Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Riwayat dan Daftar Album Band Oasis

Guratanku.com - Oasis ialah group band rock asal Inggris yang raih pucuk ketenaran di zaman 90-an dan awalnya 2000-an. Oasis dibuat di kota Manchester, Inggris di tahun 1991. Oasis terbagi dalam Liam Gallagher sebagai penyanyi, Noel Gallagher sebagai gitaris, Paul 'Bonehead' Arthurs sebagai gitaris, Paul 'Gigsy' McGuigan sebagai bassis dan Tony Carroll sebagai drummer. Oasis sudah jual album capai lebih dari 70 juta di penjuru dunia, membuat menjadi satu diantara band dengan rekor pemasaran paling tinggi di Britania Raya selama hidup. Oasis dikatakan sebagai pemrakarsa musik Britpop di zaman 1990-an, bersama band Inggris yang lain jadi pesaingnya, Blur. Berikut sebagai informasi sejarah dan profile komplet Oasis.

Riwayat hidup dan Daftar Album Band Oasis

Riwayat Hidup Oasis

Oasis mengawali kariernya dengan melaunching album kiprah, Definitely Maybe di tahun 1994. Tetapi Oasis baru raih ketenaran besar dengan peluncuran album ke-2 , Morning Glory pada tahun selanjutnya. Dua singgel khusus dari album itu ialah Wonderwall dan Don't Look Back in Anger yang menjadi satu diantara lagu terbaik Oasis. Morning Glory sukses secara komersial, dan jadi album dengan rekor pemasaran paling sukses ke-4 di industri musik Britania, dengan keseluruhan pemasaran capai empat juta di penjuru dunia, membuat mereka menjadi satu diantara band 90-an terbaik.

Dalam masa ini, Oasis terturut bentrokan dengan band Inggris lain, Blur. Ke-2 nya sering berkompetisi dalam chart tangga lagu Inggris dan sebelumnya sempat terturut perang kata-kata terbuka di beberapa media di Inggris. Persaingan ke-2 nya cukup menjadi legenda dan dikatakan sebagai Battle of Britpop of the 90s. Ke-2 nya jadi band britpop terbaik.

Oasis lalu melaunching album ke-3 , Be Here Now di tahun 1997. Album ini menjadi album dengan rekor pemasaran paling cepat dalam sejarah musik Britania Raya. Tahun 1999, McGuigan dan Arthurs memilih untuk keluar band di tengah-tengah peluncuran album ke-4, Standing on the Shoulder of Giants. Ke-2 nya diganti oleh Gem Archer dan Andy Bell. Di zaman 2000-an, Oasis melaunching tiga album studio, yakni Heathen Chemistry (2002), Don't Believe the Truth (2005) dan Dig Out Your Soul (2008) yang jadi album studio paling akhir Oasis.

Daftar Album Oasis

Definitely Maybe (1994)
(What's the Story) Morning Glory? (1995)
Be Here Now (1997)
Standing on the Shoulder of Giants (2000)
Heathen Chemistry (2002)
Don't Believe the Truth (2005)
Dig Out Your Soul (2008)

Band ini pada akhirnya buyar di tahun 2009. Pemicunya ialah keluarnya Noel Gallagher yang putuskan undur sesudah terturut bentrokan luar biasa dengan saudaranya, Liam Gallagher. Liam dan anggota Oasis yang lain yang masih ada selanjutnya membuat band baru namanya Beady Eye, dan Noel membuat project baru namanya Noel Gallagher's Flying High Birds. Liam selanjutnya memilih untuk bersolo karier.

Sepanjang kariernya, Oasis sudah melaunching 7 album studio. Mereka banyak juga terima penghargaan seperti 15 NME Awards, 9 Q-Awards, 4 MTV Europe Music Awards dan 6 Brit Awards. Oasis sudah jual album capai lebih dari 70 juta di penjuru dunia, membuat menjadi satu diantara band dengan rekor pemasaran paling tinggi di Britania Raya selama hidup.

Posting Komentar untuk " Riwayat dan Daftar Album Band Oasis"