Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Metaverse

Guratanku.com - Istilah "Metaverse" sebetulnya telah ada lama. Tetapi, teknologi ini makin terdengar sesudah Meta ingin membuat dunia virtual untuk memudahkan umat manusia berbicara keduanya. Memang, bagaimanakah cara kerja dari Metaverse dan apa contoh pemakaian dari tehnologi yang menyatukan virtual reality, augmented reality, dan tehnologi video itu?

Kata ini pertama kalinya dicatat dalam novel dengan judul "Snow Jatuh" kreasi Neal Stephenson di tahun 1992. Selanjutnya disebut lagi dalam kreasi Earnest Cline dengan judul "Ready Player One" 19 tahun berlalu.

Metaverse makin dikenali khalayak luas sesudah Facebook Grup mengganti namanya jadi Meta pada tahun kemarin. Waktu itu, Mark Zuckerberg berkata akan membuat realita virtual di mana manusia dapat melakukan aktivitas lewat virtual memakai avatar yang dibuat seperti keinginan.

Bos Meta itu sempat juga memberi perkiraan, dunia metaverse akan betul-betul diwujudkan dan jadi trend di tahun 2032 atau sepuluh tahun kedepan. Walau demikian, Meta yang dia memimpin telah mempersiapkan beberapa tehnologi untuk mendukung terwujudnya visi dunia virtual di masa datang.

Pembuatan metaverse disokong oleh kencangnya koneksi internet jaman sekarang ini. Karena tehnologi 5G yang punyai kecepatan unduh dan unggah tinggi dengan latency super rendah, dunia virtual metaverse diprediksikan akan penuhi semua elemen kehidupan manusia di masa datang, dari berbelanja, berlibur, investasi, sosial media, dan lain-lain.

Awalnya, Kita telah menerangkan apakah itu tehnologi metaverse. Dalam kesempatan ini, kami akan membahas bagaimanakah cara kerja dan apa contoh pemakaian dari tehnologi metaverse berbasiskan virtual ini. Yok baca secara lengkap, sob! 

Bagaimana Cara Kerja Metaverse

Yakin atau mungkin tidak, dunia virtual sebetulnya telah menempel dengan kehidupan manusia sekarang ini. Berbelanja online misalkan, ada banyak basis online shop yang memungkinkannya pemakai beli keperluan lewat tehnologi VR.

Selingan saja, telah banyak video berbasiskan VR di YouTube yang dapat dicicipi oleh pemakai. Justru beberapa judul film terkenal pernah lakukan promo lewat dunia virtual yang bisa disaksikan memakai piranti VR.

Bahkan juga, beberapa vokalis internasional dan Indonesia juga pernah melangsungkan konser lewat virtual. Dituruti juga oleh aktris atau seniman terkenal yang memperlihatkan kreasi seninya lewat virtual di basis tertentu.

Hingga lumrah rasanya, dunia metaverse akan diwujudkan dan akan masuk ke sebagian besar elemen kehidupan setiap hari umat manusia di masa datang. Beragam kegiatan atau kegiatan rutin semuanya orang di dunia riil, bisa dilaksanakan lewat virtual.

Sebagai deskripsi dari langkah kerja tehnologi metaverse, saat Anda tersambung ke jaringan media sosial, diri Anda dicontohkan lewat username dan gambar yang diupload di basis itu.

Tetapi di dunia virtual, Anda dilukiskan sebagai avatar yang dapat digerakkan, bicara, berlaga, dan lakukan beragam hal, sama seperti seperti yang sudah dilakukan di dunia riil.

Dunia metaverse bisa juga dikatakan sebagai sebuah games online tingkat tinggi. Karena, ekosistem di dunia virtual dapat memperoleh dirasa oleh semua warga di dunia metaverse.

Seperti diambil dari TechGig pada Kamis (27/1/2022), langkah kerja metaverse lebih kurang sama dengan NFT atau non-fungible token. Beberapa penghuni dunia virtual dapat beli atau jual beberapa barang sampai property memakai asset digital NFT.

Oleh karenanya, sama seperti yang telah kami berikan di atas, lambat atau cepat dunia virtual metaverse akan diwujudkan karena support tehnologi internet yang makin bagus dan konstan. Internet dapat disebut sebagai akses khusus untuk terbentuknya dunia online lewat virtual yang bisa dijangkau oleh siapa dan kapan pun.

Ingat tehnologi metaverse menyatukan dunia virtual reality, augmented reality, dan video 3D, karena itu multiverse harus juga disokong dengan tehnologi piranti yang oke.

Selainnya internet cepat dan konstan, langkah kerja multiverse memerlukan piranti seperti earphone VR atau virtual reality, kacamata AR atau augmented reality, controller grip, sampai program di handphone atau piranti yang lain.

Aplikasi dan Game Dengan Konsep Metaverse

Dunia virtual metaverse bisa jadi masih susah untuk diwujudkan, karena diperlukan kerjasama dari perusahaan tehnologi dan stakeholder yang lain untuk membuat satu dunia virtual yang kompleks sebagai fasilitas komunikasi warga di periode kedepan.

Tetapi, sekarang ini ada beberapa program dan games yang mengangkat ide metaverse. Dikutip dari Venture Beat, Epic dan Unity jadi dua games engine terkenal yang sukses menolong banyak developer untuk membuat games dengan ide virtual 3D.

Fortnite menjadi satu diantara contoh sukses implementasi dunia virtual sebagai fasilitas untuk bermain selingan, dan berbicara. Games ini sukses melangsungkan gelaran konser virtual dari musisi-musisi populer yang dapat dicicipi oleh beberapa gamer.

Konser Travis Scott di tahun 2020 jadi deskripsi berapa besar kekuatan dunia virtual. Saat konser berjalan, hampir 30 juta orang habiskan waktu sampai 9 menit dengarkan musik kreasi Travis Scott.

Selainnya Fortnite, contoh pemakaian dunia metaverse di jaman saat ini ialah Roblox. Games ini mempunyai visi menjadi tempat virtual di mana beberapa orang dapat bergabung bersama untuk lakukan beragam kegiatan seperti dunia riil.

Games ini memungkinkannya pemakai untuk membuat dunianya sendiri, membuat beragam poin terbatas, dan menjualnya dengan memakai mata uang virtual. Roblox bahkan juga digunakan oleh beberapa merek populer seperti Gucci dan Ralph Lauren untuk mengeluarkan toko, tempat, sampai poin khusus yang bisa dicicipi oleh beberapa gamer.

Ada banyak kembali games atau program sebagai contoh pemakaian tehnologi metaverse yang dapat dicoba saat ini. Decentraland dan The Sandbox misalkan, jadi games yang menunjukkan kekuatan NFT dan mata uang kripto sebagai pendorong ekonomi dalam games.

Seperti Roblox, pemakai dibolehkan untuk meningkatkan dunia virtual mereka sekalian lakukan praktik jual beli lewat marketplace NFT untuk hasilkan beberapa pundi uang.

Tersebut beberapa keterangan berkenaan bagaimanakah cara kerja metaverse dan contoh pemakaian tehnologi ini di periode sekarang ini. Metaverse sebagai mimpi beberapa aktor tehnologi jaman saat ini untuk membuat dunia virtual yang lebih mendalam untuk seluruh pihak.

Posting Komentar untuk "Cara Kerja Metaverse"