Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian Dari Alat Musik Drum Yang Perlu Kita Ketahui

Guratanku.com - Di dalam permainan alat musik drum sanggup membuat musik jadi lebih hidup saat didengar. Permainan drum yang bagus memerlukan penyelarasan atau kestabilan di antara pemakaian sisi yang satu sama sisi yang lain pada drum dimainkan itu.

Kelihaian dalam mainkan drum diperlukan kemampuan yang masak. Disamping itu, kesabaran dan usaha keras juga sangat memberikan dukungan jika ingin jadi drummer yang luar biasa dan sukses. Tiap pemain drum mempunyai style bermainnya sendiri.



Bagian-Bagian Drum
1. Cymbal
a. Ride cymbal
b. Jatuh cymbal
c. Chinese Cymbal
2. Hit-hat
3. Tom-tom
a. Small Toms
b. Middle Toms
c. Large Toms atau Floor Toms
4. Snare drum
a. Shell atau bodi snare
b. Piccolo snare
c. Memiliki ukuran tebal
5. Bass drum
6. Stick

Saat sebelum pelajari dan latih diri dalam mainkan drum, lebih bagus kuasai dahulu alat apa yang ada pada drum atau beberapa bagian drum. Berikut sebagai beberapa bagian dari drum yang penting grameds kenali, salah satunya:

1. Cymbal

Cymbal pada alat musik Drum ialah terhitung ke sisi yang paling penting untuk permainan alat musik drum. Cymbal itu dibikin material dasar logam kuningan yang tentu saja mempunyai kualitas kemampuan yang bagus dan terjaga hingga nanti hasilkan suara yang cocok di saat dimainkan.

Cymbal terbagi dalam 3 (tiga) tipe, yakni:

a. Ride cymbal

Sisi ini sanggup memberi suara yang dibuat oleh drum itu bervariasi. Suara ciri khas yang dibuat dari ride cymbal yakni benar-benar ritmis dan bright. Disamping itu, suara yang dibuat oleh ride cymbal tidak kebanyakan sustain dan gaung.

Secara umum, standar ukuran dari ride cymbal yakni 20". Namun, ada juga ukuran yang lain, dimulai dari 18", 19", 21", sampai 22". Ride cymbal berwujud lingkaran sama ukuran besar yang dipakai sebagai alternatif atau macam sesudah hit-hat.

Ada peranan khusus dari ride cymbal, yang salah satunya yakni sanggup membuat irama dan bisa dipakai oleh pemain dalam menulis titik overtone atau reff pada lagu. Hal itu karena di saat pemain sedang mainkan ride Cymbal nanti volume yang dibuat oleh semua instrument semakin lebih keras. Ride cymbal dapat dipakai saat intro dan coda atau ending lagu atau formasi. Pemain perlu memerhatikan faktor dinamika atau keras halusnya dalam mainkan ride cymbal.

Tinggi atau rendahnya dan kemiringan peletakan ride cymbal bisa ditata dan disamakan keperluan pemain. Rekonsilasi itu diharap bisa memberi kenyamanan ke pemain di saat memainkan. Seharusnya peletakan ride cymbal bisa dicapai tangan pemain dengan gampang di saat dimainkan.

Tehnik pukulan yang bagus pada ride cymbal akan hasilkan suara yang bagus juga. Pemain bisa memukul ride cymbal dengan memakai sisi yang ujung dari stick drum. Hal itu dilaksanakan supaya suara yang dibuat akan kedengar lembut.

Kadang di sisi tengah dari ride cymbal atau yang diberi nama cup cymbal atau bell cymbal dipukul oleh pemain agar hasilkan dampak suara yang perkusif. Disamping itu, mempunyai tujuan agar memberi dampak dialektuasi.

b. Jatuh cymbal

Kehadiran dan status peletakan jatuh cymbal penting di dalam permainan alat musik drum. Jatuh cymbal berwujud lingkaran sama ukuran sedang. Secara umum, standar untuk ukuran jatuh cymbal yakni 16". Namun, jatuh cymbal yang dibikin ukuran lain, dimulai dari 13", 14", 15", 17", 18", sampai 19".

