Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Musik Populer Indonesia yang Mendunia

Semuanya orang di bumi ini benar-benar menyenangi musik. Ini sebagai selingan yang baik untuk sesuaikan situasi hati dan untuk mengusung semangat Anda. Walau perubahan alat musik sekarang ini makin maju, alat musik tradisionil tidak musnah dan ada banyak disukai. Selain keunikannya, karena suaranya yang unik.



Indonesia adalah negara yang populer dengan kearifan seni dan budayanya. Kesenian Indonesia sendiri banyak memiliki macam, satu diantaranya ialah seni musik tradisionil Indonesia. Indonesia mempunyai macam alat musik tradisionil dari Sabang (ujung barat Indonesia) sampai Merauke (ujung timur Indonesia). Kekayaan budaya Indonesia yang bermacam yang dipunyai Indonesia, satu diantaranya ialah seni musik tradisionil yang mempunyai kekhasan tertentu. Walau mempunyai karakter tradisionil, tetapi dalam perubahannya beberapa macam musik ini cukup dikenali di luar negeri. Bahkan juga sekarang ini, telah ada beberapa grup seni musik tradisionil yang dari luar negeri. Beberapa seni musik tradisionil yang telah populer dan go-international ialah gamelan, angklung, kolintang, dan sasando.

Memang sebagian dari alat musik tradisionil itu sudah dikenali dunia. Berikut beberapa alat musik terkenal Indonesia.

1. Angklung

Angklung sebuah alat musik tradisionil yang dari Jawa Barat. Dibuat dari bilah bambu yang diatur sebegitu rupa, hingga saat digetarkan atau digoncang akan hasilkan suara yang demikian merdu dan unik. Angklung harus dimainkan oleh beberapa orang agar hasilkan suara yang cantik, karena satu angklung sebagai wakil satu tangga suara. joker388

Bukan hanya dihargai oleh masyarakat Indonesia, angklung sudah membuat beberapa wisatawan asing jatuh cinta karena kekhasan dan keelokan suaranya. Banyak pada mereka yang tiba ke Indonesia dan coba belajar alat musik angklung tradisionil. Tidaklah aneh jika UNESCO selanjutnya mengaku angklung sebagai Peninggalan Budaya Dunia dalam Representative Daftar of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Di tahun 2011 alat musik angklung kembali mencatatkan prestasi internasional. Guinness Book of World Records sudah mencatat rekor dunia untuk serasi instrument angklung. Perolehan ini mengikutsertakan lebih kurang lima ribu peserta dari beragam negara di dunia yang bermain angklung bersama di Washington, Amerika Serikat. Waktu itu mereka membawa lagu "We Are The World" oleh Michael Jackson.

2. Gamelan

Gamelan sebagai kombinasi dari alat musik yang menunjukkan gambang, metalofon, gendang dan gong. Irama musik gamelan halus dan unik. Sama dengan alat musik angklung, gamelan harus juga dimainkan bersama dalam sebuah formasi musik. Kebersama-samaan dalam mainkan gamelan menggambarkan serasi dan kerjasama.

Luar biasanya, beberapa negara di dunia masukkan gamelan Indonesia dalam kurikulum pengajarannya. Beberapa universitas terkenal dunia bahkan juga jadikan gamelan sebagai mata kuliah yang harus dipatuhi mahasiswa. Misalkan UCLA, University of Minesota dan University of Michigan di Amerika Serikat. Selanjutnya di Inggris, ada Cambridge University dan University of Manchester. Dan di Singapura, gamelan diaplikasikan sebagai mata pelajaran pada tingkat SD, SMP dan SMA.

3. Sasando

Sasando sebagai alat musik petik dimainkan dengan petik, hasilkan melodi musik yang cantik dan romantis. Sasando datang dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasando mempunyai wujud yang cukup unik seperti cangkang dengan bambu di tengah-tengahnya. Sasando hasilkan suara yang serupa dengan gitar, biola, harpa, dan alat musik petik yang lain.

Alat musik sasando ini ditampilkan oleh Djitron Koriyon Pah asal dari Indonesia pada gelaran Asia's Got Talenta 2015, sampai pada akhirnya performa membawakannya Djitron dan keluarganya keliling dunia. Djitron sudah menelusuri tiga benua sekalian pelan-pelan mengenalkan alat musik tradisionil Indonesia ke panggung dunia. Djitron sudah bawa sasandonya ke Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Belanda, Italia, Finlandia, Jerman dan Taiwan.

4. Tifa

Tifa datang dari Indonesia sisi timur (Papua dan Maluku). Tifa dibuat dari kayu, seperti tabung, dan dimainkan dengan dipukul di atas. Alat musik ini umumnya dimainkan di saat upacara tradisi dan atraksi musik, dan tarian tradisionil. Tifa sebagai salah satunya tipe alat musik yang cuma mempunyai satu suara, hingga Tifa menjadi suara khusus dan menjadi pengontrol irama saat dimainkan dengan alat musik lain.

Alat musik Tifa di Papua dan Maluku mempunyai wujud yang berbeda. Di Papua sisi tengah tifa lebih meliuk dan mempunyai pegangan di sisi tengah. Tifa di Maluku berwujud tabung dan tidak ada gagang. Tifa terdiri dari beberapa macam, yakni Jekir, Potong, Dasar dan Bass. Pembagian beberapa jenis itu diperbedakan dari warna bunyinya, hingga saat dimainkan bersama harus disamakan dengan warna bunyi dan perannya masing-masing.

5. Kolintang

Kolintang atau Kulintang ialah alat musik yang dari Sulawesi Utara. Kolintang dibuat dari kayu yang diatur dan dimainkan dengan dihantamkan ke atas kayu. Itu telah ada semenjak jaman dulu dipakai warga untuk menemani ritus tradisi yang terkait dengan roh nenek moyang. Kolintang terkenal dalam masyarakat Minahasa dan kerap dimainkan dalam acara tari dan musik tradisionil.





Posting Komentar untuk "Alat Musik Populer Indonesia yang Mendunia"