AS Memberi Dukungan Kepada RI untuk Mengukuhkan Kedaulatan Atas Papua

adsense

Newsletter

AS Memberi Dukungan Kepada RI untuk Mengukuhkan Kedaulatan Atas Papua

Guratanku.com (3/9/19) -Kepala Staff Kepresidenan, Moeldoko membeberkan kepada awak media bahwa saat ini Republik Indonesia sedang meminta dukungan kepada Amerika Serikat mengenai kedaulatan negara terkhusus terhadap isu gerakan separatis yang tengah gencar dilakukan oleh para pemberontak di tanah Papua.

Amerika Serikat sendiri dikabarkan telah memberi support penuh atas kedaulatan negara Indonesia atas Papua mengingat keputusan New York di masa Pemerintahan Soekarno yang dengan tegas mengakui bahwa Irian atau Papua merupakan bagian mutlak dari Republik Indonesia.

Hal ini merupakan kabar baik bagi Indonesia mengingat berkali-kali kabarnya bos pentolan OPM Beny Wenda tidak bisa mengusik keputusan PBB tersebut meskipun telah berulang kali mengusulkan referendum kepada pihak PBB mengenai permasalahan Papua tersebut.

Disisi lain dengan dukungan dari AS tersebut dapat mengamankan segala kepentingan dari kedua belah pihak yang memiliki aset di tanah Papua dan untuk melindungi aset-aset negara Indonesia dari separatisan pemberontak.