Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Cara Mengatasi Laptop Lemot Window 10 dan Window 7

Pengggunaan laptop untuk beberapa keperluan  Kinerja  laptop lambat alias lemot sempurna saja sangat menggangu, terlebih bagi Kalian  yg  memakai  laptop  untuk  beberapa  keperluan  penting.  Laptop yg lemot mampu membikin beberapa pekerjaan menjadi terganggu serta produktivitas mampu menurun. Di ketika pandemi semacam  ketika  ini  yg  hampir  seluruh  aktivitas  dilakukan  memakai  sistem  online, membikin kebutuhan laptop yg  cepat  sangat diperlukan. Untuk kalian yg merasa mempunyai laptop yg lemot, berikuti ini beberapa tutorial menanggulangi  laptop lemot dengan mudah. Apa Penyebab Laptop Lemot? Sebelum mengulas lebih jauh tentang tutorial  yg  mampu  dipakai untuk menanggulangi laptop lemot, tidak ada salahnya apabila kita mengulas terlebih  dahulu  penyebab  laptop  lemot  yg  biasa ditemui. Mungkin saja salah satu penyebab berikut ini juga ditemukan pada laptop anda. 

1. Kinerja perangkat terlalu berat alasannya artinya banyaknya software yg berjalan serta otomatis aktif ketika laptop dinyalakan. 

2. Hard disk yg dipakai pada laptop tersebut telah terlalu tua, jadi proses read and write menjadi lebih lama. 

3. Kapasitas hard disk yg dipakai telah penuh jadi kinerjanya menjadi berat. 

4. Usia laptop telah tua. 

5. Bagian dalam laptop jarang dibersihkan. 

6. Adanya acara berat yg menyebabkan processor tidak kuat. 

Itulah enam alasannya artinya laptop menjadi lemot. Jika merasa laptop Kalian lemot, betapa baiknya sebelum mencari tutorial menanggulangi laptop lemot, kenali terlebih dahulu penyebab laptop tersebut menjadi lemot, dengan demikian Kalian mampu menanggulangi permasalahan tersebut dengan tepat.


 



Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot

Untuk menanggulangi persoalan laptop yg lemot, ada beberapa tutorial yg mampu dilakukan. Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

Hapus Sampah di Recycle Bin

File yg telah dihapus biasanya akan masuk ke recycle bin serta ini mampu memperlambat kinerja laptop. Kosongnya recycle bin dengan menghilangkan semua sampah-sampah sementara tersebut.

Copot software yg tidak  diharapkan 

Aplikasi yg terlalu tidak sedikit juga mampu menjadi salah satu penyebab kinerja dari laptop menurun serta laptop menjadi lemot. Cara menanggulangi laptop yg lemot mampu dengan menghilangkan software yg tidak Kalian butuhkan. Aplikasi yg kita instal biasanya akan dengan cara otomatis tersimpan di drive C. apabila drive tersebut penuh, jadi akan mengurangi kemampuan dari laptop tersebut. Untuk itu, Kalian butuh memastikan software yg terinstal di laptop hanya yg terbukti dibutuhkan. Selain mengurangi jumlah software yg ada, Kalian juga mampu memeriksa apakah ada software yg tidak sengaja terinstal, alasannya artinya untuk beberapa permasalahan terkadang tidak sedikit pemakai laptop yg tidak menyadari telah mendownload software tertentu. Lebih baik gunakan software secukupnya serta sisa memory yg ada dipakai untuk menyimpan file lain yg lebih penting.  

Pasang antivirus 

Untuk beberapa kejadian terkadang laptop menjadi lemot alasannya artinya ada virus yg tidak sengaja terbawa ketika transfer file alias ketika mendownload sesuatu. Maka dari itu keberadaan antivirus menjadi faktor yg sangat penting. Selain menjaga laptop supaya tidak terkena virus juga mampu dipakai sebagai tutorial menanggulangi laptop lemot. Saat hendak memasang antivirus, sebaiknya Kalian memastikan software antivirus tersebut benar-benar manjur untuk menangkal beberapa virus di laptop. Sangat disarankan untuk memakai software yg legal, tidak hanya lebih aman, efektifitasnya juga lebih tinggi. Selalu update database antivirus dengan cara berkala. Sebab mampu jadi setiap harinya akan ada virus baru yg menyerang laptop. Antivirus akan mendeteksi adanya virus jadi mampu menghindarkan.