Jatuh cymbal mempunyai peranan agar bisa memberi dialektuasi dengan memberi dampak suara yang lumayan besar dan menggelegar. Disamping itu jatuh cymbal dipakai sebagai pemisah saat ada peralihan topik lagu. Jatuh cymbal umumnya dipakai pemain saat lakukan fill in, yang di mana pemain nanti akan memukul jatuh drum dan bass drum secara bertepatan.

Peletakan jatuh cymbal seharusnya dimiringkan sedikit kebawah. Hal itu dilaksanakan supaya suara yang dibuat dari jatuh cymbal bisa optimal. Disamping itu, untuk status tinggi atau rendahnya jatuh cymbal disamakan kenyamanan pemain di saat nanti akan dimainkan.

Supaya suara yang dibuat dari Jatuh Cymbal itu baik, padat, dan memiliki bobot, Pemain Drum bisa memakai sisi ujung dari stick drum atau sisi leher dari stick drum atau di bagian bawah ujung dari stick drum itu. Selanjutnya pemain drum bisa memukul jatuh cymbal sedikit keras, hingga nanti suara yang dibuat memberi dampak dialektuasi yang semakin lebih terang.

Tehnik pukulan jatuh drum disamakan tipe lagu yang hendak dimainkan. Bila pemain akan mainkan tipe lagu rock atau heavy metal dan fusion atau punk, karena itu nanti pemain drum harus memukul jatuh drum itu lebih keras. Dan pemain yang hendak mainkan tipe lagu pop atau lagu-lagi yang slow dan halus, karena itu pukulan yang diberi pemain harus juga secara halus.

c. Chinese Cymbal

Pada intinya chinese cymbal mempunyai peranan yang serupa dengan jatuh cymbal, namun memiliki bentuk berlainan. Pemakaian sisi ini akan memberi seni suara atau nanti akan membuat suara yang terbentuk lebih bervariasi. Chinese Cymbal berwujud lingkaran sama ukuran besar dan di bagian pinggirnya lebih mencolok. Ukuran Chinese cymbal juga cukup bervariatif, yakni dimulai dari ukuran 8 inchi sampai 20 inchi.

2. Hit-hat

Hit-hat pada alat musik Drum ialah sisi yang terdiri dari 2 (dua) buah piringan. Hit-hat itu terdiri dari up dan bottom. Dalam sisi ini, ada pedal yang nanti bisa diinjak oleh pemain. Berdasar konsepnya, hit-hat berperan sebagai pemasti atau penjaga tempo, selanjutnya sebagai pembentuk irama, dan bisa memberi dialektuasi pada irama atau fill in.

Hit-hat seperti cymbal yang sama-sama bertemu. Standar ukuran untuk hit-hat yakni 14". Namun, ada ukuran yang lain, salah satunya: 10", 12", sampai 13". Pada sekarang ini, telah banyak pemain drum yang memakai hit-hat lebih dari 1 atau sekitar 2 sampai 3 hit-hat.

Secara umum, hit-hat ditaruh di samping kanan dengan status yang bersisihan dengan ride cymbal. Peletakan pada status hit-hat sangat punya pengaruh pada irama di dalam permainan drum. Bunyi yang bisa dibuat dari hit-hat bisa membuat irama jadi bervariasi.

Bunyi yang dibuat oleh hit-hat didapat dari bentrokan antara ke-2  buah piringan yang sama-sama bertemu itu. Untuk hasilkan bunyinya, pemain bisa mencapai pedal hit-hat itu yang ada pada bagian bawah drum.

Dalam mainkan hit-hat bisa dilaksanakan langkah, seperti berikut: pemain perlu memakai ujung stick drum atau sisi leher pada stick drum supaya suara yang dibuat jadi lembut, pemain bisa mainkan hit-hat dengan memijakkan kakinya ke pedal hit-hat lalu memukul hit-hatnya di saat tertutup rapat.

3. Tom-tom

Tom-tom pada alat musik Drum ialah sisi yang terhitung di dalam sisi khusus dari drum. Sisi ini mempunyai peranan untuk membikin ketukan yang bervariatif atau dikenali "fill" atau "fill in" atau "roffle". Disamping itu, tom-tom bisa dipakai sebagai improvisasi atau sebagai rhythm.

