Warga Lombok Terkejut oleh Topi Raksasa di Gunung Rinjani

adsense

Newsletter

Warga Lombok Terkejut oleh Topi Raksasa di Gunung Rinjani


Guratanku.com (17/07/19) - Warga Lombok sekitaran area Gunung Rinjani dihebohkan oleh temuan pagi hari ini. Mereka berbondong-bondong untuk dapat mengabadikan hal tersebut di gadget mereka.

Dilansir dari postingan fanspage Bali Channel, Gunung Rinjani pada pagi hari ini mengejutkan para penduduk sekitarnya dikarenakan terselimuti awan berbentuk topi raksasa.

Kebenaran akan hal tersebut dikonfirmasi oleh berbagai unggahan video dan foto yang baru saja dibidik pagi hari ini.


Namun masyarakat tidak perlu khawatir akan fenomena alam ini. Menurut kepala BNPB, Sutopo mengatakan tidak perlu untuk takut terhadap fenomena tersebut dengan mengaitkan ke hal-hal mistis atau tanda bencana. Karena memang fenomena alam tersebut terjadi secara alamiah dan umum terjadi meski tergolong memang langka.

Fenomena altocomulus lenticularis ini menurut beberapa sumber literasi disebabkan oleh pusaran angin diatas gunung yang menyebabkan awan terbentuk melingkari puncak gunung. Momen tersebut sangat layak diabadikan tetapi hanya dari bawah gunung saja. Beda lagi jika kita ke puncaknya saat fenomena tersebut terjadi.  Sebab, fenomena tersebut sangat berbahaya bagi para pendaki dikarenakan harus menghadapi turbulensi udara yang menyebabkan keadaan yang ekstrim. Bahkan bisa mengakibatkan hypothermia . 



Kejadian ini bukan hanya kali pertama terjadi di Indonesia. Sebelumnya juga pernah terjadi di Gunung Agung di Pulau Bali, dan Gunung Semeru di Pulau Jawa.