Rekomendasi 5 Aplikasi Midi Keyboard untuk Android Canggih dan Praktis -->

Menu Atas

Kategori

adsense

Rekomendasi 5 Aplikasi Midi Keyboard untuk Android Canggih dan Praktis

Semakin berkembangnya dunia permusikan, semakin banyak pula orang yang mendalami seni ini. Memperdalam ilmu bermusik sama artinya dengan berkecimpung dalam seluruh proses pembuatannya. Untungnya, saat ini belajar musik tidak sulit. Munculnya tren menggunakan aplikasi midi keyboard untuk memproduksi musik secara praktis menjadikan aplikasi ini banyak diminati.

Pada mulanya, proses produksi musik memerlukan banyak alat untuk menghasilkan nada. Semakin berkembang teknologi, fungsi kerja alat musik tersebut sudah disederhanakan menjadi perangkat MIDI (Musical Instrument Digital Interface). Pada perkembangan berikutnya, midi hadir dalam bentuk aplikasi Android. Berikut rangkuman daftar midi keyboard untuk Android yang canggih dan praktis:

1. FluidSynth Midi Synthesizer

Aplikasi pertama berfungsi sebagai Synthesizer FluidSynth portable. Dirancang dan dikembangkan oleh Volcano Mobile, aplikasi fluidsynth ini mengganti peran synthesizer manual menjadi kontrol aplikasi. Kemudahan pemakaian dan kesederhanaan tampilan antar muka membuat aplikasi ini diminati. Meskipun belum cukup lama dibuat, namun FluidSynth Midi Synthesizer sudah memiliki lima puluh ribu lebih pengunduh.

Aplikasi ini tergolong ringan dan ramah RAM perangkat. Meskipun hanya berukuran 13 Mb, nyatanya aplikasi ini berfungsi dengan baik dan banyak disukai. Terbukti dari ulasan yang positif dan rating bintang yang diperoleh selama ini.

2. Midi Keyboard Apk

Daftar aplikasi midi Android yang kedua ditempati oleh aplikasi Midi Keyboard. Aplikasi ini berfungsi sebagai piano elektronik dengan sistem kontrol suara yang nyata. Sejak awal diluncurkan pada tahun 2018 lalu, Midi Keyboard sangat disukai dan banyak digunakan sebagai instrumen dalam pembuatan aliran nada.

Membuat sebuah musik menjadi lebih praktis dengan menggunakan Midi Keyboard ini. Aplikasi besutan Dreamhound Studios ini dilengkapi dengan fitur yang cukup sederhana dan mudah digunakan. Midi Keyboard Apk ini bisa didapatkan di Play Store dengan ukuran 87,32 Mb.

3. Piano Connect: MIDI Keyboard

Keyboard merupakan papan tombol yang di program untuk menghasilkan melodi, rhythm dan sound lainnya. Dalam pembuatan musik, tentu membutuhkan banyak melodi dari berbagai jenis alat. Hal inilah yang menjadi dasar dibuatnya sebuah aplikasi bernama midi keyboard. Developer Sensor Notes menjawab keinginan ini dengan menciptakan aplikasi Piano Connect: MIDI Keyboard.

Sebagai salah satu aplikasi midi Android, Piano Connect terbilang cukup lengkap dalam hal fitur instrumennya. Terdapat setidaknya 18 belas jenis instrumen yang bisa dirubah dan digunakan sesuai kebutuhan. Misalnya instrumen piano, gitar, harmonica, seruling, harpa dan lain-lain.

Cara pakai aplikasi ini mudah karena memang didesain untuk pemula dan bukan kalangan professional. Pengguna cukup menghubungkan perangkat smartphone yang telah terdapat aplikasi ini dengan midi keyboard yang dimiliki menggunakan kabel USB. Setelah kabel sambungan dipasang, aplikasi piano connect akan secara otomatis terhubung dengan midi keyboard dan bisa langsung digunakan.

4. Piano Chord, Scale, Progression Companion

Aplikasi teori musik besutan developer Songtive ini sangat bermanfaat untuk berbagai jenis kalangan yang dalam aktivitasnya bersinggungan dengan dunia musik. Penulis lagu, produser musik, guru musik sekaligus orang yang ingin belajar tentang musik bisa menggunakan aplikasi midi keyboard ini untuk belajar teori-teori musik dasar, dan penulisan lagu.

Piano Companion memiliki ukuran 14,03 Mb, termasuk ringan jika dibandingkan aplikasi midi Android sejenisnya. Meski kapasitasnya ringan dan tidak memakan banyak RAM, namun fitur di dalamnya cukup lengkap. Terdapat chord dan scale dengan daftar tidak terbatas yang bisa digunakan oleh pengguna.

Dilihat dari komentar pengguna, banyak yang merasa terbantu dengan adanya fitur unlimited chord dan scale ini. Aplikasi Piano Companion ini telat diunduh secara gratis sebanyak satu juta kali oleh pengguna. Rating 4,7 bintang dari tujuh belas ribu lebih ulasan menjadi bukti aplikasi ini sangat bagus dan diminati.

5. Piano Midi Legend

Berbicara tentang midi keyboard Android paling canggih dan praktis untuk digunakan, tidak akan lepas dari aplikasi satu ini. Piano Midi Legend, seperti namanya memiliki berbagai fitur yang canggih dan keren. Suara piano yang dihasilkan aplikasi ini hampir menyerupai real time berkat nol latency yang dimilikinya.

Piano Midi Legend diperkenalkan oleh developer ROCKRELAY dengan ukuran 86,78 Mb. Fitur hebat yang menjadi ciri khas aplikasi ini adalah instrumen Bank yang banyak dan beragam. Pada Bank I, pengguna bisa menemukan tipe instrumen piano umum seperti piano, accordion, clavinet, grand, dan masih banyak lagi.

Pada daftar Bank II, bisa dijumpai daftar instrumen selain piano yang bisa digunakan gratis, seperti orchestra, nylon guitar, dan harpa. Ada pula clarinet, trumpet dan zurna, tapi posisinya masih terkunci dan harus dibuka sebelum digunakan. Cara membuka kuncinya mudah, pengguna hanya perlu menonton sebuah video yang disediakan selama beberapa detik.

Itulah 5 daftar aplikasi midi keyboard terbaik yang bisa digunakan pada perangkat Android. Meski tidak berbayar, aplikasi di atas tetap memberikan fitur-fitur keren yang bisa digunakan untuk belajar instrumen musik secara otodidak. Pada beberapa kasus, kalangan profesional juga menggunakan aplikasi midi Android serupa untuk menunjang pekerjaan dalam dunia musik.