Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Jenis dan Contoh Musik Ansambel

Guratanku.com -  tahukah kamu mengenai musik ansambel? Atau, seringkah kamu menyaksikan dan dengar satu group yang mainkan musik semacam atau mungkin tidak semacam, dan memperdengarkan alunan yang demikian cantik sama sesuai jenisnya?

Keanekaragaman musik ansambel di penjuru dunia sangat tidak dapat terlukiskan dan luas. Tetapi, prinsip-prinsipnya berlaku hampir di tiap tempat. Misalkan, musik untuk luar ruang kerap kali memiliki sifat resmi dan banyak mengikutsertakan pemakaian alat musik tiup dan drum.

Atau, musik di dalam ruang yang umumnya diperuntukkan untuk pendengar pasif, umumnya mengutamakan instrument tenang seperti seruling dan senar yang ditiup dan diambil.

Pemahaman Musik Ansambel

Musik ansambel, yang dikenal juga sebagai group musik, adalah satu kelompok pemain musik instrumental atau vocal bernama ansambel yang berbeda. Satu kelompok orang ini tampilkan formasi musik tertentu secara bersama. Ada bermacam ansambel berdasar tipe instrument, tipe musik, sampai jumlah musikus yang tampil.

Beberapa musik ansambel hanya terdiri dari instrument, seperti orkestra atau kuartet jazz. Tetapi, beberapa yang lain terbagi dalam vokalis, seperti group doo pop atau gabungan suara. Ada juga ansambel saat instrumentalis dan vokalis tampil dalam musik classic dan musik terkenal, misalnya band rock.

Dalam musik classic juga, trio atau kuartet memadankan suara alat musik dalam barisan instrument yang serupa, misalkan ansambel tiup atau ansambel gesek. Tetapi, beberapa ansambel memadankan suara dari beragam tipe instrument, misalkan orkestra yang memakai instrument kuningan, sisi string, perkusi dan alat musik tiup kayu. Contoh yang lain adalah band konser yang menggunakan alat musik tiup, tiup kayu, dan perkusi.
Adapun dalam kombo jazz atau ansambel, instrument yang biasanya tercakup adalah instrument angin, beberapa instrument "comping" akord, bass, dan perkusi atau drum.

Tipe dan Contoh Musik Ansambel

musik ansambel ialah

Wujud penyuguhan musik ansambel memakai alat musik semacam sebagai pemahaman lain dari musik ansambel. Umumnya, alat musik yang dipakai berbentuk alat musik melodis atau ritmis, seperti trumpet, gitar, pianika, rekorder, atau beberapa alat lain seperti, tamborin, drum, dan yang lain.

Berikut keterangan berkaitan tipe ansambel dan contohlnya.

Ansambel Semacam

Ansambel gitar, yang mana seluruh pemain ansambelnya menggunakan gitar.
Ansambel rekorder, maknanya seluruh pemain yang menyuguhkan ansambel itu memakai alat musik rekorder.

Dengan begitu, ada beberapa jenis dari ansambel semacam. Berikut penuturannya:

1. Ansambel Perkusi

Adalah ansambel yang pemainnya memakai beberapa alat musik yang terhitung perkusi. Di Indonesia tertentu, ada lumayan banyak ansambel perkusi, seperti rebana, rampak gendang, marching band, drumband, gendang, dan lain-lain.

2. Ansambel Gesek

Ansambel gesek sebagai ansambel dengan satu kelompok alat musik gesek. Misalkan, biola, violin, contra bass, dan cello. Cello sendiri diambil dari kata violoncello. Alat ini ialah sisi dari alat musik biola.

Cellis adalah panggilan untuk orang yang mainkan cello. Suara alat musik ini istimewa karena suaranya rendah. Ukuran sendiri semakin besar dari violin atau biola, tapi masih tetap lebih kecil dibanding bass.

Alat ini dimainkan dalam status berdiri dengan ke-2  kaki pemain yang sedang duduk ditegakkan pada sepotong metal namanya endpin.

3. Ansambel Tiup

Ansambel ini ialah di mana semua instrument musiknya terbagi dalam alat musik tiup. Misalkan, ansambel tiup yang seutuhnya memakai flute, rekorder, trumpet, trombon, saksofon, oboe, klarinet, sampai french horn.