Tom-tom itu dibuat wujud seperti gendang. Tom-tom sendiri mempunyai macam ukuran, salah satunya:

a. Small Toms

Small Torns sebagai penyebutan untuk tom-tom sama ukuran diameter 6", 8", dan 10".

b. Middle Toms

Middle Torns sebagai penyebutan untuk tom-tom yang mempunyai ukuran diameter 12" dan 13".

c. Large Toms atau Floor Toms

Large Torns atau yang semakin lebih dikenali Floor Toms sebagai penyebutan untuk tom-tom yang memiliki ukuran diameternya 14", 15", 16", dan 18". Tom-tom sama ukuran itu kerap diberi nama Floor Toms karena standnya ditaruh di lantai atau disebutkan "Baby Toms

Ketebalan dari tom-tom juga sangat bervariatif, seakan ada yang berukuran tebalnya 4", 4,5", 5", 7", 8", 9", 10", 11" 12", 13", 14", 15". Dari kesekian ukuran ketebalan tom-tom yang bervariatif, terkenalnya ialah ukuran 8" x diameter 8", 8" x 10", 9" x 12", 10" x 13", 14" x 14", dan 16" x 16". Tom-tom itu ada 2 (dua) drumhead atau selaput gendang yang ada di atas dan di bawah. Pembikinan tubuh tom-tom memakai bahan yang dari bahan kayu.

Tehnik dan style beberapa pemain dalam mainkan alat musik drum tentu saja berbeda. Dalam mainkan tom-tom yang bagus agar hasilkan suara yang bagus perlu dilaksanakan cara-cara seperti berikut: pemain perlu memukul tom-tom pada sisi tengah dengan memakai ujung stick drum, selanjutnya jenjang pukulan tom-tom dilaksanakan power yang kuat, tapi tidak kasar supaya masih tetap enak didengarkan, pukulan tom-tom disamakan keperluan dan topik lagu dimainkan oleh pemain, dan pemain perlu memerhatikan dinamika permainan atau keras halusnya pukulan tom-tom itu.

4. Snare drum

Snare drum pada alat musik drum sebagai sisi khusus dan tentu saja sebagai sisi yang tersering dimainkan. Sisi ini mempunyai peranan khusus yakni dipakai sebagai elemen yang khusus dalam membuat irama. Disamping itu, snare drum bisa jaga dan bisa dipakai sebagai pemasti tempo yang khusus.

Di mana pemain alat musik pangkalan atau gitaris bahkan juga penyanyi akan memakai sisi ini sebagai dasar di dalam permainan musik atau dalam menyanyi. Snare drum juga bisa membuat suatu formasi dalam musik hingga nanti akan kedengar makin hidup dan variasi.

Sebagai pemakaianya membuat irama, pemain akan memberi ketukan pada snare drum pada perhitungan kedua dan keempat. Ketukan itu dilaksanakan bertepatan dengan pemakaian bass drum dan hit-hat hingga bisa hasilkan irama yang bagus.

Snare drum sendiri berwujud lingkaran dengan ukurannya yang bervariatif, tapi pada standarnya diameter snare drum memiliki ukuran 14". Disamping itu, ada juga yang memiliki ukuran 10", 12", dan 13". Dan untuk ukuran tebalnya, seperti berikut:

a. Shell atau bodi snare

Ketebalan snare drum yang diberi nama shel atau bodi snare yakni memiliki ukuran 5,5".

b. Piccolo snare

Ketebalan snare drum yang diberi nama piccolo snare ialah biasanya memiliki ukuran 3", 3,5", da 4".

c. Memiliki ukuran tebal

Adapun ukuran snare drum yang semakin lebih tebal dari ukuran shell atau bodi snare dan piccolo snare, yakni memiliki ukuran 6,5", 7", dan 8". Snare drum sama ukuran itu seperti snare yang dipakai di dalam permainan marching drum.

Snare drum ditaruh status yang terdekat dengan pemain drum. Tinggi atau rendahnya peletakan snare drum disamakan status pemain. Disamping itu kemiringan snare drum disamakan status yang diharapkan oleh pemain, ditujukan supaya pemain nyaman dan gampang saat memukul snare drum itu.

