Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Bagian Gitar Supaya Gampang Memainkan

Guratanku.com - Di dunia permusikan, gitar sebagai komponen paling penting yang bisa membuat keelokan dan minat untuk pendengarnya. Di penjuru dunia ini telah banyak beberapa orang yang menyenangi bahkan juga mengusai saat bermain gitar. Dari beragam fans gitar dan yang mengusai bermain gitar, kualitas permainan mereka juga tentunya berbeda. Hal itu karena ketidaksamaan tehnik, kekuatan, bahkan juga jam terbang mereka yang berbeda juga.



Supaya capai kelihaian dan kualitas yang optimal saat bermain gitar, dibutuhkan training dan pengetahuan pada gitar itu. Saat sebelum latih diri bermain gitar, pentingnya kita pahami dahulu beberapa bagian yang ada pada alat musik gitar.

Bagian-Bagian Gitar
1. Headstock
2. Machines Heads
3. Nut
4. Neck
5. Fingerboard
6. Frets
7. Strap pin
8. Bodi Side
9. Pickups
10. Bridge Base
11. Position Mark
12. Heel
13. Rosette
14. Sound Hole
15. Sound Board
16. Saddle
17. Strings
18. Pickup Selector switch
19. Output jack


1. Headstock

Pada alat musik gitar, headstock ada di bagian terakhir gitar yakni ada pada leher paling jauh dari tubuh gitar. Headstock berperan untuk tempat mesin untuk menggulungkan senar gitar yang hendak terpasangkan kepala. Dalam penempatan senar itu dibutuhkan ada rekonsilasi kemelut dari string atau senar itu karena nanti akan memengaruhi skema titik suara (pitch) dalam permainan gitar.

Secara umum, tiap segi pada headstock yang simetris ada 3 pemutar dengan tempat pemutar itu mempunyai formasi 3 3. Ada 3 pemutar disamping kanan dan ada 3 pemutar di samping kiri. Tetapi, sebetulnya saat ini masih banyak pula macam lain wujud skema untuk tempatkan penggulung senar pada gitar.

Status headstock bukan hanya terkait dengan macam dari performa gitar tetapi memengaruhi produksi suara yang dibuat juga. Jika status headstock miring ke belakang, senar akan automatis ketekan lebih kuat pada nut, hingga getaran senar akan tersalur dengan prima dari sisi neck sampai ke sisi bodi dan pick-up gitar. Dan untuk status headstock yang sejajar dengan neck bisa menolong menekan senar gitar yang ada pada nut dengan pastikan juga dipasang binding post.

Bermain gitar tentunya akan menggembirakan. Buat kamu pemula yang ingin mainkan gitar, karena itu dapat membaca buku Mengusai Bermain Gitar Untuk Pemula.

2. Machines Heads

Machines Heads pada alat musik gitar biasa disebutkan peg heads atau tuning keys. Machines Heads sebuah panel dalam penggulungan senar dan tempat penataan suara senar pada gitar. Machines Heads atau peg heads atau tuning keys berperan untuk atur kemelut dari senar gitar. Dalam penataan kemelut senar gitar itu akan punya pengaruh pada tinggi atau rendahnya suara dari tiap-tiap senar gitar itu.

Peg mempunyai peranan untuk atur kemelut senar atau untuk alat memutarkan senar itu. Disamping itu, di bagian tuas pengaitnya dipakai untuk tempat menyangkutkan senar yang jika peg diputar, karena itu tuasnya akan berputar-putar. Peg terbagi dalam biji penggulung, gigi atau gear, tangkai sebagai pengunci senar, dan tangkai untuk tempat penggulungan senar gitar.

3. Nut

Nut pada alat musik gitar sebuah benda kecil dengan wujud memanjang yang ditempatkan antara gagang kepala atau headstock dan papan fret pada gitar. Nut itu dipakai sebagai bantalan yang mempunyai peranan sebagai penyangga senar gitar hingga nanti suara yang keluar gitar akan kedengar keras. Tanpa nut pada alat musik gitar itu, nanti suara yang keluar tidak kedengar keras. Nyaris di semua gitar yang terbentuk ada nut-nya.

