Benarkah Menunda Nikah Akan Meminimalisir Perceraian?

adsense

Newsletter

Benarkah Menunda Nikah Akan Meminimalisir Perceraian?

Guratanku.com (21/9/19)- Banyak kasus perceraian pada usia muda yang menikah terlalu dini dikarenakan berbagai faktor.

Penyebab pastinya adalah ketidakcocokan kedua pasangan. Lalu lantas kenapa masih mau menikah jika sedari awal tidak cocok?.

Berdasarkan realita zaman sekarang, banyak hal yang menyebabkan seseorang  menikah terlalu dini, antara lain ;

1. Memang Sudah Ketemu Jodoh

Merupakan keadaan yang menggembirakan jika kita berhasil menemukan belahan hati kita. Jodoh sendiri adalah rahasia Tuhan yang harus dipecahkan oleh ikhtiar kita. Namun, jika memang sudah cocok lahir batin sepasang manusia bisa melangsungkan pernikahannya dengan catatan menerima segala konsekuensinya. Baik dari beban tanggung jawab keluarga, finansial dan beban yang lainnya.

2. Menikah karena Terpaksa

Banyak beranggapan pernikahan terpaksa hanya terjadi pada zaman Siti Nurbaya saja. Padahal kenyataannya sekarang, pernikahan ang terpaksa ini sering terjadi. Meskipun zaman saat ini sudah jarang orang tua yang menjodohkan anak mereka.

Namun mirisnya di zaman inilah menikah karena terpaksa sering terjadi lagi namun dengan  sebab yang buruk yaitu karena  tergelincirnya pada dosa zina.

Sementara itu, jika seandainya pelaku zina tersebut dinikahkan, maka  anak dari hasil perzinahan tidak boleh dinasabkan kesiapapun bapaknya kecuali hanya ibunya saja.  Jadi si Anak tidak berhak atas harta sang ayahnya.


Menurut data Kemenag, angka perceraian di Indonesia sangat tinggi  karena oleh sebab banyaknya terjadi penyesalan menikah.

Segera menikah adalah impian orang beriman yang siap untuk membangun rumah tangga.


Namun tak semua orang setuju  dengan pernikahan yang terlalu dini sebab selain faktor kesehatan yang tidak bagus , nikah terlalu dini juga menyulitkan perkembangan finansial.



Dampak yang kerap terjadi adalah perceraian dimana-mana oleh sebab kurangnya kesiapan pengantin yang menikah terlalu dini.

Kesimpulannya dari judul dan artikel  diatas, kita akan dapat menjawab  sebuah pertanyaan, benarkah menunda pernikahan akan meminimalisir perceraian? Jawabannya benar, jika nikah saja belum maka mau bercerai dengan siapa? Sementara posisi masih belum menikah.