Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profile dan Sejarah Band Pink Floyd

Guratanku.com - Pink Floyd ialah band progressive rock asal Inggris yang dibuat pada tahun 1965. Mereka sukses tembus pasar musik internasional dengan jenis musik progressive rock dan dikatakan sebagai group band pertama kali yang mempopulerkannya dan menjadi satu diantara band terbaik selama hidup. Pink Floyd disebut sebagai salah satunya band tersukses secara komersial dan paling punya pengaruh dalam sejarah musik terkenal. Mereka populer dengan lirik lagu-lagunya yang filosofis, style di sampul albumnya dan konser-konser fantastis yang mereka selenggarakan. Berikut akan kami suguhkan riwayat hidup dan sejarah perjalanan komplet group band legendaris Pink Floyd.

Profile dan Sejarah Band Pink Floyd

Riwayat hidup Pink Floyd

Pink Floyd terbagi dalam Nick Mason, Syd Barrett, Richard Wright, Roger Waters, dan David Gilmour. Mereka pertama raih ketenaran di tempat musik underground di London di akhir 1960-an. Kemudian, Syd Barrett memilih untuk keluar band karena permasalahan kesehatan. Ini membuat Roger Waters selanjutnya dipercayai jadi penulis lirik khusus dari Pink Floyd. Ia menjadi satu diantara aspek terpenting dibalik keberhasilan beberapa album mereka, seperti The Wall atau The Dark Side of the Moon.

Pink Floyd pada akhirnya sukses tembus pasar musik internasional di dasawarsa 70-an. Album-album besar mereka pada periode itu diantaranya ialah The Dark Side of the Moon (1973), Wish You Were Here (1975), Animals (1977), The Wall (1979), dan The Final Cut (1983). Semua album itu sanggup terjual juta-an kopi ke penjuru dunia dan pantas disebutkan dalam jejeran album terbaik di periode tersebut. Dengan adanya banyak album-album yang laku terjual itu, Pink Floyd banyak juga menghasilkan beberapa lagu 70an terbaik. Beberapa lagu salah satunya ialah Comfortably Numb, Time, Wish You Were Here, The Wall dan Another Brick in the Wall, Pt II.


Di tahun 1979, Richard Wright memilih untuk keluar band, di ikuti oleh keluarnya Roger Waters di tahun 1985. Cuma David Gilmour dan Nick Mason yang bertahan di dalam Pink Floyd dengan beberapa musikus tambahan yang lain. Pink Floyd lalu dikenalkan pada US Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1996 dan pada UK Music Hall of Fame di tahun 2005.

Daftar Album Pink Floyd

The Piper at the Gates of Dawn (1967)
A Sausrful of Secrets (1968)
More (1969)
Ummagumma (1969)
Atom Heart Mother (1970)
Meddle (1971)
Obscured by Clouds (1972)
The Dark Side of the Moon (1973)
Wish You Were Here (1975)
Animals (1977)
The Wall (1979)
The Final Cut (1983)
A Momentary Final of Reason (1987)
The Divisi Bell (1994)
The Endless River (2014)

Keseluruhan Pink Floyd sudah melaunching 15 album studio dan sukses jual lebih dari 250 juta kopi album ke penjuru dunia, terhitung 74,lima juta cuma di Amerika Serikat saja. Hal itu jadikan Pink Floyd ada di posisi tujuh dalam rekor jumlah album terjual di penjuru dunia. Sampai sekarang, group band Pink Floyd disebut sebagai salah satunya group band legendaris terbaik dan paling punya pengaruh selama hidup yang banyak hasilkan lagu lagu hits di periodenya.

Posting Komentar untuk "Profile dan Sejarah Band Pink Floyd"