Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Ulang Windows 10 Tanpa CD Driver dan Tanpa Hapus Data

Windows 10 ialah sistem operasi terakhir besutan Microsoft yg dikala ini tidak sedikit digunakan oleh pemakai PC di seluruh dunia. Tampilannya mengusung tampilan baru, meniggalkan menu start konvensional yg telah ditinggalkan semenjak Windows 8.


Di Windows 10, tampilan mengakomodir fitur-fitur modern semacam adanya notifikasi, maka dapat dengan mudah digunakan untuk tablet, dan tampilan Start Menu dan File Explorer yg lebih modern.

Meski tetap terbilang baru dalam industri sistem operasi, pemakaian pemakai kerap memberi persoalan pada laptop alias PC berbasis Windows 10. Seringkali laptop tiba-tiba lemot, software yg terinstall tidak mau bekerja, dan firewall yg entah mengapa tidak memperoleh update dengan cara aman. Hal ini pasti memicu stres pengguna, terlebih load pekerjaan sedang menumpuk.

Kita sebetulnya dapat untuk menempuh tutorial install ulang Windows 10, tanpa memakai jasa reparasi alias servis komputer. Cara install ulang Windows 10 sendiri dapat dilakukan asal mengerti sedikit saja soal komputer dan mengikuti langkah-langkah yg mudah dipahami.

Namun terlebih dahulu, mari kita pahami beberapa perbedaan beberapa tipe Windows 10.


Perbedaan Windows 10 Pro dan Windows 10 Home

Sebelum kita menempuh tutorial install ulang Windows 10, kita wajib tahu terlebih dahulu, tipe Windows 10 apa yg ingin kita pilih. Jenisnya ada dua, Windows 10 Pro dan Windows 10 Home.

Windows 10 Home sendiri ialah sistem operasi yg sempurna untuk digunakan dengan cara rumahan, dengan beberapa software yg telah tersedia. Di versi ini telah tersedia software Mobile Device Management yg sanggup menghubungkan device ke komputer. Di varian Pro, akan ada tambahan di sistem keamanan yg terjamin semacam Device Guard dan Secure Boot.

Jadi, apabila Kalian ingin menempuh tutorial install ulang Windows 10, yg paling awal wajib dipahami ialah kebutuhan Anda. Jika hanya butuh untuk bekerja dengan interaksi internet yg minimal, alias untuk mengerjakan tugas kuliah, Windows 10 Home telah cukup. Namun apabila Kalian bekerja di perusahaan besar dengan jabatan tinggi di mana perusahaan Kalian punya database pribadi yg lumayan sensitif, Windows 10 Pro ialah yg lebih disarankan.


Cara Install Ulang Windows 10

Ada beberapa tutorial yg dapat ditempuh untuk alternatif tutorial install ulang Windows 10. Dua tutorial pertama dan kedua ialah apabila Kalian telah mempunyai Windows 10 sebelumnya, tutorial ketiga ialah tutorial apabila Kalian ingin berpindah untuk memakai Windows 10 dari Windows lain.

Mari kita bahas tutorial install ulang Windows 10 berikut ini:


1. Cara Install Ulang Windows 10 Dengan Update

Update ialah tutorial install ulang Windows 10 dengan mengganti file lama dengan yg baru dari Windows yg telah ada di komputer. Opsi install ulang Windows 10 dengan update ini sebetulnya hanya untuk menanggulangi persoalan yg timbul dan juga mengaktifkan fitur dan manfaat tertentu yg belum maksimal.


2. Cara Install Ulang Windows 10 Dengan Upgrade

Upgrade ialah tutorial install ulang Windows 10 dengan mengganti software yg lama dengan edisi yg lebih baru. Tidak ada perubahan berarti yg akan terjadi, tetapi software akan mendapat versi yg lebih baru. Biasanya, hanya akan ada perubahan dalam segi fitur dan tampilan yg terbukti diperbaharui perusahaan.