Berikut bukti menarik mengenai ansambel tiup:

French horn terhitung dalam alat musik tiup logam. Alat musik ini biasa dimainkan dalam orkestra atau ansambel musik classic.
Seorang harus punyai napas yang panjang dan kuat bila ingin dapat bermain klarinet.
Klarinet terhitung alat musik tiup. Namanya diambil dari kata clarino dengan bahasa Italia yang maknanya "trumpet", dengan saluran -et yang maknanya "kecil".

4. Kuartet Gesek

Ada barisan yang termasuk terkenal dalam ansambel gesek, yaitu kuartet gesek. Ini mengarah di suatu barisan yang terdiri dari 2 biola, satu violin, dan satu cello.
Ansambel Kombinasi

Penyuguhan musik ansambel memakai beberapa atau beragam jenis tipe alat adalah ansambel kombinasi. Contoh alat musik yang dipakai adalah biola, violin, cello, simbal, dan contra bass. Pada ansambel ini, ada alat yang berperanan sebagai serasi atau melodis, dan ritmis.

Adapun alat musik harmonisnya dapat hasilkan suara dan dimainkan sebagai pendamping dalam gabungan suara yang disebutkan akord. Alat musik serasi ini bisa juga dimainkan untuk menemani permainan alat musik lain dalam orkestra.

Ruang Lingkup

Ansambel dapat dipisah berdasar lingkup kecil-besarnya menurut jumlah pemain yang berperan serta dalam performa ansambel itu. Grameds, baca penuturannya, yok!
Ansambel Kecil

Sebagai satu kelompok musikus yang terdiri dari dua sampai delapan. Ansambel kecil ini adalah formasi khusus yang terkait dengan tentukan set alat musik yang akan dipakai.

Berikut tipe yang terhitung dalam ansambel kecil:

  • Duet. Terdiri dari dua musikus atau formasi yang tampil bersama atau mungkin ditujukan buat dimainkan oleh dua musikus, baik pada instrument yang lain atau sama. Misalkan, duet piano atau piano untuk empat tangan.
  • Trio. Tiga musikus yang tampil bertepatan dengan potongan musik ditujukan buat dimainkan oleh tiga musikus atau potongan musik ditujukan untuk tiga instrument. Misalkan, trio string terbagi dalam cello, biola, dan violin.
  • Kuartet. Empat musikus yang tampil bersama atau mungkin formasi yang ditujukan buat dimainkan oleh empat musikus, atau formasi untuk empat instrument. Misalnya, kuartet gesek yang terdiri dari 1 cello, satu violin, dan dua biola.
  • Quintet. Sebagai lima musikus yang tampil bersama dengan kreasi musik yang ditujukan buat dimainkan oleh lima musikus atau kreasi musik yang meliputi lima instrument. Misalkan, Piano Quintet Schubert dalam A mayor terbagi dalam piano, bass, cello, biola, dan violin.
  • Sextet. Enam musikus tampil bersama, dengan formasi yang ditujukan buat dimainkan oleh enam musikus atau formasi untuk enam instrument. Sebagai contoh, string sextet terdiri dari 2 cello, dua biola, dan dua violin.
  • Septet. Adalah yang terdiri dari 7 musikus, atau sepotong musik ditujukan buat dimainkan oleh tujuh musisi; atau sepotong musik untuk tujuh instrument. Misalkan, Septet Beethoven di E-Flat Major, Op. 20 terbagi dalam bassoon, cello, klarinet, ganda bass, horn, biola, dan violin.
  • Oktet. Sebagai ansambel yang terdiri dari 8 musikus, dan juga bisa mengarah pada formasi yang ditujukan buat dimainkan oleh delapan musikus atau formasi untuk delapan instrument. Octet for Strings in E flat major, Op. 20 punya Mendelssohn awalannya terhitung dua cello, empat biola, dan dua biola adalah salah satunya misalnya.

Ansambel Besar

Dikatakan sebagai ansambel besar karena terbagi dalam barisan musikus yang semakin besar, bahkan juga dapat sekitar beberapa puluh sampai beberapa ribu pemain.

