Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 Jenis Musik Pop, Riwayat, Tipe dan Jenisnya

Jenis Musik Pop ialah tipe jenis musik kekinian yang populer dan terkenal di Dunia. Musik jenis Pop ialah tipe Musik yang banyak disukai oleh beberapa pendengar seni musik karena memiliki sifat umum, universal, easy listening dan gampang diterima oleh beragam kelompok pencinta seni musik. Musik jenis Pop juga banyak dikolaborasi dengan beragam tipe jenis musik kekinian yang lain di Dunia.

Jenis Musik Pop atau disebutkan Musik Populer ialah tipe saluran musik kekinian yang mempunyai tujuan komersil. Pada konsepnya Musik Pop bisa diterima oleh beragam kelompok masyarakat di mana juga mereka ada. Musik Pop benar-benar elektrikal dan kerap ambil beberapa komponen dari beberapa style musik yang lain supaya jadi makin warna dan penuh macam hidangannya, seperti musik jenis Rock, Jazz, Dance, Country, Latin, Urban, dan sebagainya.

Riwayat Jenis Musik Pop

Kedatangan Jenis Musik Pop berkembang pertama kalinya pada range tahun 1920-an. Di awal hadirnya Musik Pop ada banyak adopsi musik folk dan etnic dari Musik Tradisionil Afrika dan musik Classic Eropa. Musik Pop waktu itu sering dipakai sebagai menemani perlihatkan dansa dan tarian kontemporer seperti; Tango, Samba, Salsa, Mambo sampai Conga. Istilah Musik Pop ditenarkan lewat seorang figur pemerhati Seni Rupa namanya Lawrence Alloway. Beliau di inspirasi dari nama "Pop" dari pergerakan Seni Rupa di teritori Amerika Serikat dan Inggris.

Wujud awalnya musik Pop datang dari Musik Rock N' Roll yang telah berkembang semenjak tahun 1950-an. Selanjutnya saat Group Musik The Beatles mengenalkan beberapa permainan musik dengan nuansa pop, saluran musik Pop mulai terkenal secara globa di jaman itu. Pada dasawarsa 1970-an saat beberapa musikus dan pemusik solo memiliki nuansa pop seperti Bob Dylan, Frankie Avalon, Marvin Gaye dan musikus yang lain membuat Musik Pop yang lebih easy listening dengan menambah beberapa komponen musik. Mulai sejak itu Musik Pop jadi benar-benar gampang dikenali dan disukai karena bertangga suara minor dan melankolis. Selanjutnya musik Pop gampang didukung dengan beragam pengembangan tehnologi dan tak terbatas dengan sebuah pakem tertentu.

Beberapa ciri Jenis Musik Pop

Jenis Musik Pop tidak menunjukkan sebuah instrument alat musik tertentu. Keringanan di dalam permainan dan perlihatkan musik Pop malah jadi daya magnetnya, hingga walaupun cuma memperlihatkan sebuah melody tunggal atau vocal solo juga menjadi perlihatkan Musik jenis Pop yang memikat. Musik Pop dikenali sebagai musik yang gampang diolah dan dicicipi.

Berikut ialah keunikan dan karakter dari Jenis Musik Pop:

Alat musik yang dipakai bermacam dan sama-sama isi di dalam sebuah barisan musik, tetapi tidak demikian banyak macam instrumen. Beberapa alat musik yang dipakai seperti alat musik Gitar, Piano, Bass, Drum atau Keyboard.
Mempunyai serasi yang tidak begitu sulit dan terkesan benar-benar easy listening, dan irama yang bebas.
Tempo musik variasi, dapat bertempo lamban (slow) sampai bertempo cepat.
Mempunyai melodi yang enteng, tidak sulit dan tidak demikian panjang, hingga benar-benar gampang diikuti dan diolah warga.
Di dalam vocal, memakai lirik dengan kalimat yang cukuplah sederhana dan viral berdasar periode saat itu ditenarkan.
Musik jenis Pop benar-benar gampang dipadukan dengan beragam tipe jenis musik yang lain, dengan peralihan watak musik sebagai berlainan pada penampilan tempo, melody sampai beat.
Memakai pengembangan tehnologi untuk mendukung perlihatkan musik Pop.
Musik jenis Pop kadang digabungkan dengan perlihatkan dance atau improvisasi pergerakan oleh beberapa vokalis atau pemain musik saat perlihatkan musiknya.
Gampang tergeserkan oleh perubahan zaman (dapat populer sebentar waktu).

Beberapa jenis Sub Jenis Musik Pop

Musik mempunyai beberapa turunan musik atau sub jenis, yang dibuat dari kerjasama atau kontemporasi pada alat musik atau jenis musik kekinian yang lain. Musik Pop sebagai tipe jenis musik kekinian yang banyak hasilkan tipe turunan dan sub jenis-nya. Berikut ialah beberapa jenis Sub Jenis Musik Pop dan deskripsinya.

1. Pop Barok

Pop Barok atau Baroque Pop ialah tipe sub jenis musik Pop Classic yang berkembang di teritori Eropa. Pop Barok menunjukkan beberapa unsur fusion dan classic yang terkenal di zaman tahun 1960-an. Di dalam performa musik Pop tipe ini menyuguhkan perlihatkan orkestra dengan formasi yang menegangkan dan melankolis.