Kedua tutorial install ulang Windows 10 ini tidak akan merubah setelan komputer, maupun menghilangkan file dan dokumen yg Kalian simpan di drive C. Jika laptop Kalian hanya sekadar tertimpa persoalan minor, dua tutorial install ulang Windows 10 ini ialah yg paling sempurna ditempuh.

Namun apabila kasus laptop Kalian lumayan berat maka tutorial install ulang Windows 10 dengan cara menyeluruh wajib ditempuh, tipe tutorial install ulang Windows 10 yg terakhir ini ialah yg paling sempurna untuk ditempuh. Ialah clean install.


3. Clean Install

Clean Install ialah salah satu tutorial install ulang Windows 10 yg akan menghilangkan sistem operasi dan juga file Kalian dalam drive C. Jadi apabila tutorial install ulang Windows 10 metode clean install dilakukan, backup data dari drive C butuh dilakukan. Kalian dapat menempuhnya dengan sesederhana memindahnya ke drive lain.

Tak cuma itu, tutorial install ulang Windows 10 ini mengharuskan Kalian untuk kembali menginstall software-software yg Kalian butuhkan satu-persatu, mengingat acara files software biasanya terletak di C.

Nah, soal tutorial install ulang Windows 10, penggunaan CD dikala ini telah sangat tidak lazim. Selain CD dikala ini ialah medium yg ketinggalan zaman, laptop masa dikala ini pun tidak lagi punya DVD ROM. Nah, lebih lazim tutorial install ulang Windows 10 ditempuh memakai flashdisk alias HDD eksternal.


Berikut tutorial install ulang Windows 10 dengan memakai flashdisk

4. Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Untuk menggantikan peran DVD yg biasanya kita gunakan sebagai tutorial install ulang Windows konvensional, hari ini kita buth flashdisk sebagai media bootable Windows 10. Menjadikan suatu flashdisk sebagai media bootable sendiri ada tutorial khusus, sebab flashdisk pada dasarnya hanya media penyimpanan biasa, bukan media yg dapat eksklusif booting.

Untuk menjadikan suatu flashdisk menjadi bootable, Kalian butuh flashdisk dengan minimal storage 4 GB. Lalu Kalian wajib menyiapkan file ISO dari Windows 10 alias biasa disebut ISO Image alias disc image.

Jika flashdisk dan file ISO Windows 10 telah disiapkan, langkah selanjutnya ialah membikin flashdisk maka bootable Windows. Hal ini dilakukan dengan software pihak ketiga. Banyak software yg dapat dipilih, salah satunya ialah Rufus.

Menggunakan Rufus lumayan mudah. Kalian hanya tinggal menancapkan flashdisk ke PC alias laptop, lalu Rufus akan mendeteksinya. Pilih alternatif "Create a bootable disk using," pilih "ISO image," lalu pilih icon drive untuk memilih file ISO yg telah Kalian siapkan.

Jika telah selesai, Kalian tinggal klik Start dan proses akan berlangsung. Jika Kalian melakukan faktor ini, data flashdisk akan terhapus dan terganti media bootable Windows 10.


5. Pilih Jenis Instalasi

Setelah proses booting, Kalian akan dihadapkan pada alternatif antara Upgrade alias Custom. Pilih Custom.


6. Format Drive Tujuan dan Install Windows 10

Pilih drive tujuan yg akan membikin Windows 10 akan terinstall di drive tersebut, dan otomatis memformat isinya. Proses akan berlangsung selagi kurang lebih 120 menit, tergantung pada sistem Anda.


7. Isi Detil Akhir dan Transfer Kembali Data Anda

Setelah instalasi selesai, Kalian akan diminta untuk menamai komputer Kalian dan membikin akun untuk pemakai awal. Setelah akun berakhir dibuat, Kalian telah dapat menggunakannya dan masuk ke Windows 10 baru yg telah diinstall ulang.

Tentu, Kalian tinggal mengisi kembali komputer Kalian dengan file yg telah dibackup, dan memenuhinya lagi dengan software dan software yg Kalian butuhkan.

Itulah Cara install ulang Windows 10, semoga membantu

Posting Komentar untuk " Cara Install Ulang Windows 10 Tanpa CD Driver dan Tanpa Hapus Data"