Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skema dan Alat Musik Melodi

Skema Melodi

Biasanya, sebuah lagu tersusun dari beberapa melodi. Beragam melodi itu diatur dari beberapa suara yang sudah dirangkai sebegitu rupa jadi skema melodi yang terancang. Hingga dalam sebuah lagu, kita akan merasakan suara tinggi atau rendah pada beberapa bagian tertentu.



Formasi dan skema melodi pada suatu lagu, otomatis bisa mempengaruhi tipe akor yang digunakan sebagai musik pendamping. Adapun dasar untuk tentukan tipe akor yang dipakai sebagai pendamping:

Akor tonika yang tersusun dari suara 1-3-5.
Akor supertonika yang tersusun dari suara 2-4-6
Akor median yang tersusun dari suara 3-5-7
Akor sub-dominan yang tersusun dari suara 4-6-1
Akor menguasai yang tersusun dari suara 5-7-2
Akor sub-median yang tersusun dari suara 6-1-3
Akor leading-tone yang tersusun dari suara 7-2-4

Skema Birama dalam Musik

Birama sebagai jumlahnya ketukan berulang-ulang dalam tiap batas lagu. Biasanya, birama diperbedakan tiga hal, yakni:

Birama dua mempunyai dua perhitungan
Birama tiga mempunyai tiga perhitungan
Birama empat mempunyai empat perhitungan

Skema birama yang sering diketemukan oleh pembuat lagu ialah skema dua, yakni 2/4 atau 2/2. Adapun interpretasi dari pertanda birama di atas untuk angka 2 pada birama 2/4, misalkan, akan memperlihatkan jumlah ketukan pada sebuah batas birama.

Dalam pada itu, angka 4 mengisyaratkan tipe not yang dipakai pada sebuah ketukan. Pada birama 2/4 di tiap ketukannya memakai not sepertempat.

Contoh Alat Musik Melodi

Berikut beragam tipe alat musik melodi yang kemungkinan tidak asing di dapatkan untuk Grameds:

1. Piano

Piano sebagai alat musik melodi dimainkan dengan tekan tuts warna putih atau hitam. Bunyi yang dibuat piano datang dari alat tersebut atau umum disebutkan dengan alat musik akustik. Tanpa kontribusi listrik, piano dapat hasilkan suaranya sendiri saat didesak.

Tetapi sekarang ini, telah ada beberapa piano elektrik yang memerlukan listrik untuk hasilkan suara atau bunyi. Piano dapat hasilkan suara yang cukup tinggi rendah yang halus. Seorang pemain piano dikenali dengan panggilan pianis. Suara yang dibuat akan makin cantik dengan kombinasi di antara tuts-tuts yang didesak secara bersama.

Piano mempunyai ukurannya yang lumayan besar dan biasanya mempunyai pedal pijak dan kursi untuk duduk pemain piano.

2. Akordion

Ada beberapa nama lain yang umum disebutkan untuk menyebutkan alat musik melodi satu ini. Di Indonesia sendiri, umum diketahui dengan akordeon atau akordion. Akordeon sebagai alat musik semacam organ yang memiliki bentuk lebih kecil. Akordion dimainkan dengan digantungkan atau didukung di tubuh bertambah beratnya yang tidak enteng.

Alat musik ini dimainkan dengan tekan beberapa tombol ‘akor' dengan memakai jari-jari tangan kiri, dan yang tangan yang kanan mainkan melodi untuk menemani lagu. Suara yang dibuat dari alat musik akordeon datang dari gerakan udara yang diteruskan ke ‘lidah-lidah' akordeon. Udara ini muncul dari pergerakan tangan si pemain (dorongan dan tarikan).

3. Harmonika

Harmonika ialah terhitung dalam alat musik melodi dimainkan dengan disedot dan membuka ditiup. Karena suara harmonika dibuat dari tarikan dan embusan napas mulut yang memainkan.

Harmonika dimainkan dengan digenggam dengan ke-2  telapak tangan. Urutan ke-2 ibu jemari diposisikan pada bagian tubuh harmonika, dan dua jemari telunjuk ada di atas harmonika.

Langkah mengisapnya harus juga ada pas di lubang yang telah ditetapkan. Contoh langkah memainkan ialah suara do dengan mengembuskan napas, suara re dengan menarik napas, suara mi dengan mengembuskan napas, suara fa dengan menarik napas dan sebagainya.

4. Pianika

Pianika mempunyai tuts hitam dan putih, hampir serupa seperti piano. Namun alat musik melodi satu ini mempunyai jumlah tuts yang semakin sedikit dan dimainkan dengan ditiup.

Pianika dimainkan dengan tiup lubang angin sekalian tekan tuts warna hitam dan putih untuk hasilkan suara atau suara. Untuk yang mainkan pianika harus berkekuatan tiupan napas dan keakuratan saat ambil napas, tiup dan tekan tutsnya.

5. Gitar

Gitar sebagai alat musik melodi yang terpopuler dan seringkali ditemui. Alat musik melodis ini dimainkan dengan diambil. Gitar benar-benar fleksibel dan pas untuk membawa lagu dengan sebagian besar jenis.

Gitar dapat dimainkan dengan ambil sikap duduk atau berdiri bergantung kenyamanan dan kondisi. Seorang yang mainkan gitar umum diketahui dengan istilah gitaris. Dalam mainkan gitar, banyak tehnik yang dapat kamu pakai dan tentu saja tidak gampang untuk dilaksanakan karena perlu waktu sampai sekian tahun untuk dapat kuasai permainan gitar.

6. Biola

Biola ialah alat musik melodi senar dimainkan dengan digesek memakai alat gesek yang dibikin berbahan sintetis atau dapat dari rambut kuda asli.

Biola sendiri mempunyai empat senar (G-D-A-E) yang disetel berlainan keduanya dengan jeda prima ke-5. Suara yang terendah ialah G. Biola dikenal juga dengan panggilan violin atau viola.

Nach, tersebut keterangan mengenai melodi, dimulai dari pemahaman sampai contoh alat musiknya. Dari semua ulasan di atas bisa disebutkan jika melodi ialah formasi suara yang umum dipakai dalam bermusik. Mudah-mudahan artikel ini dapat menambahkan wacana pembaca berkenaan melodi.

.


Posting Komentar untuk "Skema dan Alat Musik Melodi"