Cara WhatsApp Tidak Menghabiskan Ruang Penyimpanan HP -->

Menu Atas

Kategori

adsense

Cara WhatsApp Tidak Menghabiskan Ruang Penyimpanan HP

WhatsApp telah menjadi media umum yg tidak jarang dipakai untuk komunikasi. Namun, media yg tersimpan dari WhatsApp tidak jarang menghabiskan memori handphone. Berikut tutorial mudah supaya WhatsApp tidak menghabiskan ruang penyimpanan handphone.

WhatsApp merupakan media umum untuk saling bertukar informasi. Fitur-fitur yg ada di WhatsApp mampu memudahkan orang-orang mengirim gambar, suara, serta panggilan video. WhatsApp juga memungkinkan interaksi melewati grup jadi kamu mampu mengirim pesan dengan mudah terhadap teman-teman satu kampus alias satu kelas. 

Meskipun WhatsApp memudahkan aktivitas, jejaring sosial ini tidak jarang menghabiskan memori yg lebih banyak. Untuk mencegah WhatsApp menghabiskan ruang penyimpanan handphone, ada langkah-langkah yg mampu kamu lakukan. 

Berikut berbagai tutorial mencegah WhatsApp menghabiskan ruang penyimpanan handphone. 


Baca Juga :

Fitur Rahasia WhatsApp dan Cara Mengaktifkannya

Cara Mengatasi WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down





Cara supaya WhatsApp tidak Menghabiskan Memori Handphone


1. Matikan fitur auto-download video serta gambar

Untuk menghemat memori handphone, ada berbagai faktor yg mampu kamu lakukan, salah satunya dengan mengontrol penyimpanan WhatsApp. Secara default, pesan gambar serta video akan terunduh otomatis di WhatsApp. Namun, kamu mampu menon-aktifkannya dengan cara manual melewati setting alias setelan > penggunaan data serta penyimpanan > unduh otomatis media > ketika memakai data seluler alias  Wi-Fi > hilangkan semua tanda centang. Dengan demikian, WhatsApp kamu tidak lagi otomatis mendownload video alias gambar yg dikirim oleh pengirim pesan.


2. Hapus pesan dengan ukuran yg besar

Untuk menghilangkan chat dengan ukuran besar, kamu mampu membuka menu setting dengan mengetuk tombol titik tiga vertikal di pojok kanan atas. Pilih storage & data > manage storage. Setelah itu, akan timbul daftar kontak alias grup dalam urutan yg paling tidak sedikit memakan memori handphone. Kamu mampu membersihkannya dari WhatsApp dengan klik bersihkan pesan. 


3. Hapus riwayat panggilan

Selain menyortir pesan, kamu juga mampu menghilangkan riwayat panggilan untuk mencegah habisnya ruang penyimpanan sebab WhatsApp. Caranya, klik menu panggilan, kemudian tekan tombol titik tiga di atas, serta hapus log panggilan. 


4. Aktifkan backup Google Drive alias iCloud

Umumnya, media pada WhatsApp, semacam video serta gambar dicadangkan pribadi ke memori internal. Perlu diingat bahwa mencadangkan file ke cloud memperlukan daya baterai serta kuota data yg lumayan besar. Kamu mampu memilih back up over (cadangkan melalui) > pilih antara WiFi alias WiFi/seluler.


5. Kurangi membuka WhatsApp Story

Berkat kecanggihannya, ketika ini WhatsApp telah mempunyai fitur WhatsApp story. Namun, ada faktor yg butuh kamu ketahui bahwa WhatsApp story alias WhatsApp status yg kamu lihat akan terunduh serta tersimpan di memori internal ponsel. Jadi, sebaiknya kamu meminimalisir membuka WhatsApp story. 


6. Gunakan software cleaner

Untuk mencegah penyimpanan alias memori penuh sebab WhatsApp, kamu juga mampu download salah satu software cleaner cache di Android. Aplikasi-aplikasi tersebut mampu membersihkan memori maupun RAM di handphone pintarmu. 