Snare drum terhitung sebagai sisi yang sanggup keluarkan suara paling keras, tajam, dan berfrekuensi suara tertinggi karena ada strainer. Strainer itu sebagai kawat berwujud spiral atau umum diberi nama snare wire yang membentang di bagian bawah dari snare drum dan melekat di head snare drum yang sisi bawah.

Jika pemain memukul sisi head atas dari snare drum, strainer yang ada di bawah akan memberi tanggapan seperti dipukul lagi dari bawah hingga hasilkan suara yang tajam.

Strainer pada snare drum bisa di terlepas atau terpasangkan kembali. Jika striner itu terpasangkan, karena itu bunyi yang dibuat dari snare drum akan kedengar keras. Dan, bila strainer dilepaskan, karena itu suara yang dibuat nanti seperti suara timbales dan tidak keras.

5. Bass drum

Bass drum pada alat musik drum dibuat wujud yang seperti tom-tom. Namun, bass drum memiliki ukuran semakin lebih besar dibanding tom-tom. Sisi ini mempunyai peranan khusus yakni sebagai elemen yang khusus dalam membuat irama.

Disamping itu, bass drum dipakai untuk jaga atau tentukan tempo, hingga bisa disimpulkan jika bass drum benar-benar punya pengaruh pada kestabilan tempo. Bass drum mempunyai peranan untuk fill in, dialek, dan sanggup memberi keteguhan pada permainan syncopation.

Dalam pembentukkan irama yang paling dasar, pemain memberi ketukan pada bass drum di perhitungan yang ke-1 dan perhitungan yang ketiga. Permainan snare drum, hit-hat, dan bass drum yang sesuai akan membuat irama drum yang kompak dan bagus untuk didengarkan. Makin baik permainan bass drum dan suara yang dibuatnya, karena itu makin hidup musiknya dan sanggup memberi energi ke instrumentalis dan penyanyi.

Bass Drum bisa keluarkan suara yang lebih besar, dan keluarkan suara terendah dibanding sisi dari drum yang lain. Kayu yang ada pada bass drum lebih tebal dibanding kayu yang ada pada tom-tom, hingga kayu pada bass drum tersebut yang bisa hasilkan suara lebih kuat atau keras.

Bass Drum mempunyai standard ukuran diameter yakni 22". Ada banyak macam ukuran yang lain dari bass drum, salah satunya 16", 18", 20", 24", dan 26". Pada ukuran 18" dan 20", pemakaian bass drum umumnya untuk permainan dengan tipe musik jazz (swing dan fusion).

Dan, untuk ukuran bass drum 24" dan 26, umumnya dipakai untuk permainan dengan tipe musik rock atau heavy metal. Adapun pengukur ketebalan untuk bass drum, yang salah satunya ada yang memiliki ukuran 14", 15", 16", 17", dan 18". Ukuran dari bass drum yang populer dipakai yakni ukuran 18" x diameter 22".

6. Stick

Stick terhitung di dalam sisi dari alat musik drum yang dipakai untuk alat memukul sisi yang lain yang ada pada drum yakni snare drum, cymbal, dan hit-hat. Stick itu dibuat dari material dasar kayu atau fiber. Stick dibikin sepasang atau terdiri dari 2 buah, yang di mana nanti pemain akan menggenggam satu pada tangan kiri dan satunya kembali akan digenggam pada tangan kanan.

Faktor paling penting di dalam permainan drum agar optimal ialah yakin dan percaya. Karena ada keyakinan dan percaya dalam mainkan drum dari hasil usaha keras yang sudah dilaksanakan, nanti akan hasilkan permainan yang pasti sukses dan sanggup memainkan pada kondisi apapun itu. Yok grameds! Latihlah permainan drum kamu sesuai stylemu. Banyak langkah yang dapat kalian dalami dari gramedia.com dalam mainkan drum.

Begitu ulasan mengenai sisi drum, sesudah membaca artikel berikut sampai usai, apa kamu berminat untuk mainkan drum?



Posting Komentar untuk "Bagian Dari Alat Musik Drum Yang Perlu Kita Ketahui"