Fenomena Air Laut Bersinar dan Bercahaya di Pesisir Barat -->

Menu Atas

Kategori

adsense

Fenomena Air Laut Bersinar dan Bercahaya di Pesisir Barat

Guratanku.com - Lampung ,(23/12/19) Fenomena alam yang terjadi belum lama  ini pada daerah pesisir barat Lampung banyak menyedot perhatian warga.

Air laut yang saat itu tidak biasanya menimbulkan takjub mereka. Sebab, pada perairan samudera tersebut ditemukan air yang bersinar saat malam hari.

Fenomena air laut yang memiliki cahaya tersebut dalam bahasa ilmiah disebut sebagai fenomena bioluminesensi  yang merupakan reaksi kimia disebakan oleh plankton dan flagelata yang melakukan reaksi kimia.

Kejadian alam semacam ini memang tidak dapat diprediksi kapan terjadinya. Namun saat fenomena inpi berlangsung ternyata merupakan kejadian yang mematikan bagi mahluk air disekitarnya.

Saat bioluminesensi berlangsung akan membuat ikan-ikan di perairan tersebut keracunan karena reaksi kimiawinya. 


Hal ini tentu akan merugikan sektor pertambakan yang mengandalkan air laut sebagai media utamanya. 

Tambak-tambak udang juga harus memberikan perhatian dan perlakuan khusus kepada air yang berasal dari fenomena tersebut. 

Treatmen yang baik saat terjadinya fenomena air yang bercahaya di laut tersebut  dapat dilakukan dengan proses sterilisasi terlebih dahulu pada tandon pengendapan. 

Setelah terjadi sedimentasi maka kemudian dilanjutkan dengan penggunaan kaporit sebagai penetral berbagai biota yang berasal dari laut yang bersinar tersebut.