Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Riwayat dan Perkembangan Musik Country

Guratanku.com - Melihat riwayat mengenai perubahan musik memang memikat buat dibaca. Salah satunya jenis musik paling tua yang dulu pernah ada ialah country. Musik country sebagai kombinasi dari beberapa unsur musik seperti blues, gospel, dan folk Amerika dari pegunungan Applachia.

Koboi, Amerika Serikat, harmonika, suara berat, jadi faktor yang kental dan umum dikenali dalam musik country. Tetapi, apa riwayat dan perubahan sebagai background musik country dapat terkenal dan kental dengan beberapa unsur barusan.



Musik country ialah kombinasi dari beberapa unsur musik seperti blues, musik gereja seperti Southern Gospel, dan wujud musik folk Amerika dari pegunungan Appalachia.. Akarnya yang ditenarkan datang dari Amerika Serikat Selatan dan Barat Daya di awal 1920-an.

Penebaran musik country kenyataannya tidak terlepas dari peranan beberapa imigran pada awal era 19. Dimulai oleh kelompok-kelompok imigran yang dari beragam wilayah di Eropa seperti Irlandia, Britannia, Jerman, sampai Spanyol. Barisan imigran ini lebih banyak menyebar di daerah Texas, disitu mereka bersatu dengan beberapa orang mexico-amerika dan beberapa warga asli Amerika Serikat.

Waktu itu Texas dikenali sebagai daerah yang populer dengan pada rumput yang subur. Keadaan itu membuat beberapa gembala ternak yang tiba ke Texas. Ha, itu juga yang membuat Texas populer sebagai daerah cowboy (koboi).

Musik country sebetulnya mulai berkembang semenjak tahun 1920-an. Tetapi istilah country baru dipakai sekitaran 1940-an gantikan istilah musik hillbilly yang terkesan merendahkan. Penebaran musik country tidak terlepas dari peranan beberapa imigran pada awal era ke-19. Barisan imigran dari beragam wilayah Eropa seperti Irlandia, Britania Raya, Jerman, Italia, sampai Spanyol masuk ke Amerika, terutamanya Texas. Beberapa barisan imigran ini pada akhirnya berhubungan dengan masyarakat Amerika Serikat yang telah lebih dahulu tinggal di Texas. Akhirnya, percampuran budaya ini hasilkan sebuah kebudayaan baru terhitung musik country.

Tetapi, di awal keberadaannya, musik country tidak lalu sama dengan koboi. Ada banyak babak perubahan musik country yang terdaftar dalam riwayat. Tiap babak itu melahirkan angkatan musik country semasing.

Terdaftar rekaman musik country secara komersil pertama datang pada 1922. Musik country makin dikenali sesudah John Carson dengan permainan biola ala-ala countrynya pada albumnya yang dengan judul "Little Log Cabin in The Land" yang dibuat oleh Okeh Records pada 1923. Kemudian banyak rekaman musik country lain seperti album 'Old Akrab Tunes' di 1924.

Tidak ketinggal dengan group Sewa Famili yang sepanjang 17 tahun beruntun semenjak tahun 1927 merekam 300 lagu balada Old-time, lagu tradisionil, musik country, dan hymne gospel yang disebut warisan budaya dari amerika serikat sisi tenggara dan jadi riwayat musik country di situ.

Musik country semakin berkembang seiring waktu berjalan. Saat sebelum nama Elvis Presley populer karena country, ada banyak babak perjalanan musik country yang dilalui. Musik country pertama kali yang direkam secara pantas ialah lagu "Sallie Gooden" oleh A.C. Robertson pada 1922. Vernon Dalhart sebagai vokalis country pertama kali yang sukses jadi hit besar di Amerika. Perubahan musik country lama munculkan beberapa nama seperti Riley Puckett, Don Richardson, Fiddlin' John Carson, Al Hopkins, Charlie Poole, dan North Carolina Ramblers. 

Music country selanjutnya berkembang jadi lebih kekinian karena dampak Jimmie Rodgers dan Sewa Famili. Ke-2 nya dipandang seperti pendiri musik country dan beberapa lagu mereka direkam pertama kalinya dalam sesion monumental di Bristol, Tennessee/Bristol, Virginia, 1 Agustus 1927. Di saat itu, Ralph Peer bertindak selaku pemandu talenta dan mekanik alat rekam suara. Rodgers menambah beberapa unsur hillbilly country, gospel, jazz, blues, pop, cowboy, dan folk. Mayoritas dari lagu-lagunya, terhitung "Blue Yodel" terjual lebih satu juta keping, dan sekalian menjadikan sebagai vokalis khusus pada zaman awalnya musik country. Sepanjang 17 tahun beruntun semenjak tahun 1927, group Sewa Famili merekam sekitar 300 lagu balada old time, lagu tradisionil, lagu country, dan himne gospel yang disebut warisan budaya dan folklor Amerika Serikat Sisi Tenggara. Bicara mengenai musik country, tentu Anda kerap menyangkutkannya dengan koboi. Semuanya tidak terlepas dari beberapa film Hollywood yang memvisualisasikan figur koboi dengan iringan musik country di zaman 1930-an dan 1940-an.