Berikut contoh yang terhitung dalam ansambel besar:

Chamber Orchestra — Musik kamar (chamber orchestra) ialah tipe musik classic, dan tipe ini merujuk pada optimal 40 orang musikus yang umumnya mainkan formasi tertentu. Instrument yang dipakai, biasanya terhitung alat musik tiup (seruling, oboe, klarinet, bassoon, terompet), alat musik gesek (biola, violin, cello, viol bass), drum, dan keyboard. Quintet in B minor ialah contoh sisi chamber yang dicatat oleh Johannes Brahms.

Symphony Orchestra dan Philharmonic Orchestra — Simfoni ialah kreasi besar yang mempunyai tiga atau empat pergerakan. Musikus yang memainkan dikenali sebagai orkestra simfoni atau orkestra philharmonic. Adapun orkestra simfoni dapat mempunyai minimal 10 anggota.

Orkestra philharmonic bisa banyak. Instrument dimainkan lebih kurang terhitung ansambel angin (seruling dan piccolo, oboe, klarinet, English horn, bassoon, terompet, sundul, trombon, dan tuba), string (biola, violin, cello, bass viol) dan perkusi opsional, harpa, keyboard, dan saksofon.

Concert Band — Band konser datang dalam beberapa wujud yang lain. Saat dilaksanakan dengan konduktor pada tempat tertentu, disebutkan band konser. Tetapi, bila pemusiknya berdiri dipegang oleh mayor drum, itu disebutkan marching band.

Instrument ciri khas yang digunakan, terhitung ansambel angin (seruling, piccolo, oboe, klarinet - alto, bass dan kontrabas, English horn, bassoon, saksofon - alto, tenor, bariton dan bass, cornet, terompet, horn, trombon dan trombon bass, tuba, dan euphonium), perkusi, dan timpani. Juga bisa dan harpa opsional, keyboard, bass, dan cello.

Jazz Band — Band jazz sebagai tipe band yang biasanya terdiri dari sisi irama (gitar, tuba, drum, piano) dan sisi melodi (semua tipe saksofon, trumpet, dan trombon).
 

Dari Sumber Bunyi

Belum usai, musik ansambel bisa juga dipisah berdasar sumber bunyinya. Berikut beberapa daftarnya:

Kordofon, sebagai tipe alat musik yang mengambil sumber bunyi dari senar, tali, atau dawai. Misalkan, biola, gitar, dan sasando.
Elektrofon, adalah tipe beberapa alat musik yang asal sumber bunyinya adalah listrik. Misalkan, gitar listrik.
Akrofon, ialah tipe alat musik yang mengambil sumber bunyi dari getaran udara atau udara disekelilingnya, seperti trumpet atau pianika.
Membranofon, sebagai tipe alat musik yang sumber bunyinya datang dari membran yang melapis segi alat musik seperti kulit hewan atau plastik. Misalkan, gendang dan drum.
Idiofon, adalah alat musik yang mengambil sumber bunyi dari alat musik tersebut. Sebagai contoh, angklung dan gong.

Tipe Musik Ansambel di Sekolah Amerika

Readers, sesudah semakin mengenali musik ansambel, silahkan kita mengenali salah satunya praktek tipe musik ansambel di dunia, misalnya, di Amerika. Berikut tipe-jenisnya!
Concert Band (Instrument Angin)

Salah satunya tipe ansambel musik atau band di beberapa sekolah Amerika adalah band konser. Seperti keterangan awalnya, band ini terbagi dalam perkusi dan beberapa komponen instrumental yang lain. Dalam tipe ini, dengan detil, sisi perkusi berdiri ada di belakang.

Dalam konser itu juga, permainan beragam alat musik dilaksanakan untuk memperlihatkan ketrampilan pelajar. Mereka kemungkinan punyai dua band konser berdasar tingkat ketrampilan bila sekolah mempunyai jumlah pelajar yang cukup. Jenjang itu juga ditetapkan lewat audisi.
Small Ensemble (Angin/Dawai)

Kelompok ini benar-benar luas dan meliputi beragam tipe barisan, dimulai dari gabungan suara kuningan, seruling, sampai ansambel perkusi dan kuartet gesek. Ada juga musik khusus yang dicatat untuk tiap tipe group, dan beberapa musikus bisa pilih style musik apa yang ingin mereka permainkan. Banyak juga ansambel bermain tanpa konduktor.
Pit Orchestra (Angin/Dawai)

Ansambel ini mainkan musik latar untuk musikal dan dinamakan begitu dari performa mereka yang tempatnya di luar pentas (kadang, mereka bahkan juga bermain dari bawah pentas!).

