Waspadalah! Perang Bisa Berawal dari Kemajuan Teknologi Saat Ini

adsense

Newsletter

Waspadalah! Perang Bisa Berawal dari Kemajuan Teknologi Saat Ini



Guratanku.com - Hello readers yang budiman, anda termasuk orang yang beruntung jika tak sengaja  menemukan artikel ini. Karena kebanyakan orang-orang zaman now dari generasi x , y, sampai z belum tentu mereka ingat akan sejarah berdirinya negara kita. Ingat loh kata Kakek Soekarno berkata "Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa akan jasa para pahlawannya".

Selain itu  himbauan dari bapak bangsa Indonesia tersebut mengingatkan agar jangan sekali-kali kita melupakan sejarah. Terlebih lagi mengenai asal muasal berdirinya negara kita tercinta. 


Namun dalam implementasian dari  pesan para pendiri bangsa tersebut kini sangat memperihatinkan. Kita bisa melihat sendiri baik langsung ataupun dengan secara tak langsung. Rata-rata para pemuda-pemudi zaman sekarang kurang peduli akan sejarah jati diri mereka. Terlebih lagi pada budaya-budaya luhur gotong royong. Zaman dahulu pemuda-pemudi Indonesia sangat mencintai persaudaraan, terbukti dengan dikirimkannya banyak transmigrasi ke luar pulau Jawa, kebanyakan kakek-kakek kita berhasil membuat daerah tersebut dengan warna baru. Mereka memulainya  dengan kerjasama tolong menolong yang baik tanpa embel-embel pamrih karena uang. Sebab memang kondisi saat itu semua serba kesusahan, jadi semua saling mengerti keadaan masinh-masing.

Namun sekarang sudah berbeda, di zaman yang serba mudah ini ternyata membuat manusia-manusia generasi penerus moyang kita berubah. Dari kecintaan gotong royong saling membantu kini perlahan-lahan pudar karena sikap individualis. Entah apakah karena sistem pendidikannya yang salah atau memang kesalahan yang dibuat oleh penyalahgunaan teknologi itu sendiri. 

Zaman yang canggih ini membuat semua orang dapat berekspresi dengan sesuka hati, dan hal ini tentu mengandung manfaat maupun dampak negatif. Kelebihannya tak bisa dipungkiri memang dengan segala kemudahan ini kita dapat menyebarluaskan gagasan dengan cepat tanpa hambatan ke seluruh dunia, contohnya saja kang Adymin yang sudah membuat artikel ini. 

Dahulu orang-orang begitu sulit menyebarkan maupun menuangkan gagasannya kepermukaan oleh karena keterbatasan medianya. Bayangkan saja jika dahulu semua media sudah ada, pasti tidak ada lagi namanya susah payah mengumpulkan masyarakat untuk berkumpul menghadiri upacara proklamasi kita. Mungkin bisa saja kakek kita dahulu tinggal broadcasting via whatsapp atau update stastus di facebook bila perlu tag kompeni Belanda supaya tahu kalau kita sedang upacara Proklamasi.

Namun hikmahnya dengan keterbatasan tersebut, orang-orang dapat lebih mampu mengontrol segala informasi dengan sanad mulut ke mulut yang jelas. Tidak seperti sekarang segala informasi sangat cepat tersebar ke segala penjuru bumi hanya cukup dengan klik like, share dan subscribe. 

Mirisnya dari 100 persen informasi yang beredar di internet beberapa diantaranya adalah hoax semata yang mungkin berasal dari tujuan orang yang hanya iseng mengarang bebas ataupun orang yang memang merencanakan konspirasi. Sayangnya untuk pencegahan terhadap informasi scam sangat dibilang lambat, dan berbanding terbalik dengan  kecepatan penyebarannya.

Terbukti, pada waktu pilpres tahun 2019 kemarin baik kubu A maupun kubu B sama-sama saling menjatuhkan secara tidak sehat dengan penyebaran informasi yang kebanyakan hoax semata meskipun ada beberapa yang relevan dan benar. Namun segala hal berbau provokasi lambat laun akan menimbulkan ketegangan satu sama lain sehingga akan muncul masalah  dan gesekan sosial baru.

Kemajuan teknologi sekarang memang tengah gencar-gencarnya, namun jangan lupa akan jati diri kita. Kemudahan komunikasi selayaknya kita manfaatkan untuk kebaikan bersama bukan sebagai penghancur maupun pemecah persaudaraan.

Demikianlah sekilas opini kang Adymin melihat celah negatif  perkembangan  teknologi untuk persatuaan banhsa kita di zaman sekarang. Oh iya jangan lupa ya readers jika ingin mengetahui sejarah teknologi antar negara setelah perang dunia II, readers bisa kunjungi link di bawah ini 
PERAN TEKNOLOGI TERHADAP HUBUNGAN ANTAR NEGARA. Akhir kata kami ucapkan terimakasih atas kunjungannya semoga hari anda selalu bahagia!