Peluang Bisnis Besek Menjanjikan Untuk UMKM Sebagai Alternatif Penggunaan Plastik

adsense

Newsletter

Peluang Bisnis Besek Menjanjikan Untuk UMKM Sebagai Alternatif Penggunaan Plastik

Source Img Detik.com

Guratanku.com- (12/8/19) Penggunaan plastik kini memiliki kuantitas yang memperihatinkan. Terlebih limbah produk tersebut tidak dapat diurai secara biologis oleh alam. Plastik sendiri banyak digunakan dalam segala lini kehidupan baik untuk menjadi kantong belanja bahkan sampai ke prabot rumah.

Kesadaran pemanfaatan limbah plastik saat  ini masih minim perhatian dari sebagian masyarakat. Terlebih  penggunaan produk plastik semakin meningkat. Pada awal 2019 kemarin terdapat banyak kasus pencemaran oleh limbah plastik. Baik dari kasus ikan paus yang mati karena menelan plastik maupun kasus  impor sampah plastik dari luar negeri.

Pemerintah berusaha menanggulangi masalah tersebut melalui berbagai himbauan. Baik himbauan daur ulang maupun himbauan menggunakan produk yang bisa diurai pada kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja penggunaan daun pisang kini sudah dipromosikan oleh berbagai supermarket untuk menjadi pengganti pembungkus plastik seperti digunakan pada pembuatan tempe, ataupun sebagai alat untuk membungkus cabai.

Penggunaan besek kini juga telah dicanangkan melalui berbagai promosi. Namun tetaplah yang menentukan tren penggunaan adalah masyarakat itu sendiri.

Mari kita dukung untuk industri bebas dari limbah plastik. Dengan demikian dapat meningkatkan pendapatan para UMKM pengrajin alat pembungkus alternatif selain plastik seperti besek dan lainnya.