Tips Cara Bedakan Informasi Hadiah Resmi dan Penipuan

adsense

Newsletter

Tips Cara Bedakan Informasi Hadiah Resmi dan Penipuan


Guratanku.com,  - Sejak awal tahun 2007 hingga sekarang masih banyak terdapat sms penipuan mengatasnamakan BRI dan berbagai instasi besar lainnya. Dari tahun ke tahun ada saja yang masih menjadi korban SMS tersebut. Minimnya sosialisasi menyebabkan masih ada kasus penipuan tersebut. Kedoknya pun masih sama yaitu biasanya sang korban diminta untuk mentransfer sejumlah uang kepada penipu dengan dalih sebagai uang pengurusan surat atau dokumen sampai dalih sebagai syarat untuk mendapatkan hadiah tersebut. Jika anda pernah ditelepon orang yang demikian, segera tutup telepon anda janganlah sekali kali melanjutkan telepon karena biasanya para penipu profesional akan menggunakan trik hipnoterapi kepada sang calon korban. (Busyet dah, ngapain dak bukak klinik aja ya?) Ini terbukti biasanya penipu memastikan nama korban, dan mencoba mengulang-ulang kata nama si korban serta menyisipkan kalimat yang membangkitkan alam bawah sadar korban kalau dirinya sedang mendapat hadiah besar seperti "Selamat Bapak....................................." (Maaf disensor dulu, takut disalahgunakan nanti huwehehe). Biasanya target penipu adalah korban yang punya duit (ya iyalah min masak orang kere mau ditipu?), Nah cara mereka mengecek saldo korbannya biasanya menanyakannya langsung kepada korban seolah meyakinkan koban agar nanti bisa membedakan nominalnya setelah dan sesudah, eh maaf maksudnya sebelum dan sesudah hadiah dikirim ke rekening korban. Hal yang patut anda hindari adalah menuruti bimbingan penipu, karena dijamin bimbingan mereka tidak pada jalan yang benar yang diridhoi olehNya.  Jangan sekali kali mengklik link hadiah yang berembel-embel .blogspot , .wordpress,  karena yakinlah bahwa wordpress dan blogspot tidak menyelenggarakan hadiah kepada siapapun termasuk ke blogger macam saya ( ups ups jiwa bloggingku jadi bergejolak  ini😅). 


Selain itu kadang mereka tak kehabisan akal untuk menyembunyikan subdomain milik kedua platform blogging terbesar tersebut dengan cara menggunakan shortenlink seperti bit.ly, s.id dan lain-lain. Jika seandainya pun ada seseorang mendapatkan hadiah dari perusahaan, pasti akan dihubungi melalui nomor telepon yang menggunakan semacam telepon rumah, nomor telepon lima digit, dan situs webnya pun resmi dan profesional seperti menggunakan co.id, .com, .net, .org dan sebagainya. Namun tetap hati-hati mengingat sekarang ini juga sedang tren di kalangan elite penipu tingkat nasional menggunakan domain yang agak profesional misal xyz, site, online, biz, in, eu, tl, dan sebagainya yang dirasa asing di telinga orang awam. Jika anda seorang blogger pasti tahulah domain tersebut. Karna mengingat harganya yang murah bahkan ada yang digratiskan dalam menggunakannya. Pastikan juga anda menghubungi call center perusahaan yang asli seperti 123 untuk kartu XL, karena customor service pasti paham betul akan program perusahaanya  baik sedang melakukan undian hadiah kah ataupun  sedang tidak melakukan program tersebut. Dan sekali lagi jangan percaya terhadap penipu, jika anda merasa ingin mengahargai jerih payah penipu tersebut dalam mencari makan, cukup doakan yang terbaik saja, serta laporkan ke polisi agar segera penipu tersebut mendapat makan minum  gratis ditanggung oleh negara. Simpel bukan? Oh iya satu lagi, jika anda kebetulan mendapat sms penipuan dengan domain profesional seperti yang telah disebutkan di atas, anda bisa mengecek siapa pembuat domain domain tersebut di www.whois.com ,atau jika ingin melaporkan nomor tesebut cukup hubungi nomor call center operator anda. Atau dengan cara  jika kartu anda telkomsel bisa mengirim sms ke 1166 dengan format penipuan#no penipu#isi pesam penipu, jika anda mengunakan xl bisa dengan mengirim ke no 588 dengan format  lapor#no penipu#isi pesan penipu, jika Indosat anda bisa kirim ke nomor 726 dengan format SMS(spasi)nomor penipu(sepasi)isi pesan penipu.
Baik demikianlah tips yang kami berikan, semoga tips tersebut tak pernah anda gunakan, (ets jangan negatif dulu, ini doa admin biar anda semua sama sekali tak dapat sms atau telepon cinta dari penipu tersebut huwehehe) terimakasih telah membaca , silahkan komen jika ada yang mau disampaikan atau via tombol chat berwarna hijau yang selalu menanti terapung di pojok kanan bawah, serta share  jika ingin berbagi info ini kepada yang lain. Jangan lupa subcribe ya jika ingin mendapat notif pembaruan informasi dari kami, semoga selalu bahagia!.