Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Jenis Musik Lengkap Dengan Contohnya

Guratanku.com - Jenis musik ialah pengelompokan musik sesuai keserupaannya keduanya. Musik dapat dikelompokan sesuai persyaratan lain, misalkan geografi. Sebuah jenis bisa diartikan oleh tehnik musik, style, kerangka, dan topik musik. Ada berapakah jenis jenis musik di dunia? dan apa sajakah? Simak juga: Pemahaman musik, elemen, dan maksudnya

Musik seni (art Music)

Musik Seni atau kerap disebutkan Musik Serius dan musik-musik semacam (musik avant garde, kontemporer)adalah sebuah istilah pengelompokan tipe musik yang merujuk pada teori wujud musik Classic Eropa atau beberapa jenis musik etnik yang lain yang di serap atau diambil sebagai dasar formasnyai. Berlainan dengan musik Terkenal atau musik periode, musik tipe ini umumnya tidak rapuh dikonsumsi waktu, hingga bertahan beratus-ratus tahun lama waktunya. Beberapa tokoh komponis Indonesia yang membuat tipe musik semacam ini diantaranya: Amir Pasaribu, Tri Suci Kamal, Slamet Abdul Sukur, Rahayu Supanggah, Otto Sidharta, Tony Prabowo, Michael Cinta, I Wayan Sadre, Iwan Gunawan, Dody Satya E. Gustdiman dll.

Musik classic

Musik classic umumnya mengarah pada musik classic Eropa, tetapi terkadang pada musik classic Persia, India, dan sebagainya. Musik classic Eropa sendiri terbagi dalam beberapa masa, misalkan barok, classic, dan romantik.

Dulu musik classic di Eropa khususnya dipakai untuk kepentingan lagu di Gereja atau lagu untuk pendampingan Raja. Searah dengan perubahan, mulai banyak muncul musik classic yang dipakai untuk kepentingan lain, misalnya musik classic yang memvisualisasikan visual secara audio, misalnya lagu Cat and Mouse yang memvisualisasikan kucing memburu tikus tahu. Simak juga: Ide musik barat dan cirinya

Musik Populer

Musik populer sebagai beberapa jenis musik yang sekarang ini disukai oleh warga pemula. Musik tipe ini sebagai musik yang sesuai kondisi jaman sekarang ini, hingga sama sesuai dalam telinga banyak orang. Jenis musik ini bisa dijumpai di sebagian besar penjuru dunia karena karakter musiknya yang nyaris dapat diterima semuanya orang.

Jazz

Jazz ialah tipe musik yang tumbuh dari penyatuan blues, ragtime, dan musik Eropa, khususnya musik band. Beberapa subgenre jazz ialah Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz.

Gospel

Gospel ialah jenis yang dikuasai oleh vocal dan umumnya mempunyai topik Kristen. Beberapa subgenrenya ialah contemporary gospel dan urban contemporary gospel. Sebetulnya lagu tipe Gospel ini mempunyai nuansa serupa dengan Rock n Roll (karena Rock n Roll sendiri sebetulnya sebagai fusion atau kombinasi dari Rock, Jazz, dan Gospel), dulu awalannya dikenalkan oleh beberapa orang Kristen kulit hitam di Amerika. Contoh-contoh sekarang ini yang betul-betul memakai saluran musik gospel ialah Israel Houghton. Tetapi sekarang ini pemahaman musik gospel sudah semakin makin tambah meluas jadi jenis musik rohani keseluruhannya. Di Indonesia, musik gospel beraliran pop dan rock banyak ditenarkan oleh musikus seperti Franky Sichombing, Giving My Best, Nikita, True Worshippers dan banyak.

Blues

Blues datang dari warga Afro-Amerika yang berkembang dari musik Afrika barat. Tipe ini selanjutnya mempengaruhi banyak jenis musik pop sekarang ini, terhitung ragtime, jazz, big band, rhythm and blues, rock and roll, country, dan musik pop.

Rhythm and blues
Rhythm and blues ialah nama musik tradisionil warga Afro-Amerika, yakni musik pop kulit hitam dari tahun 1940-an sampai 1960-an yang bukan jazz atau blues.

Funk

Funk ialah sebuah saluran musik yang memiliki kandungan elemen musik tarian Afrika-Amerika. Biasanya musik funk bisa dikenal melalui irama yang kerap terpenggal singkat, bunyi gitar irama yang tajam, perkusi yang menguasai, dampak jazz yang kuat, irama-irama yang dikuasai musik Afrika, dan kesan-kesan senang yang dijumpai saat dengarnya. Akar funk bisa dijelajahi sampai tipe rhythm and blues dari wilayah Louisiana di tahun 1960-an. Saluran musik ini berkaitan dekat sama musik soul dan tipe musik turunan yang lain seperti P-Funk dan Funk Rock.