2. Psychedelic Pop

Psychedelic Pop sebagai tipe sub jenis musik pop berpenampilan psychedelic. Tipe saluran musik ini di inspirasi dari saluran Psychedelic Rock dan Folk yang viral pada zaman tahun 1960-an. Keunikan musik ini banyak memercayakan alunan suara dari instrumen alat musik seperti gitar dan piano yang menyayat dan penuh distorsi, tetapi dengan kesan-kesan cathy dan sederhana. Contoh musikus yang sempat tampilkan tipe musik ini ialah: The Yardbird, The Beach Boys The Greatful Dead, The Byrds, dan sebagainya.

3. Britpop

Britpop atau British Pop sebuah saluran musik kekinian yang terkenal dari Britania Raya. Britpop sebuah gelombang musik terkenal yang menggedor dunia musik semenjak awalnya dasawarsa 1990-an. Musik Britpop sebagai tipe musik alternative Pop yang kental dengan budaya Inggris yang ada di tengah-tengah perubahan musik jenis Rock diakhir zaman 80-an. Contoh musikus yang sempat tampilkan tipe musik ini ialah: Oasis, Blur, Radiohead, Suede, dan sebagainya.

4. Dance Pop

Dance Pop sebagai kombinasi di antara Musik Pop dengan musik-musik dance, seperti Fusion Dance, Etnic Dance atau Kekinian Dance. Daya magnet dari sub jenis musik Pop ini ialah beat musik yang ditonjolkan, hingga beberapa pendengar musik ini akan bersenandung dan terlena dalam tarian-tarian.

5. New Wave

New Wave ialah tipe sub jenis yang diketemukan pada Musik jenis Rock. New Wave cukup fleksible dan uji cobatal pada musik kekinian, hingga memberikan kesan-kesan electronic dan disko pada musik-musik Pop. New Wave Pop sebuah jenis kombinasi dari Musik Rock pada Musik Pop. Contoh musikus yang sempat tampilkan tipe musik ini ialah: Duran Duran

6. Synth-Pop

Synth-Pop sebagai tipe sub jenis dari Musik Pop yang hampir serupa dengan tipe New Wave Pop. Instrument yang ditonjolkan ialah suara musik electronic dan beat disko yang paling menguasai. Tetapi pada Synth-Pop lebih menunjukkan alat musik Synthesizer atau EDM dibandikan alat musik yang lain. Contoh musikus yang sempat tampilkan tipe musik ini ialah: Lady Gaga, Harry Roesli, Otto Sidharta, dan sebagainya.

7. Pop Ballads

Pop Ballads ialah tipe sub jenis dari musik Pop yang memprioritaskan gestur lirik dan vocal, yang dapat sampaikan kritikan, kegelisahan, gestur cinta, dan sebagainya. Instrument alat musik yang dipakai pada sub jenis ini umumnya tidak utuh pada sebuah barisan musik, dapat berbentuk cuma tampilkan organ tunggal atau cuma menyuguhkan cuplikan gitar. Contoh musikus yang sempat tampilkan tipe musik ini ialah: Ebiet G. Ade, Iwan Fals, Ian Antono, dan sebagainya.

8. Disco

Disco atau Disko sebagai tipe sub jenis Musik Pop yang menyuguhkan beat dan irama yang membuat pendengarnya bernafsu dan bersenandung dalam tari-tarian. Sub jenis Disko nyaris sama dan sebagai kombinasi dari Dance Pop dan Synth-Pop, dengan keunikan alat musik electronic berbentuk Synthesizer atau EDM dan memiliki nuansa dance music.

9. Pop Rock

Pop Rock ialah tipe Sub jenis musik Pop yang diketemukan pada musik jenis Rock. Sub jenis musik ini ialah kombinasi musik Pop dan Rock. Musik Pop Rock sebagai tipe musik Rock yang lebih easy listening dan terkenal karena memakai beberapa unsur Pop, tetapi dengan irama musik yang lebih semangat seperti Musik Rock. Contoh musikus yang sempat tampilkan tipe musik ini ialah: Elton Jhon, Paul McCartney, Rod Stewart, Phil Collins, Robbie Williams, dan sebagainya.

10. Urban Pop

Urban Pop sebagai tipe sub jenis musik Pop yang dikontemporasi dengan RnB, Hip Hop, Soul sampai Funk. Musik Urban Pop benar-benar sama dengan budaya Afrika-Amerika yang sarat dengan irama dan irama beat yang memikat buat bersenandung.. Contoh musikus yang sempat tampilkan tipe musik ini ialah: Michael Jackson, Stevie Wonder, Whitney Housten, Mariah Carey, dan sebagainya.

Bermacam tipe sub jenis Musik Pop masih berkembang dan alami modernisasi sampai sekarang ini. Keringanan kreativitas dan peningkatan pada tehnologi beberapa alat musik menjadi satu diantara faktor yang turut meningkatkan musik Pop ke tingkat komersil.

Begitu artikel mengenai deskripsi, riwayat dan beberapa jenis dari musik jenis Pop.

Posting Komentar untuk " Jenis Musik Pop, Riwayat, Tipe dan Jenisnya"