Gunung Batu, Wisata Hamparan Batu Granit di Lampung

adsense

Newsletter

Gunung Batu, Wisata Hamparan Batu Granit di Lampung


Guratanku.com - Lampung merupakan propinsi paling ujung di selatan pulau Sumatera. Daerah ini selain terkenal dengan sebutan tanah penghasil kopi. Ternyata Lampung memiliki sejuta keindahan alamnya yang seolah tak akan ada habisnya untuk dijelajahi.

Jika anda sempat singgah di Lampung, atau kebetulan mampir di Bandar Lampung. Tak ada salahnya untuk mengunjungi tempat eksotis dan unik di kecamatan Tanjung Bintang kabupaten Lampung Selatan.

Orang sekitar menyebut tempat tersebut dengan nama Gunung Batu, walaupun sejatinya adalah sebuah hamparan bukit yang berada di tengaj perkebunan karet warga.

Jaraknya sangat dekat dari pasar Tanjung  Bintang. Tak sampai 10 menit kita sudah bisa mengeksplorasi keindahan alam tersebut. Pada area tersebut tersedia layanan parkir berbayar, disini biasanya dipatok dari RP 10.000 per motornya. 


Kadang tempat ini dahulu dijadikan sebagai arena adventure para bikers. Namun di tempat ini sayangnya belum tersedia fasilitas toilet. Dan sayangnya pada bebatuan granit tersebut telah luput dari pencegahan terhadap oknum budaya vandalis yang salah tempat.

Terkadang keadaan  ini membuat masyarakat sekitar prihatin. Padahal potensi wisata disini sangatlah menjajikan. Sebab jarang ada tempat di Lampung khususnya yang memiliki keunikan serupa.

Perlunya kerjasama antar semua pihak akan membuat terciptanya sapta pesona yang menjadi syarat mutlak suatu objek wisata. 

Di Gunung Batu selain berpotensi menjadi wisata alam, dapat juga dijadikan sebagai tempat pengkajian ilmiah. Mengingat di daerah tersebut banyak terdapat batuan granit. Tentu akan menjadi bahan pembelajaran sendiri terutama kepada orang-orang saintis maupun para para peneliti di bidang geologi.


Jenis bebatuan yang ada di Tanjung Bintang sangatlah memiliki kemiripan dengan kebanyakan kandungan batu granit yang ada di Pulau Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Di Kepulauan Bangka Belitung sendiri memiliki kandungan formasi bebatuan granit yang membentang sepanjang propinsi tersebut, baik di laut maupun di darat.

Dengan adanya wisata Gunung Batu teesebut, tentu akan menambah keunikan Lampung tersendiri. Hal ini akan  menjadi alternatif wisata bagi yang berada di sekitar Lampung untuk bisa menikmati keindahan pemandangan formasi bebatuan granit tanpa harus jauh-jauh pergi  ke Bangka lagi.

Baik demikianlah imformasi seputar traveling hari ni, semoga anda selalu bahagia!