Kelebihan dan Kelemahan Jika Sering Mengganti Template Website

adsense

Newsletter

Kelebihan dan Kelemahan Jika Sering Mengganti Template Website


Guratanku.com - Hello readers, kali ini kang Adymin mau membagikan sebuah info tak kalah penting bagi kalian yang suka gonta-ganti template dan desain web.

Sebenarnya boleh saja membuat tampilan blog ataupun website kita terlihat makin kece dan menyesuaikan tren yang ada. Tapi jika seringkali kita mengubah tampilan suatu web kita akan ada dampaknya loh ternyata baik itu dampak sebagai kelebihan ataupun kelemahan dari tindakan tersebut.

Jika sobat readers ingin mengubah tampilan setidaknya jangan terlalu sering saja menggonta-ganti templatenya. Walaupun kelihatannya blog sobat terlihat makin menarik namun ternyata jika kita sering melakukannya maka akan menghambat waktu yang kita pergunakan untuk membuat konten. Karena dalam merubah struktur kode baik hanya widget tambahan ataupun fitur lain dapat memakan waktu yang tidak sedikit. Apalagi jika saat mengedit ternyata ada kode yang salah, duh gimana nih jadinya kalau harus mengulang lagi, pasti kesel kan sudah capek-capek buat malah gagal?. Mengapa kang Adymin kok bisa tahu? Lah memang kakang sendiri dulu biasa gonta-ganti template sebelum akhirnya mendapatkan tampilan yang menurut kakang Adymin pas seperti sekarang ini.

Sungguh menyia-nyiakan waktu sangat membuang kesempatan emas yang mestinya dapat kita pergunakan untuk membuat konten yang baik. Menurut para patner akang Adymin sendiri, kualitas website atau blog bukan hanya mementingkan tampilannya saja, tapi konten adalah segalanya. Yups, tak salah memang jika orang mengatakan konten adalah raja. Hal ini sejalan dengan pepatah para pustakawan bahwa jangan melihat buku dari sampul, tapi isinya. Eits tapi jangan mentang-mentang isi lebih penting kemudian kalian lupa buat bikin sampul yang menarik. Gawat kalau sampai menyepelekannya. Sebab menariknya bacaan selain dilihat dari judul, peran cover atau sampul sangat berpengaruh sekali bagi larisnya bacaan tersebut. Jangan heran jika kebanyakan orang akan sering terjebak pada kasus klikbait yang sedang tren di kalangan youtuber. Anda pernah jadi korban klik bait? Sama saja kayak kang Adymin berarti huwehehe. Memang sih rasa kecewa tak bisa dibendung kalau ternyata isi dengan cover tak sesuai. Ingat tujuan anda membuat website, ngeblog bukan hanya soal duit, tapi melainkan soal hobi memberikan informasi yang kiranya nanti dapat menjadi lahan pahala bagi yang mengerjakannya. Memang adalah suatu  kelebihan tersendiri jika tampilan template anda kian bagus, namun kemantapan terhadap kesesuaiaan isi dan cover sangat penting bagi keberlangsungan web kita.

Ada juga kelemahan lain selain dari  kelebihan dan kelemahan sering mengganti template  yang sudah dipaparkan di atas tadi. Tentu anda yang terjun sebagai seorang penulis akan semakin semangat apabila ternyata hobi kita bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Namun untuk bisa menghasilkan uang tentu anda harus memiliki konten dan isi yang bagus terhadap blog anda. Karena dengan konten ini dapat meningkatkan optimasi SEO dan trafik pengunjung secara signifikan. Namun ternyata hal tersebut dapat saja rusak oleh karena seringnya mengganti template, oleh sebab menjadi beban dan kerja tambahan bagi mesin pencari untuk mengcrawl ulang isi url, konten dan website blog kalian. Hal ini pernah kang Adymin alami  pada website guratanku.com ini. Dulu kang Adymin pernah mengganti template sebanyak 5 kali dalam sehari, yang akhirnya membuat page rank website ini sempat terjun bebas ketika dicari dengan keyword "guratanku' . Oleh sebab itu lakukanlah penggantian template sewajarnya saja, atau jika seringkali bosan dengan template anda yang default cobalah untuk mencari template yang rekomended seperti yang ada pada kumpulan artikel Template Blog Gratis yang ada di website ini. Kang Adymin rasa template yang tersedia disini sudah layak untuk digunakan karena selain responsif tampilannya pun tak membosankan mata.

Tak bisa dipungkiri jika memang kita sangat membutuhkan kelebihan dari mengganti template, namun untuk melakukannya agar tidak menimbulkan dampak kelemahannya sebaiknya usahakan agar selalu dapat mengupgradenya sesuai dengan kaidah-kaidahnya. Seperti yang dikatakan dari kang Ulun sobat kang Adymin dari jalanenter.blogspot.com. menurut artikelnya yang berjudul Dampak Terlalu Sering Ganti Template. Cara terbaik untuk mengupgrade website kita dapat ditempuh dengan cara yang elegan. Dengan melakukan upgrade diwaktu trafic masih rendah yakni di jam-jam istirahat. Dan usahakan agar tidak sering-sering merubah simpan template anda. Jika ragu ragu gunakan selalu tools yang tersedia untuk preview sebelum menguploadnya. Karena dengan hal tersebut selain dapat meminamlisir kesalahan fatal dalam pengupgradetan, hal tersebut justru dapat membuat para pengunjung tidak merasa terganggu dengan teknis yang sedang berjalan. Akhir kata, buatlah persiapan yang sematang mungkin sebelum merubah rubah suatu desain yang nanti akan berpengaruh pada website  anda dalam jangka panjang.

Demikianlah sekedar share tentang kelebihan dan kelemahan sering mengganti template blog,  semoga bermanfaat dan anda  bahagia selalu!