Cara mengosongkan sebagian penyimpanan di WhatsApp

Anda mampu menonton berapa tidak sedikit ruang yg dipakai oleh WhatsApp pada perangkat Kalian serta mengosongkan sebagian penyimpanan dengan menghilangkan berbagai item.


Melihat penyimpanan

Di tab CHAT, ketuk Opsi lainnya > Setelan.

Ketuk Data serta penyimpanan > Kelola penyimpanan.

Besarnya ruang yg dipakai oleh Media WhatsApp serta Aplikasi serta item lainnya pada perangkat Kalian akan ditampilkan di tahap atas layar.


Melihat serta menghilangkan item

Anda mampu mengosongkan sebagian penyimpanan dengan menghilangkan item yg berkapasitas besar alias yg telah diteruskan berkali-kali. Kalian juga mampu menghilangkan item di setiap chat.


Melihat item

Di tab CHAT, ketuk Opsi lainnya > Setelan.

Ketuk Data serta penyimpanan > Kelola penyimpanan.

Ketuk Diteruskan berkali-kali, Lebih besar dari 5 MB, alias pilih chat tertentu.

Anda mampu mengetuk ikon sortir untuk mengurutkan item berdasarkan kategori Terbaru, Terlama, alias Terbesar.

Ukuran file setiap item akan ditampilkan di aspek atas item tersebut.

Ketuk item untuk melihatnya. Kalian juga dapat:

Melihat dari chat mana item tersebut bersumber serta kapan item tersebut dikirim: Ketuk Lainnya > Tampilkan di chat.

Memberi bintang alias menghilangkan bintang pada item: Ketuk Beri bintang alias Hapus bintang.

Menghapus item

Jika Kalian memilih untuk menghilangkan item, jadi item tersebut akan dihapus dari media WhatsApp. Item yg telah dihapus mungkin tetap tersimpan pada perangkat Anda. Jika Kalian mempunyai berbagai salinan item, sebaiknya hapus semua salinan untuk mengosongkan sebagian ruang.

Di tab CHAT, ketuk Opsi lainnya > Setelan.

Ketuk Data serta penyimpanan > Kelola penyimpanan.

Ketuk Diteruskan berkali-kali, Lebih besar dari 5 MB, alias pilih chat tertentu.

Anda dapat:

Menghapus semua item: Ketuk Pilih semua apabila ingin menghilangkan semua item sekaligus.

Menghapus item individu: Ketuk serta tahan item yg ingin Kalian hapus. Pilih item lainnya untuk menghilangkan berbagai item sekaligus.

Ketuk Hapus.

Pilih Hapus item berbintang untuk menghilangkan item berbintang.

Pilih Hapus semua salinan untuk menghilangkan duplikat.

Ketuk HAPUS.

Menghapus item melewati pencarian

Anda juga mampu menghilangkan item individual memakai fitur pencarian.


Di tab CHAT, ketuk Cari.

Ketuk Foto, Video, alias Dokumen.

Ketuk item yg ingin Kalian hapus.

Ketuk Lainnya > Hapus.

Opsi lainnya, ketuk Hapus media di chat ini.

Ketuk HAPUS.

Peringatan penyimpanan hampir habis

Jika kapasitas penyimpanan yg terdapat pada perangkat Kalian mencapai level yg sangat rendah, WhatsApp mungkin tidak mampu bertujuan dengan baik. Jika faktor ini terjadi, WhatsApp mungkin akan meminta Kalian untuk mengosongkan sebagian ruang untuk mampu semakin memakai aplikasi.

Anda juga mampu mengosongkan sebagian ruang dengan menghilangkan software yg tidak lagi dipakai alias video, foto, maupun file berkapasitas besar yg disimpan pada telepon. Untuk info selengkapnya tentang tutorial mengosongkan sebagian ruang pada telepon Kalian di luar software WhatsApp, silakan hubungi produsen telepon Anda