Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Riwayat Musik Jazz Indonesia dan Tokoh Musik Jazz Indonesia

Guratanku.com - Musik jazz memang bukan jenis musik terpopuler, tetapi minimal jazz telah mempunyai dasar yang kuat di industri musik Indonesia. Sekarang banyak musikus jazz Indonesia populer dengan lagu lagu jazz Indonesia terbaik dan paling populer. Disamping itu ada beberapa komune fans jazz di Indonesia yang exist.



Saluran musik Jazz dikenali melalui suara irama yang perlahan dan easy listening. Disamping itu jazz mempunyai keunikan intrumen berbentuk gitar, saksofon, trumpet, biola, piano dan instrument alat musik yang lain. Perubahan riwayat musik jazz mempunyai riwayat yang lumayan panjang. Jazz mempunyai subgenre beberapa jenis musik jazz yang lumayan banyak.

Perubahan musik jazz sudah masuk di Indonesia dan sekarang mulai terkenal. Berikut akan kami bagi informasi berkenaan riwayat musik jazz di Indonesia dan perubahan musik jazz Indonesia dari sejak awalnya sampai saat ini komplet.

Riwayat Perubahan Musik Jazz Indonesia

Riwayat Musik Jazz Indonesia

Di Indonesia, musik jazz pertama kalinya masuk pada zaman 1930-an. Waktu itu saluran musik jazz dipopuelrkan oleh musikus musisi dari negara Filipina. Musik jazz yang dibawa imigran Filipina pertama kalinya cuma diperdengarkan di Jakarta saja. Dengan keunikan instrument trumpet dan saksofon, musik jazz sebelumnya sempat terkenal di kota Jakarta waktu itu.

Musikus musikus jazz Filipina ini lebih banyak mainkan lagu lagu irama jazz seperti latin dan boleros di beberapa hotel di Jakarta. Mereka mainkan lagu lagu jazz mereka di beberapa kota lain seperti Bandung dan Surabaya yang membuat jazz mulai dikenali di semua Indonesia. Hal itu jadi bukti riwayat musik jazz awalnya di Indonesia.

Pada tahun 1948, musik jazz kembali dibawa sama group dan musikus orkestra simfoni asal Belanda bersama dengan musikus musisi lokal. Kemudian group band jazz Indonesia juga banyak yang banyak muncul, seperti Iskandar's Sextet, The Progressive Trio, The Old Timers atau Octet. Ada pula barisan Jazz Riders yang terkenal di zaman 50-an yang dibuat oleh musikus Bill Saragih.

Di zaman itu ada group Jack Lemmers asal Surabaya yang sanggup exist dan populer. Sementara di Bandung ada musikus musisi jazz senior seperti Eddy Karamoy, Joop Talahahu dan Iskandar. Jumlahnya musikus jazz Indonesia pada tahun 50an jadi awalnya perubahan musik jazz Indonesia.

Pada tahun 1980-an, jalur perubahan musik jazz Indonesia semakin terus-menerus dengan timbulnya musikus musisi dan vokalis jazz Indonesia yang berpotensi seperti Ireng Maulana, Benny Likumahuwa, Oele Pattiselano atau Elfa Secioria. Mereka ahli dalam beragam instrument musik jazz dimulai dari gitar, piano, bass, trombon, biola, saksofon atau vocal.

Ketenaran jazz membuat jenis musik ini semakin disukai dan menarik kelompok musikus muda Indonesia. Tidaklah aneh bila jazz jadi semakin populer di kancah musik Indonesia dan memulai berkompetisi dengan jenis musik terkenal lain seperti pop, rock, dangdut, R&B dan blues.

Banyak pula beberapa lagu jazz Indonesia terbaik yang terkenal dan jadi hits. Beragam subgenre jazz hasil gabungan dengan jenis lain seperti rock jazz atau fusion jazz mulai ada dan exist di Indonesia.

Musikus Fariz RM misalkan, sanggup mempopulerkan musik jazz dengan jenis new age yang disebut gabungan musik pop jazz dan latin. Disamping itu ada group jazz Krakatau yang terbagi dalam Indra Lesmana, Donny Suhendra, Dwiki Darmawan, Gilang Ramadan dan Pra B. Dharma yang terkenal dengan musik jazz mereka, yang selanjutnya berbeda nama jadi Java Jazz.

Zaman musik kekinian pada awal kekinian, musik jazz semakin berubah dengan jenis musik lain. Ada beberapa musikus dan vokalis beraliran jazz yang terkenal dengan memadankan dengan jenis dan tipe musik lain hingga lebih gampang diterima pencinta musik pemula.

Dewa Budjana, Andien, Tompi, Syaharani sampai group band Maliq dan D'Essentials ialah contoh musikus jazz yang non-mainstream. Mereka juga masuk ke jejeran vokalis jazz Indonesia terbaik sekarang ini yang lumayan disukai karena lagu-lagunya yang easy listening.
Figur Musik Jazz Indonesia

Berikut sejumlah nama figur musik jazz Indonesia populer yang terbagi dalam musikus dan vokalis jazz Indonesia paling populer yang punya pengaruh untuk perubahan musik jazz Indonesia dari zaman lama sampai sekarang ini.

Bill Saragih
Eddy Karamoy
Joop Talalahu
Iskandar
Benny Likumahuwa
Oele Pattiselano
Ireng Maulana
Elfa Secioria
Bubi Chen
Mus Mujiono
Dwiki Darmawan
Indra Lesmana
Pra B. Dharma
Gilan Ramadan
Fariz RM
Donny Suhendra
Tompi
Idang Rasjidi
Jack Lesmana
Syaharani
Glenn Fredly
Andien
Dewa Budjana
Sandy Sandhoro
Tohpati
Kiboud Maulana
Raisa Andriani
Citra Scholastika
Joey Alexander

Sekarang ini musik jazz juga banyak disukai dan kerap diputar di cafe-cafe di kota kota besar di Indonesia. Ada beberapa komune komunitas jazz yang menyebar di Indonesia, khususnya di kota Jakarta, Surabaya, Bandung atau Bali yang kerap melangsungkan konser Java Jazz dan festival jazz yang lain.

Posting Komentar untuk "Riwayat Musik Jazz Indonesia dan Tokoh Musik Jazz Indonesia"