Secara umum, Nut itu berwujud strip kecil yang dibuat dari tulang, plastik, kuningan, corian, grafit, stainless steel, atau media dengan bahan kertas. Nut itu ditaruh bertepatan dengan headstock untuk penuhi fretboard.

4. Neck

Dalam alat musik gitar, neck digunakan sebagai leher gitar atau disebutkan stang gitar. Neck dipakai untuk tempat melekatnya frets, fretboard, tuners, headstock dan gugusan tongkat gitar.

Dari umumnya pemakaian kayu dalam pembikinan fretboard umumnya memakai kayu yang lain dengan kayu yang dipakai pada bagian leher gitar. Pembikinan leher pada alat musik gitar penting diingat khususnya dalam soal kemelut leher gitar yang sangat punya pengaruh pada skema titik suara. Kemelut yang bagus sanggup membuat suara yang dibuat dalam permainan gitar tetap stabil sepanjang periode saat yang panjang.

Dalam penggulungan senar yang masih tetap tegak di saat gitar tidak dimainkan bisa memengaruhi leher gitar jadi gampang bengkok. Dalam pembikinannya perlu pertimbangkan banyak hal, salah satunya: lebar papan fret, rasio atau jarak antara frets, leher kayu, tipe leher konstruksinya, dan wujud dari sisi belakang leher. Adapun tipe bahan yang dipakai dalam pembikinan leher gitar, yakni: alumunium (Kramer guitar, Travis bean, dan Veleno Guitars), atau mungkin dengan serat karbon (Modulus Guitar dan Three Guitars).

5. Fingerboard

Fingerboard atau fretboard pada alat musik gitar biasa disebutkan tuts piano. Sama dengan namanya, Fingerboard atau fretboard disimpulkan papan jemari. Fingerboard yang disebut papan pencet pada alat musik gitar. Di bagian berikut, pemain akan tempatkan jarinya untuk menekan senar pada fret tertentu, yang di mana fingerboard ditempatkan di bagian di leher gitar.

Fingerboard atau fretboard dibuat dari kayu yang ditanamkan frets logam dan terdiri dari leher gitar. Secara umum fingerboard atau fretboard dibikin dari ebony, maple, atau dibikin berbahan komposit (seperti HPL atau resin). Fingerboard atau fretboard dipakai untuk tempat bertumpunya menjadi pemain saat menekan senar gitar.

6. Frets

Frets sebagai garis yang dari batangan logam dengan bahan dasar nickel alloy atau stainless steel. Frets ditaruh di sejauh fretboard dan ditempatkan pas di point yang hendak membagikan rasio suara. Frets pada alat musik gitar dipakai untuk batasi daerah suara pada papan jemari gitar atau fingerboard di atas leher gitar atau neck.

Disamping itu, frets bisa dipakai sebagai bantalan untuk senar gitar saat didesak. Dari peranan tersebut, bila pemain kerap memakai gitarnya, karena itu adanya kemungkinan permukaan frets pada gitar bisa tergerus atau hancur yang disebabkan dari gesekan di saat gitar dimainkan.

Peletakan frets jadi pemasti untuk kualitas sound gitar saat dimainkan sama pemain. Jika peranan frets telah optimal, karena itu suara yang dibuat dari gitar akan makin jernih. Secara umum, wujud, ukuran, dan jumlah frets akan berbeda ikuti type gitarnya.

7. Strap pin

Strap Pin pada alat musik gitar umumnya dibuat berbahan logam yang ditaruh pada tempat untuk memasang strap atau tali pengikat. Pada Biasanya, khususnya gitar listrik ada dua strap pin. Dan pada gitar akustik yang cuma mempunyai satu strap pin saja pada bagian ujung atau belakang gitar, makan nanti di ujung strap yang lain akan diikatkan di sekitar headstock.

8. Bodi Side

Bodi Side pada alat musik gitar bisa juga disebutkan side-board. Bodi side sebagai papan yang ada pada gitar sisi samping. Secara umum bodi side berwujud melekuk atau seperti terlihat bergelombang. Namun, ada pula bodi side gitar yang berwujud lempeng atau menggelembung.

