Seluruh Pengguna Instagram Kini Bisa Pasang Link di IG Stories -->

Menu Atas

Kategori

adsense

Seluruh Pengguna Instagram Kini Bisa Pasang Link di IG Stories

 Seluruh Pengguna Instagram Kini Bisa Pasang Link di IG Stories 


Sejak akhir Agustus lalu, Instagram mengganti cara menaruh link di IG Stories yang semula "swipe up" menjadi stiker link. Awalnya, fitur ini juga hanya bisa dinikmati pengguna Instagram dengan fans atau follower di atas 10.000. Karena jumlah minimal fans inilah fitur stiker hyperlink tersebut biasanya hanya digunakan oleh influencer, pengguna akun bisnis, atau akun yang sudah terverifikasi. Namun, fitur tersebut kini bisa dinikmati oleh semua pengguna Instagram. 


Baca Juga: 

Software Gratis Untuk Mengedit Music Suara dan Pembicaraan

Terbaru Download StylePelog Jawa 2021

60 Style dangdut ORG 2020 2021 


Kabar ini dibagikan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri melalui akun Instagram pribadinya (@mosseri). Ia mengatakan fitur stiker hyperlink ini sudah bisa digunakan semua pengguna tanpa ada jumlah minimal fans "Hari ini, kami meluncurkan fitur Link Sticker secara global. Fitur ini bisa digunakan oleh semua pengguna untuk membagikan tautan dalam stories, berapa pun jumlah pengikutnya," tulis Mosseri dalam unggahan di akun Instagram-nya. 

Baca juga: Nama Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp Ganti Jadi Meta? 

Dari pantauan Guratanku, fitur ini pun sudah bisa dinikmati di Indonesia. Guratanku mencoba menyematkan hyperlink IG Stories di akun dengan fans yang hanya mencapai angka ratusan. Cara kerja stiker hyperlink Fungsi dari stiker hyperlink ini sejatinya sama seperti "swipe up". Perbedaannya terletak dari cara membuka hyperlink yang disematkan. "Swipe up" pengguna harus mengusap layar dari bawah ke atas saja untuk membuka tautan.

Sementara dengan stiker hyperlink ini, pengikut cukup mengetuk hyperlink yang tertera di IG Stories. Dengan adanya stiker link, fans masih bisa merespons unggahan Instagram Stories dengan memberi komentar by way of pesan langsung (DM) atau reaksi berupa emoji. Sebelumnya, hal tersebut tidak bisa dilakukan saat Instagram masih menggunakan mekanisme "swipe up". Dibandingkan mekanisme "swipe up", penggunaan stiker untuk memuat tautan menawarkan kelebihan tersendiri.

Misalnya, kreator bisa memilih aneka bentuk dan ukuran stiker, lalu menempatkannya di mana saja di dalam konten Stories untuk meningkatkan engagement. 

Baca juga: Nama Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp Ganti Jadi Meta? 

Untuk menikmati fitur Link Sticker, pengguna Android maupun iOS harus meng-update aplikasi Instagram mereka terlebih dahulu ke versi yang paling baru. Berdasarkan pantauan Guratanku.com, sejumlah pengguna Instagram di Indonesia yang jumlah followersnya di bawah 10.000, sudah bisa menggunakan fitur Link Sticker sejak Jumat (29/10/2021). Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Link Sticker untuk menautkan hyperlink di Instagram Stories? 

Berikut langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Pertama, pastikan aplikasi Instagram Anda sudah diperbarui. 
  • Kemudian, buka aplikasi Instagram dan pilih fitur Story seperti biasa, yakni dengan menggeser layar ke kanan atau klik gambar profile di pojok kiri atas. 
  • Siapkan foto atau video yang akan diunggah di Instagram Stories. Anda juga bisa mengambil foto/video dengan fitur kamera di aplikasi Instagram. 
  • Kali ini, Kami telah menyiapkan satu gambar yang diambil dari galeri foto. 
  • Setelah foto dipilih, klik ikon stiker (kotak tersenyum) pada bagian atas. Lalu scroll layar untuk menemukan opsi "Link". 
  • Selanjutnya, masukkan hyperlink atau tautan web page yang Anda kehendaki di kolom "URL" yang tersedia. 
  • Anda juga bisa melihat preview hyperlink yang sudah Anda cantumkan tadi. 
  • Jika semua tahapan selesai, Anda bisa langsung meng-klik tombol "Done" yang berada di pojok kanan atas. 
  • Sebelum diunggah, stiker hyperlink bisa diatur posisinya maupun ukurannya (resize) sesuai dengan keinginan Anda. 
  • Setelah mengatur posisi dan ukuran stiker, Anda tinggal mengklik "Send To" untuk mengunggah foto tersebut ke Instagram Stories. 
  • Nantinya, Instagram Stories Anda akan tampil dengan stiker hyperlink yang sudah dibuat tadi.