Gunakan software sesuai dengan spesifikasi laptop 

Penting sekali untuk mengenal spesifikasi dari laptop yg kita gunakan. Sebab dengan demikian, kita jadi lebih memahami software mana yg tepat untuk laptop tersebut serta software apa saja yg sebaiknya jangan di instal pada laptop tersebut. Aplikasi yg terinstal di laptop sebaiknya sesuai dengan spesifikasi dari laptop tersebut. Hal ini menjadi salah satu tutorial menanggulangi laptop lemot, alasannya artinya software yg spesifikasinya berbeda alias lebih besar dari spesifikasi laptop, biasa membikin laptop menjadi lemot. Jika Kalian terbukti sangat memperlukan software tersebut, melainkan spesifikasi tidak sesuai dengan laptop yg kalian gunakan, solusinya Kalian mampu mencari software serupa yg spesifikasinya lebih rendah. Dengan demikian, kinerja laptop Kalian menjadi tidak terganggu. 

Tambah Kapasitas RAM dan Hardisk

Penyebab umum laptop lemot artinya kapasitas RAM yg terlalu kecil. RAM alias Random Acces Memory artinya perangkat keras (hardware) yg terpasang di laptop sebagai kawasan penyimpanan sementara. Jika kapasitas RAM kecil, sedangkan file-file yg tersimpan di laptop tersebut banyak, jadi laptop mampu menjadi lemot. Untuk itu tutorial menanggulangi laptop yg lemot berikutnya yaitu dengan meningkatkan RAM. Menambah RAM terbukti memperlukan anggaran yg lumayan besar. Namun, apabila terbukti butuh, tidak ada salahnya untuk melakukan faktor tersebut. Saat hendak meningkatkan kapasitas RAM, pastikan juga spesifikasi RAM tersebut sesuai dengan laptop yg kalian gunakan serta sesuai juga dengan software yg terpasang pada laptop tersebut. Kapasitas harddisk juga butuh ditambah. Harga harddisk terbukti terbilang mahal, apabila ingin yg lebih terjangkau mampu memilih SSD sebagai alternatif.

Reset Windows 

Cara menanggulangi laptop lemot selanjutnya yakni dengan melakukan reset Windows pada laptop yg kalian gunakan. Laptop yg telah tua akan mensugesti kerja dari sistem operasi terutama Windows. Hal tersebut menyebabkan Windows tidak jarang eror serta laptop menjadi lebih lemot. Sebelum melakukan reset Kalian wajib mencadangkan (back up) terlebih dahulu seluruh file serta data yg ada di laptop Anda. 

Jangan Menjalankan Program yg Berat

Setiap laptop mempunyai kemampuan serta kapasitas yg berbeda. Jangan menjalankan acara yg tidak mampu ditopang oleh laptop yg spesifikasinya tidak memungkinkan.

Custom Virtual Memory

Virtual memory mampu menolong meningkatkan kinerja laptop, walau perannya tidak sebesar RAM. Caranya mengatur besar virtual memory dengan masuk ke Control Panel-System and Security-System, kemudian pilih Advanced system setting.

Gunakan thermal paste di prosesor 

Thermal paste dipakai untuk memastikan suhu dalam laptop tetap terjaga ketika pemakaian. Thermal paste inilah yg aan mendinginkan suhu pada prosesor. Bisa saja laptop yg lemot dikarenakan oleh suhu di prosesor yg terlalu panas jadi kinerja dari laptop menjadi menurun. Gunakan cooling pad Cooling pad juga mampu kalian gunakan sebagai tutorial menanggulangi laptop yg lemot. Alat ini mampu menjaga laptop tetap dalam suhu yg stabil serta tidak terlalu panas. Suhu yg terlalu panas mampu membikin laptop menjadi lemot. Cooling pad ini biasanya dipasang di bawah laptop ketika Kalian menggunakannya. 

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 

Windows 10 menjadi sistem operasi yg paling baru di keluarkan oleh Microsoft. Meskipun baru, sistem operasi (OS) ini telah tidak sedikit yg menggunakan. Untuk kalian yg memasang windows 10 melainkan laptop yg kalian gunakan menjadi lemot, ada beberapa tutorial menanggulangi laptop lemot windows 10 dengan mudah. 

Hapus software yg tidak dibutuhkan 

Di Windows 10 tidak sedikit menyimpan software juga mampu menyebabkan laptop menjadi lemot. Untuk itu, Kalian mampu menghilangkan software yg tidak diharapkan supaya laptop kembali normal. Program yg terlalu tidak sedikit membikin laptop menjadi terbebani serta kinerjanya pun menjadi menurun. 

Hapus cache yang Tidak Perlu

Bukan hanya di hp, cache juga ditemui di laptop sekalipun perangkat tersebut telah memakai versi Windows terbaru. Cara menanggulangi laptop lemot dengan menghilangkan cache mampu dilakukan dengan membuka "file manager" kemudian klik kanan pada ikon hard disk. Setelah itu, Kalian mampu pilih properties serta klik tab general. Kemudian klik "disk celan up" untuk membersihkan cache di laptop tersebut. 

