Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musik Mempengaruhi Kebudayaan Indonesia

Tulisan ini merupakan bagian kedua dari artikel Musik Mempengaruhi Kebudayaan Indonesia. Keutamaan musik dalam budaya Indonesia :

7. Media info budaya sekalian komunikasi

Musik ialah suara yang diatur sebegitu rupa hingga memiliki kandungan irama, lagu, dan serasi, khususnya suara yang dibuat dari beberapa alat yang bisa hasilkan suara. Musik ialah sisi dari seni. Musik sebagai media komunikasi yang diartikan di sini ialah manfaat. Misalkan, saat orangtua menyanyikan lagu nina bobo saat anaknya tidur. Di sini kita peranan musik untuk komunikasi.

8. Media pendamping upacara budaya

Peranan musik wilayah sebagai pendamping dan pendamping pada acara tradisi seperti godang (Tapanuli) yang dipakai dalam acara tradisi batak, musik gong senggang (bali) yang dipakai pada upacara ngaben, musik rock dodou (Tanah Siang, Barito Utara, Kalimantan) tipe musik ritus saat memandikan bayi atau memberikan nama bayi. Di sejumlah wilayah musik bahkan juga digunakan sebagai media penyambutan, doa, pengusir pengetahuan hitam, bahkan juga sebagai alat panggilan roh beberapa nenek moyang.

9. Media motivator atau penyemangat dan sebagainya

Musik menggambarkan budaya warga simpatisannya. Dalam musik terdapat nilai dan etika yang disebut sisi proses dari enkulturasi budaya, baik berbentuk resmi atau tidak resmi. Musik tersebut mempunyai wujud yang unik, baik dari sisi sistematis atau macamnya dalam budaya. Demikian juga yang terjadi pada musik dalam budaya warga Melayu. Motivasi ialah kemampuan penggerak kemauan kita untuk diwujudkan. Kemampuan penggerak dari dalam untuk membikin apa saja yang kita harapkan dapat diwujudkan. Motivasi kuat hubungannya dengan kemauan dan tekad, bila tidak ada jadi tidak akan muncul motivasi.

10. Media ceramah (menebarkan agama Islam)

Musik berperan untuk menentramkan pemikiran dan beban kemanusiaan (basyariyah) dan tingkatkan karakter kemanisan. Ini ialah stimulasi untuk menyaksikan rahasia ilahi. Ada beberapa pesan ceramah dalam lirik - lirik lagu yang bisa dijadikan fasilitas ceramah. Efektifitas musik bisa didengarkan oleh siapa, kapan pun dan dimanapun. Lirik lagu dalam ceramah memakai bahasa yang enteng, simpel, gampang dimengerti dan dihafal.

11. Gestur sukur

Dalam beberapa kasus musik dipakai sebagai media perkataan sukur. Kita dapat ambil contoh dari warga Asmat yang memakai musik untuk mensyukuri suatu hal.sebuah hal. Acara pesta Nyanyian Sagu sebagai sisi dari Festival Panen Sagu yang umum dilaksanakan oleh warga Asmat saat mulai memetik tanaman sagunya.

Lagu ini umumnya dinyanyikan bertepatan dengan tarian yang dilaksanakan atas dasar pernyataan rasa sukur atas luapan nikmat Tuhan. Sama seperti yang kita kenali, sagu sebagai makanan dasar untuk mayoritas warga Papua, terhitung suku Asmat. Maka dari itu, sagu mempunyai makna khusus dalam keberlangsungan hidup suku Asmat dan kehadirannya dipandang seperti karunia dari Si Pembuat.

12. Upacara Militer

Musik kerap diperlihatkan dalam Bhayangkara Wind Orchestra dan sudah pasti upacara kenegaraan seperti perayaan Hari Kemerdekaan. Pasti kita akan pikirkan peranan Korps Musik dalam sebuah angkatan membawa senjata dan kepolisian. Kadang tebersit di pikiran banyak pencinta musik jika sering kualitas tayangan dan permainan yang kita saksikan di tv nasional saat acara ini kurang memberikan kepuasan di hati kita. Ya, musik korps umumnya dipakai di tentara dan polisi di Indonesia.

13. Media Beribadah

Musik sebagai sarana sanjungan liturgi/sanjungan jemaah sebagai salah satunya faktor yang mempunyai peran penting pada suatu proses peribadatan. Satu faktor yang condong diacuhkan oleh gereja dan/atau beberapa kelompok baik dari kelompok figur warga atau gereja tersebut. Demikian juga figur musikus gereja (pianis/organ) yang condong dipandang seperti ‘benda yang lengket' tak perlu mendapatkan perhatian yang ideal dalam jalankan peranan dan peranannya di gereja.

Tersebut peranan penting musik dalam budaya Indonesia. Musik adalah budaya yang tidak dapat dipisah dari kehidupan kita. Tersebut penyebabnya musik selalu ambil sisi besar dari budaya Indonesia.

Posting Komentar untuk "Musik Mempengaruhi Kebudayaan Indonesia"