Mereka umumnya sejumlah benar-benar kecil, dan banyak musikus mainkan beberapa instrument untuk tutupi semua sisi.
Jazz Band (Semua)

Sementara band jazz dan band konser umumnya cuma bermain untuk konser atau persaingan, band jazz condong memiliki ukuran  lebih kecil dan khususnya mainkan musik jazz atau swing. Instrument khusus dalam band ini ialah terompet, trombon, saksofon, klarinet, gitar, bass, perkusi, vocal, dan piano.

Marching Band (Angin)

Atraksi untuk group ini kelihatan sedikit berlainan karena mereka semuanya ada di luar! Ansambel itu terdiri dari tiga kelompok khusus:

1. Games Sepak Bola

Sepanjang musim luruh, permainan sepak bola ialah konsentrasi khusus dari ansambel, karena mereka harus mengingat musik dan kegiatan rutin untuk atraksi mereka. Sepanjang laga, band akan mainkan musik terkenal dan beberapa lagu yang lain berkaitan dengan team.

Misalkan, di laga sepak bola Kampus Pennsylvania, band ini selalu mainkan lagu "Sweet Caroline" oleh Neil Diamond. Banyak band sekolah menengah akan lakukan atraksi teratur di persaingan, di mana juri mengomentari atraksi mereka dan menghargai band yang meraih kemenangan dengan banner atau piala.

2. Parade

Untuk parade, band akan mengingatkan kreasi yang sesuai topik atau argumen parade dan berbaris dengan kendaraan hias yang lain. Banyak kota kecil mempunyai parade Natal dan Memorial Day, sementara beberapa lainnya punyai parade untuk Halloween, St. Patrick's Day, atau Thanksgiving.

Salah satunya parade terpopuler di Amerika Serikat ialah Parade Hari Thanksgiving Macy.

3. Acara Komune

Marching band kadang disuruh untuk tampil di beberapa acara di komune, seperti festival seni pementasan atau mainkan "Star Spangled Spanduk" untuk upacara penghormatan beberapa veteran.

Pep Band (Angin)

Acara khusus yang sudah dilakukan berkaitan band-band ini ialah laga basket. Karena bermainnya ada dalam ruangan, bandnya juga lebih kecil. Seperti marching band juga, mereka mainkan beberapa lagu pop untuk selalu semangat sepanjang laga.
Kelompok-kelompok ini khususnya diketemukan di sekolah menengah dan perguruan tinggi besar, tapi tidak berperan serta dalam persaingan.
Orchestra (Dawai)

Orkestra memungkinkannya musikus string untuk tampil, umumnya di atas pentas. Mayoritas sekolah mempunyai orkestra komplet, yang mempunyai empat instrument senar dan sisi kecil alat musik tiup dan perkusi.

Ada pula persaingan untuk berkompetisi. Beberapa sekolah melangsungkan ‘Pops Concert' khusus, di mana ansambel mainkan musik terkenal, umumnya dari film atau terpusat disekitaran topik.
Gabungan Suara (Suara)

Seperti orkestra, gabungan suara khususnya tampil di atas pentas dan beberapa sekolah berperan serta dalam persaingan. Mayoritas group mempunyai track latar atau pendamping piano untuk musik latar, sedikit yang mempunyai musik live dari orkestra atau gabungan suara ada berada di belakangnya.

Di saat Natal, beberapa sekolah tampilkan lagu (seperti "O Holy Night" ) cukup dengan ditemani sinar lilin.

Show Choir/A Cappella (Suara)

Group a cappella cuma tampil dengan suara mereka (tanpa musik latar) dan seringkali diketemukan di perguruan tinggi dibanding sekolah menengah. Banyak dari mereka berperan serta dalam persaingan.

Gabungan suara kemungkinan menyanyikan beberapa lagu acapella, tapi mereka dikenali dengan koreografi tarian untuk beberapa lagu mereka.

Ringkasan

Sangat bagus, bukan, mengenali musik ansambel lebih dalam? Gramedia sediakan banyak buku berkaitan musik dan belajar musik sejak awal kali. Kamu bisa secara mudah membeli lewat website online kami Gramedia.com supaya mempunyai info #LebihDenganMembaca.




Posting Komentar untuk "Pengertian, Jenis dan Contoh Musik Ansambel"