Cara Google Drive Untuk Menyimpan File -->

Menu Atas

Kategori

adsense

Cara Google Drive Untuk Menyimpan File

Google Drive merupakan sarana penyimpanan arsip yg digagas oleh Google. Semua orang-orang bisa memakai Google Drive dengan cara gratis. Secara keseluruhan, keberadaan Google Drive ini sangat memudahkan kita dalam faktor menyimpan, mengakses, serta membagikan berkas.

Bagi pemula yg belum sempat memakai Google Drive pasti akan sedikit mengalami kendala sebab belum terbiasa. Berikut ini merupakan tutorial memakai Google Drive dengan cara lengkap untuk Kalian yg belum terbiasa memakai salah satu layanan cloud storage paling baik ini.


Baca Juga :

BACA JUGA


Cara Membuat serta Menyunting Berkas

Di tahapan ini, Kalian akan membikin serta menyunting arsip yg akan disimpan di Google Drive. Berkas yg Kalian buat ini bisa berupa dokumen mirip Word, Excel, serta lainnya. Berikut merupakan langkah-langkahnya:


Klik pada tombol CREATE

Anda wajib memilih tipe arsip yg akan Kalian buat. Misalnya, Kalian bisa memilih Document apabila ingin membikin arsip dengan format mirip Word, Spreadsheet apabila ingin membikin arsip mirip Excel, serta Presentation untuk membikin sebuah arsip yg menyerupai Power Point. Jadi, Kalian wajib memilih tipe file yg ingin dibangun di Drive terlebih dahulu, jadi Drive akan menyiapkan halaman kosong yg sesuai dengan tipe arsip Anda.


Atur desain arsip baru

Setelah memilih tipe alias format berkasnya, silahkan atur tampilannya. Misalnya, ketika Kalian memilih arsip dengan tipe Presentation alias Form, Kalian bisa mengatur tampilannya sesuai dengan cita-cita Anda.


Ubah nama berkas

Ubahlah nama berkasnya untuk membedakan arsip yg satu dengan yg lain. Caranya, klik teks berwarna kelabu dengan goresan pena “Untitled <file type>”yang ada di atas halaman. Kemudian, jendela untuk merubah nama akan ditampilkan, Kalian hanya butuh mengisi nama arsip sesuai dengan keinginan.


Sunting arsip Anda

Mulailah menyunting arsip dengan tutorial mengisi alias menuliskan halaman kosong dengan faktor apa pun yg Kalian inginkan. Kalian juga bisa eksklusif melakukan copy paste dokumen eksklusif ke halaman kosong di Drive Anda. Jangan khawatir arsip Kalian hilang apabila sebuah ketika perangkat Kalian mati mendadak, sebab Drive eksklusif menyimpan setiap perubahan yg Kalian buat.


Unduh arsip Anda

Jika arsip tersebut telah berakhir dibuat, Kalian bisa dengan mudah mengunduhnya melewati Drive. Cukup klik File > Download As, jadi Drive akan menampilkan berbagai tipe format yg bisa Kalian pilih untuk menyimpan arsip tersebut ke perangkat Anda.

Pilih format yg paling cocok serta sesuai dengan tipe arsip Anda. Misalnya, arsip Kalian berformat Document, unduhlah arsip tersebut dalam format Microsoft Word. Dengan begitu, Kalian bisa membuka serta menyuntingnya di kemudian hari dengan memakai software Microsoft Word.


Bagikan arsip ke orang-orang lain

Berkas yg telah dibangun juga bisa dibagikan ke orang-orang lain dengan tutorial klik File > Share. Hanya dengan satu langkah tersebut, jendela Sharing Settings akan terbuka serta Kalian bisa memilih terhadap siapa hendak membagikan arsip tersebut.

Selain itu, Kalian pun bisa mengatur jalan masuk yg dimiliki terhadap orang-orang yg mendapatkan pemecahan arsip itu. Tak hingga di situ saja, pemakai Drive juga berhak membagikan arsip ke Gmail, Google+, Facebook, alias Twitter.


Publikasikan arsip ke web

Jika Kalian ingin mempublikasikan arsip tersebut ke publik, silahkan klik File > Publish to the Web. Semua orang-orang bisa menonton arsip yg Kalian publikasikan tersebut, namun mereka tidak bisa menyuntingnya. Perlu Kalian ketahui, arsip yg telah dipublikasikan tidak bisa diedit kembali.


Print berkas

Jika Kalian ingin menyimpannya dalam bentuk kertas, jadi Kalian bisa mencetaknya dengan cara eksklusif lewat printer. Klik File serta cari opsi Print yg terletak di tahap bawah. Kalian bisa memilih halaman tertentu yg ingin dicetak dalam bentuk kertas.


Cara Mengunduh serta Mengunggah Berkas

cara memakai google drive

Apakah Kalian mempunyai dokumen yg telah tersimpan di perangkat serta ingin diunggah ke Google Drive? Kalian tidak butuh memakai tutorial copy paste. Karena dokumen yg ada di hard disk perangkat bisa eksklusif diunggah ke akun Google Drive Anda. Berikut merupakan tutorial untuk mengunggah sebuah arsip ke Google Drive:

  1. Pertama, download terlebih dahulu Google Drive Sync ke perangkat Anda. Fungsi dari software ini merupakan untuk mensikronisasi perangkat dengan Google Drive.
  2. Setelah berakhir menginstall Google Drive Sync pada perangkat, jadi perangkat Kalian akan membuka software ini. Dengan kata lain, software ini akan menolong Kalian mengakses Google Drive dengan lebih cepat serta mudah.
  3. Drag and drop arsip dari perangkat Kalian ke dalam Google Drive Sync, jadi arsip tersebut akan terunggah dengan cara otomatis ke akun Google Drive Anda.
  4. Atur setelan unggahan Kalian dengan tutorial klik ikon gear yg ada di halaman mutlak Google Drive. Pilih menu Upload Settings, lalu atur supaya Google Drive Kalian bisa eksklusif mengkonversi arsip yg diupload ke dalam format yg ada Drive. Misalnya, arsip dalam bentuk Microsoft Excel akan dikonversi menjadi Spreadsheet.
  5. Selanjutnya, ketika Kalian ingin mengunggah arsip dari Google Drive (bukan dari aplikasi), Kalian hanya butuh mengklik pada tombol Upload dengan ikon panah ke atas, serta cari arsip yg hendak diunggah.
Sementara itu, apabila Kalian ingin mendownload arsip buatan sendiri alias arsip yg dibagikan orang-orang lain, lumayan buka arsip tersebut serta klik File > Download as. Hanya dalam sekejap arsip yg Kalian pilih akan tersimpan pada perangkat Anda.

Apakah Google Drive hanya bisa menyimpan arsip dalam bentuk Document, Spreadsheet, serta Presentation saja? Tidak. Drive sanggup menyimpan gambar, musik, maupun video. Google menunjukkan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB pada setiap akun Google Drive. Untuk menghemat kapasitas penyimpanan tersebut, Kalian bisa menghilangkan arsip yg telah tidak terpakai.

Cara memakai Google Drive tidak serumit yg Kalian bayangkan. Bila telah terbiasa, jadi Kalian akan merasa bahwa Drive akan sangat menolong Kalian dalam faktor penyimpanan berkas, mengakses arsip dengan cara online, hingga share arsip dengan orang-orang lain.