Pada tahun 1930-1940-an riwayat musik country bersambung, beberapa lagu country kerap direkam dan jadi terkenal karena diputar di sejumlah film hollywood. Bob Wills adalah musikus country yang bermain di film hollywood. Ia mainkan musik country yang sedikit dipadankan dengan musik jazz, dan dikenali dengan western swing.

Pada tahun 1939-1945 riwayat musik country berkembang, musik country yang disebutkan country boogie ada, lagu yang terkenal ialah "Freight Train Boogie" dari Delmore brothers. Lagu ini dipandang seperti sisi dari evolusi musik country dan blues ke arah terciptanya Rockabilly.

Di tengah tahun 1950 sampai awalnya tahun 1960-an, riwayat musik country bersambung sampai lahirnya irama yang dikenali dengan "Nashville Sound" mengganti musik country jadi industri juta-an dollar, ini karena rama musik ini datang dari industri rekaman nashville, Tennessee.

Musikus country yang termasuk ke jenis nashville sound seperti Patsy Cline, Jim Reeves, Floyd Cramer dan Tammy Wynette dan Charlie Rich. Riwayat musik country bersambung pada tahun 1956, tahun ini dapat disebutkan dengan tahunnya rockabilly untuk musik country.

Bersamaan mengembangnya jaman dan industri musik, musik country juga menyatu jadi beberapa sub-genre seperti country pop. Tidak hanya itu, ada juga sub-genre country rock.

Di zaman 1990an, musik country makin mengalami perkembangan dengan kehadiran musisi-musisi yang sukses secara global seperti Garth Brooks. Tidak hanya musikus pria, musikus wanita yang mengangkat musik country ikut punyai peran meluaskan pengembangan musik country. Salah satunya seperti Reba McEntire, Patty Loveless, Faith Hill, Martina McBride, Deana Sewa, LeAnn Rimes, Mindy McCready, Lorrie Morgan, Shania Twain, dan Mary Chapin Carpenter.

Keberadaan musik country yang masih bertahan sampai sekarang, disebabkan karena peranan dari Taylor Swift sebagai musikus country paling sukses di zaman 2000an akhir sampai 2010an. Swift pertama kalinya terkenal di tahun 2006 saat singgel kiprahnya, "Team McGraw," di-launching saat Swift baru berumur 16 tahun. Di tahun 2006, Swift melaunching album studio kiprah self-titled-nya, yang habiskan 275 minggu di Billboard 200, salah satunya album studio terlama.

Musik country sekarang sudah sesuaikan dengan perubahan jaman untuk selalu exist di industri musik. Beberapa musikus yang bergerak dalam jenis ini juga mafhum harus dapat menyesuaikan.

Walau baju koboi, sepatu bot koboi, dan topi koboi terus jadi model untuk seniman country, musik country sudah berkembang tanpa tinggalkan identitas asli mereka.

Alat Musik Untuk hasilkan suara yang unik, musik country mempunyai beberapa alat musik khusus. Berikut instrument musik yang umum dipakai dalam musik country. Akordion Auto Harp Banjo Bass Dobro Mandolin Biola Gitar Akustik Harmonika Drum Sitar Piano Washboard Ciri-ciri Ciri khas Musik country mempunyai keunikan dan karakter yang membandingkannya dari jenis lain. Berikut ciri-cirinya: 1. Jenis musik ini umumnya berisi balada dan lagu tarian yang cukuplah sederhana. 2. Dalam improvisasinya, beberapa lagu country mayoritas memakai improvisasi dalam suara pentatonik dan mayor. 3. Musik country semakin banyak memakai tangga suara mayor dalam lagu-lagunya. Hal tersebut karena suara mayor lebih menggambarkan keceriaan apakah yang ingin dilukiskan dan tercatat dalam lirik-lirik lagu country. 4. Umumnya memakai alternasi bass atau bass ganti di antara setrumming.
 

 




Posting Komentar untuk " Riwayat dan Perkembangan Musik Country"