Rock

Rock, dalam artian yang paling luas, mencakup sebagian besar musik pop semenjak awalnya 1950-an. Wujud yang paling dahulu, rock and roll, ialah kombinasi dari beragam jenis diakhir 1940-an, dengan musisi-musisi seperti Chuck Berry, Bill Haley, Buddy Holly, dan Elvis Presley. Ini selanjutnya didengarkan oleh orang di penjuru dunia, dan pada tengah 1960-an beberapa group musik Inggris, misalkan The Beatles, mulai mengikuti dan jadi terkenal.

Musik rock selanjutnya berkembang jadi psychedelic rock, selanjutnya jadi progressive rock. Beberapa band Inggris seperti The Yardbirds dan The Who selanjutnya berkembang jadi hard rock, dan jadi heavy metal. Akhir 1970-an musik punk rock mulai tumbuh, dengan kelompok-kelompok seperti The Clash danThe Ramones,. Di tahun 1980-an, rock berkembang terus, khususnya metal berkembang jadi hardcore, thrash metal, glam metal, death metal, black metal dan grindcore. Ada juga british rock dan underground.

Metal, hardcore

Metal sebagai saluran musik yang lebih keras dibanding dengan Rock walaupun ada band metal yang mempunyai lagu dengan nyanyian yang berkesan slow. Jenis Metal yang digolongkan keras di mana lagunya mempunyai vokal ala-ala scream, growl dan yang terkini ialah pigsqueal di mana vocal ini banyak dipakai di saluran hardcore, post-Hardcore, screamo, metalcore, deathcore, death metal, black metal, elektronik hardcore dan yang lain. Di Indonesia sendiri saluran band ala-ala vocal scream ini sudah banyak diketemukan namun tetap tidak dapat diterima secara terbuka oleh warga umum. Contoh band: Indonesia yakni The Civil Wears Monza,DESIDER, Secret Of Murder, Deadsquad, Burgerkill dan lain-lain. Luar yakni Asking Alexandria, Miss May I, The Crimson Armada, Chelsea Grin, We Butter The Bread With Butter, dan yang lain

Elektronik

Elektronik diawali lama saat sebelum ditemukan synthesizer, dengan tape loops dan alat musik electronic analog di tahun 1950-an dan 1960-an. Beberapa perintisnya ialah John Cage, Pierre Schaeffer, dan Karlheinz Stokhausen.

Ska, Reggae, Dub

Dari kombinasi musik R&B dan musik tradisionil mento dari Jamaika ada ska, dan berkembang jadi reggae dan dub.

Hip hop / Rap / Rapcore

Musik hip hop bisa dipandang seperti subgenre R&B. Diawali pada awal 1970-an dan 1980-an, musik ini awalnya berkembang di pantai timur AS, disebutkan East Coast hip hop. Pada sekitaran tahun 1992, musik hip hop dari pantai barat mulai populer bernama West Coast hip hop. Tipe musik ini digabung dengan heavy metal hasilkan rapcore.

Pop

Musik pop ialah jenis penting tetapi batasan-batasnya kerap kabur, karena banyak musikus pop ditempatkan ke kelompok rock, hip hop, country, dan ada banyak kembali.

Musik tradisionil

Musik tradisionil ialah musik yang hidup dalam masyarakat secara turun-temurun, dipertahankan bukan sebagai fasilitas selingan saja, tetapi ada pula digunakan untuk penyembuhan dan ada sebagai satu fasilitas komunikasi di antara manusia dengan pembuatnya, ini ialah menurut keyakinan setiap orang saja. Musik tradisionil sebagai koleksi seni lokal dalam masyarakat. Musik tradisionil yang berada di Indonesia, salah satunya ialah gamelan ,angklung dan sasando. selainnya dari musik tradisionil yang dari kebudayaan lokal, ada musik tradisionil yang dari dampak kebudayaan luar salah satunya gambang kromong, marawis dan keroncong.

Latin

Jenis musik tradisionil latin ini umumnya mengarah pada musik Amerika latin terhitung musik dari Meksiko, Amerika tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Musik latin ini mempunyai subgenre Samba.

Country

Musik tradisionil country dikuasai oleh blues, dan berkembang dari budaya Amerika kulit putih, khususnya di kota Nashville. Beberapa aktris country awalnya ialah Merle Haggard dan Buck Owens.

Dangdut

Dangdut sebagai musik yang dari Indonesia.Dangdut mempunyai nuansa india dan melayu.Pada awalanya,musik ini cuma dipandang musik kelas bawah.Tetapi seiring berjalannya waktu,musik ini telah dicicipi semua kelompok.

Begitu artikel Pemahaman Jenis Musik dan Misalnya Komplet mudah-mudahan berguna.

Posting Komentar untuk "Pengertian Jenis Musik Lengkap Dengan Contohnya"