Pada gitar akustik, tubuh gitar dipakai sebagai ruangan suara yang sanggup perkuat suara yang dibuat dari cuplikan senar gitar. Yang di mana, pada tubuh gitar tersebut, pickups dan volume kontrol dipasang.

9. Pickups

Pickup pada alat musik keyboard umumnya disebutkan spull. Spull itu memang dibuat dengan khusus untuk gitar. Pickup mempunyai pekerjaan untuk merekam gelombang dari signal sonar bunyi lewat getaran senar gitar yang dengan bahan logam saat sedang diambil.

Sisi pickups ini yang ada pada alat musik gitar elektrik sanggup mengganti getaran suara yang dibuat dari senar jadi signal listrik. Signal yang dibuat itu akan dilanjutkan sampai ke amplifier. Pada konsepnya, peranan kerja dari sisi pickups pada alat musik gitar ini hampir serupa dengan peranan kerja mikrofon.

Jenjang kesensitifan pickup dalam merekam gelombang itu tergantung pada type dan bahan, jumlah belitan, di mana pickup itu terpasang, dan komponen simpatisan yang lain.

10. Bridge Base

Dalam alat musik gitar, bridge base sebagai sisi tangkai yang mempunyai wujud seperti nut. Secara umum bridge base pada alat musik gitar warna putih yang dibuat berbahan gading, bahan metal, atau dari fiber.

Bridge Base dipakai untuk dudukan dan penunjang senar gitar hingga bisa jaga jarak di antara senar dan papan pencet gitar. Disamping itu, bridge sendiri berperan untuk menyangkutkan di antara senar gitar dengan bodi gitar. Bridge pada alat musik gitar sangat bervariatif bergantung dari tipe gitarnya.

11. Position Mark

Position mark atau Inlay Papan Fret pada alat musik gitar ialah titik yang ditaruh pada leher gitar atau neck. Position mark mempunyai peranan untuk memberi pertanda dari status fret tertentu yang ada pada leher gitar atau papan pencet gitar. Hal itu mempunyai tujuan supaya memudahkan dalam soal tentukan status pada salah satunya fret.

12. Heel

Heel pada alat musik gitar ada di bawah papan fret. Heel itu ditempelkan kuat dalam tubuh sisi samping gitar. Heel biasa disebutkan tumit gitar karena kelihatan dari memiliki bentuk yang seperti hak sepatu. Heel sebagai sisi yang menghadapkan di antara leher gitar dengan badan gitar.

Dalam alat musik gitar, heel berperan sebagai penyangga dan bisa menarik leher gitar supaya masih tetap ada pada tempatnya supaya tidak meliuk saat ada tegangan dari tarikan senar gitar.

13. Rosette

Rosette sebagai hiasan atau sebagai ornament yang dibuat seperti design mawar. Bentuknya dimulai dari yang simpel sampai yang sulit sekalinya. Wujud dari rosette ialah lingkaran dan ditempatkan pada tepian lubang suara atau sound hole.

14. Sound Hole

Sound Hole atau lubang resonansi pada alat musik gitar sebagai lubang suara berwujud lingkaran. Secara umum, sound hole ada di tubuh gitar akustik. Sound hole mempunyai peranan untuk menyalurkan bunyi dari gitar ke arah tubuh gitar yang dibuat karena ada cuplikan senar gitar.

Disamping itu, Sound hole berperan sebagai pengeras suara yang dibuat dari getaran senar gitar yang masuk ke rongga badan gitar. Pada sekarang ini sound hole atau lubang resonansi bukan hanya berwujud lingkaran, tetapi ada yang berwujud lonjong.

15. Sound Board

Sound Board atau disebutkan dengan face-board sebagai papan suara yang ada pada alat musik gitar. Sound board ada di bagian depan gitar sebagai kotak resonansi dari suara yang dibuat oleh gitar. Sound board mempunyai peranan untuk tutupi rongga gitar supaya getaran suara yang dibuat oleh senar gitar tidak terlepas atau lenyap atau berperan untuk meresonansi suara yang dibuat gitar agar keluarkan suara yang dari cuplikan senar gitar jadi lebih keras dan keras.