Pilih daya tinggi 

Salah satu fitur hebat yg dimiliki Windows 10 artinya mampu menentukan daya laptop. Daya laptop inilah yg mampu mengatur kinerja dari laptop tersebut. Maka dari itu, mengatur daya serta memilih daya tinggi alias high performance menjadi salah satu tutorial menanggulangi laptop lemot windows 10 yg mampu kalian coba. 

Matikan software yg berjalan ketika startup 

Laptop dengan sistem Windows 10 biasanya mempunyai beberapa software yg akan berjalan otomatis ketika laptop dinyalakan. Jika terlalu tidak sedikit software yg aktif ketika startup, mampu menyebabkan laptop menjadi lemot. Untuk menanggulangi faktor tersebut, Kalian mampu mematikan beberapa software yg biasanya berjalan ketika laptop baru dihidupkan. Cara menanggulangi laptop lemot dengan mematikan software tertentu Kalian mampu membuka "task manager" kemudian pilih "startup". Lihat software apa saja yg berjalan ketika laptop baru di nyalakan. Kalian mampu pribadi merubah pengaturan tersebut supaya ketika laptop kalian dinyalakan tidak tidak sedikit software yg berjalan. 

Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 7 

Saat ini tetap ada juga pemakai laptop yg memakai sistem Windows 7. Sistem operasi ini terbilang sederhana serta mudah untuk dioperasikan, tepat untuk dipakai bagi Kalian yg tidak begitu memahami sistem operasi. Untuk menanggulangi laptop lemot di sistem operasi Windows 7, mampu memakai beberapa tutorial berikut: 

Matikan acara yg tidak penting dengan MSconfig 

Sama halnya dengan sistem operasi Windows 10, apabila kalian memakai Windows 7 serta terlalu tidak sedikit memasang software juga mampu membikin laptop kalian menjadi lemot. Kalian mampu memakai MSconfig untuk mematikan program-program yg tidak diperlukan. Caranya dengan buka menu "start" kemudian ketik "run". Selanjutnya Kalian mampu memasukkan "MSconfig command". Lalu pilih acara mana saja yg akan kalian matikan ketika laptop baru dinyalakan. Namun kalian juga wajib berhati-hati ketika memakai MSconfig command, pastikan acara Windows yg penting tidak ikut dimatikan. 

Rutin melakukan disk defragmenter 

Cara menanggulangi laptop yg lemot selanjutnya yakni dengan melakukan disk defragmenter dengan cara rutin. Cara ini sangat diharapkan terlebih apabila laptop yg Kalian gunakan telah berumur tua. Proses disk defragmenter ini berjalan dukup lama, makanya disarakan untuk melakukan proses ini di malam hari ketika kalian tidak memperlukan laptop untuk bekerja alias faktor lainnya. Namun tetap pastikan laptop tersebut menyala selagi proses berjalan. 

Manfaatkan fitur ready boost 

Fitur ready boost juga mampu Kalian gunakan sebagai tutorial menanggulangi laptop yg lemot. Fitur ini mampu dipakai untuk meningkatkan cache di laptop, alasannya artinya cache yg penuh mampu membikin laptop menjadi terus lemot. Kalian butuh alat tambahan yakni flashdisk untuk menjalankan fitur ready boost ini. 

Mematikan system indexing 

Windows 7 nyatanya tetap mempunyai system indexing yg belum sempurna. Sistem ini terkadang juga menjadi penyebab laptop menjadi lemot. Jika Kalian memakai windows 7, untuk menanggulangi permasalahan laptop yg lemot, Kalian mampu memastikan sistem indexing ini. Caranya lumayan mudah, pertama klik menu "start" serta cari "service", kemudian gunakan fitur search. Selanjutnya Kalian mampu jalankan service serta cari windows search di kolom "name," kemudian klik dua kali. Jika telah terbuka, Kalian mampu masuk ke tab "general" serta matikan fitur indexing dengan klik "disable" yg ada di "startup type".

Gunakan software dengan fitur lite 

Salah satu tutorial menanggulangi laptop lemot untuk pemakai windows 7 mampu dengan memakai software yg mempunyai fitur lite. Fitur ini akan membikin hard disk yg ada di laptop tidak bekerja terlalu berat. Selain itu, fitur lite juga mampu dipakai untuk mengurangi memori yg ada di laptop tersebut. 

Demikian beberapa tutorial menanggulangi laptop lemot yg mampu Kalian pilih. Cara di atas benar-benar mudah serta Kalian mampu kalian praktikkan sendiri. Jika opsi cara-cara tersebut telah dilakukan melainkan laptop kalian tetap lemot, mungkin Kalian mampu mengangkat laptop tersebut ke service center untuk dilakukan pengecekan lebih dalam. Karena tidak menutup kemungkinan laptop yg lemot dikarenakan adanya kerusakan yg tidak kita sadari.

Posting Komentar untuk "Ketahui Cara Mengatasi Laptop Lemot Window 10 dan Window 7"