bluegrass

Gospel Bluegrass ialah tipe sub jenis dari Musik Gospel yang berakar dari Musik-musik Pegunungan di teritori Benua Amerika. Musik Gospel Bluegrass mendapatkan dampak dari Musik-musik tradisionil Mesoamerika atau Musik Indian yang paling bersatu dengan nuansa alam padang pasir atau pegunungan. Beberapa Musikus atau Vokalis yang sempat memperkenalkan tipe Musik Gospel ini di antara lain; Doyle Lawson, The Nashville Bluegrass Band, Marty Stuart dan His Fabolous Superlatives, The Jakcson Famili, Anderson Famili Bluegrass, The Purple Hulls, dan sebagainya.

6. Gospel Kontemporer

Gospel Kontemporer ialah tipe sub jenis dari Musik Gospel yang menambahkan beberapa elemen musik-musik kekinian dan jadi wujud kontemporesasi musik yang baru. Tipe Musik Gospel ini masih tetap mempunyai akar Musik Spiritual, tetapi diperlihatkan secara sekuler atau dipanggung komersil.

7. Gospel Kekinian

Gospel Kekinian ialah tipe sub jenis dari Musik Gospel yang lebih kekinian dengan dampak musik Pop dan Rock N Roll. Musik Gospel tipe ini sangat wajar diketemukan sekarang ini dan sudah banyak diperlihatkan pada beragam media. Beberapa Musikus dan vokalis yang sering tampilkan tipe Musik Gospel ini di antara lain; Tasha Cobbs Leonard, Lauren Daigle, Mercy Chinwo, dan sebagainya.

Musisi-Musisi Musik Gospel

Musik Gospel awalannya mempunyai perubahan yang terbatas di dalam cakupan Komune Warga Kristen. Tetapi dampak modernisasi dan media yang makin mengalami perkembangan membuat Musik Gospel mulai terkenal oleh Warga atau pencinta musik, walaupun masih memperlihatkan akar sebagai musik spiritual yang lahir dari Budaya Barat.
Beberapa Musikus Populer yang sudah menyuguhkan tipe musik Gospel di antara lain; Mahalia Jackson, Sister Rosetta Tharpe, Golden Gate Quartet, Jordanairesh, Clara Ward, dan sebagainya. Sementara Musikus Indonesia yang menyuguhkan Musik Gospel di antara lain; Franky Sichombing, Nikita, True Worshipper, dan sebagainya.

Begitu artikel singkat mengenai pengertian, deskripsi, riwayat, keunikan dan bermacam tipe sub jenis dari Musik Gospel.

Posting Komentar untuk " Jenis Riwayat, Keunikan dan Musik Gospel"