Sound board itu mempunyai wujud seperti tabung yang ada ruangan. Jika terjadi kebocoran pada sound board itu akan memengaruhi kejernihan dari suara yang dibuat.

16. Saddle

Saddle pada alat musik gitar sebagai sandaran atau bantalan dari bridge base yang melekat di badan gitar atau ada pada slots bridge. Saddle dipakai untuk menyangkutkan ujung senar gitar, yang di mana senar itu ada di atas sadel lalu didesak dan diikat saat sebelum senar melalui lubang jembatan.

Jika saddle kurang kuat dan tidak kuat meredam tarikan saat senar digulung, maka turunkan kualitas suara saat gitar dimainkan,. Jalan keluarnya ialah memberi pengunci yang nanti ditolongkan ke papan muka gitar sisi dalam. Disamping itu, saddle mempunyai peranan yang hampir serupa dengan nut yakni dipakai supaya suara yang dibuat dari cuplikan senar gitar akan kedengar keras.

17. Strings

String biasa disebutkan senar. Senar yang ada pada alat musik gitar dibuat berbahan logam, polimer, hewan, atau produk dengan bahan tanaman. Pada jaman kekinian ini, umumnya gitar listrik dibuat berbahan baja atau nikel fosfor perunggu sebagai bahan intinya.

Pada intinya, senar yang ada pada alat musik gitar terbagi dalam 6 (enam) buah senar. Tiap senar-senar itu akan hasilkan suara yang berbeda. Tapi, ada juga gitar yang mempunyai senar lebih dari 6 (enam) buah, yakni seperti ada 7 (tujuh) atau 12 (dua belas) buah senar.

Ada 2 (dua) tipe senar yang secara umum kerap digunakan, salah satunya yakni senar string atau senar nilon. Ke-2 nya berlainan, yang di mana senar string mempunyai suara yang dibuatnya semakin lebih jernih dan tajam dibanding senar nilon itu. Meskipun senar string akan hasilkan suara yang semakin lebih jernih dan tajam, tapi senar string semakin lebih nyaman buat dimainkan dan sangat menolong pemain gitar yang pada tahapan pemula.

18. Pickup Selector switch

Pickup selector switch sebagai sakelar yang ada pada alat musik gitar akustik. Sisi ini mempunyai peranan untuk tentukan pickups yang mana yang hendak diaktifkan.

19. Output jack

Pada alat musik gitar, output jack sebagai sisi yang terpasang dimuka atau ada di bawah bodi gitar. Output jack itu mempunyai peranan sebagai lubang masuk keluarnya jack atau colokan jack. Output jack itu sebagai colokan jack dalam mengairi dimulai dari ampli atau sound processor pedal, hingga bunyi yang dibuat akan mengucur dan bisa diperkokoh oleh power lewat speaker.

Keterangan gampangnya, output jack sebagai piranti signal keluar yang penting disambungkan ke piranti amplifier. Hal itu mempunyai tujuan supaya suara pada alat musik gitar elektrik akan kedengar terang. Ada 2 (dua) type output jack pada alat musik gitar, yakni stereo dan mono.

Dari beberapa beberapa bagian yang ada pada alat musik gitar dan perannya yang sudah diterangkan di atas perlu untuk dimengerti lebih dulu. Apabila sudah pahaminya, grameds semakin lebih gampang untuk pelajari nanti. Kalian dapat sekali loh pelajari permainan alat musik gitar secara otodidak sampai mengusai, banyak tentu saja tehnik dan beberapa cara yang dapat kalian mencari lewat buku.

Nach, tersebut keterangan mengenai sisi gitar yang hendak mempermudah kamu bermain gitar. Sesudah membaca artikel berikut sampai usai, mudah-mudahan kamu menjadi lebih semangat saat bermain gitar.

Posting Komentar untuk " Ketahui Bagian Gitar Supaya Gampang Memainkan"