Salah Satu Masakan Khas Bangka yang Bikin Ketagihan

adsense

Newsletter

Salah Satu Masakan Khas Bangka yang Bikin Ketagihan

Guratanku.com (24/06/19) - Negeri serumpun sebalai selain terkenal menjadi daerah penghasil timah terbesar di Indonesia ternyata juga menjadi gudang surganya kuliner khas daerah. Salah satu yang paling diminati oleh para pendatang dan menjadi favorit penduduk asli adalah makanan jenis pindang atau orang di Bangka menyebutnya sebagai lempah kuning. Lempah kuning sendiri menggunakan ikan tenggiri, baung atau lele laut, maupun ikan laut lainya yang memiliki daging yang teksturnya empuk dan sedikit duri halus. Aroma khas lempah kuning sendiri sangat sepesial terdiri dari rempah-rempah yang menyedapkan serta terbukti berkhasiat bagi kesehatan seperti antara lain serai,  jeruk nipis, nanas anas,len dan asam jawa. Aroma rempah-rempah tersebut biasanya sangat memanjakan hidung dan rasa gurihnya begitu memanjakan lidah. 
Rata-rata kebanyakan hotel di Bangka selalu menyediakan menu khas ini di restorannya seperti yang dilakukan oleh Novotel Bangka, Santika Bangka, dan Menumbing Resort. Makanan ini juga umum dijual di kakilima dan sepanjang jalan kota Pangkalpinang.  Rata-rata untuk harganya sangat bervariatif dari yang Rp 15000 sampai dengan Rp 50.000 per porsi tergantung tempat yang menyajikannya. 
Namun ternyata makanan ini memiliki variasi baik cara masak maupun citarasanya  yang tak sama pada tiap antar daerah yang satu dan yang lain. Jadi dalam satu jenis makanan ini tak cukup hanya sekali saja mencicipinya untuk mengeneralisir cita rasa khasnya karena perbedaan tersebut.  Semenjak event MX GP  yang diselenggarakan di Bangka membuat nama makanan tersebut semakin dikenal dunia.