Tutorial Gosip Ala Jurnalis, Sistematis Terstruktur dan Masif

adsense

Newsletter

Tutorial Gosip Ala Jurnalis, Sistematis Terstruktur dan Masif


Guratanku.com  -  Budaya gunjing menggunjing atau dalam bahasa gaulnya gosip. Adalah perbuatan yang sudah ada dari manusia belum lahir di bumi. Mengapa demikan? Karena syetan telah lebih dulu lahir dibandingkan manusia. 

Gosip sendiri ialah perbuatan membicarakan seseorang tanpa sepengetahuannya dengan tujuan tertentu. Entah itu positif ataupun negatif semua tergantung pada topik dan isi yang dibicarakan.

Namun terkadang tidak sedikit dari kerugian maupun keuntungan yang akan didapat dari kegiatan gosip ini. Salah satu contohnya adalah jika gosip itu bernada positif maka akan membuat orang yang digosipi banyak menerima empati dari orang sekelilingnya. Namun apabila negatif tak jarang membuat orang sekeliling menjadi antipati.

Dalam prakteknya untuk bisa bergosip diharuskan para penggosip dapat membuat topik yang menarik dan unik tentunya. Adar para pendengar betah mengamati apa yang disampaikan.

Selain itu carilah bahan topik yang pas dengan dasar 5 W + 1 H. Yaitu singkatnya tentang apa, dimana, siapa, kapan, kenapa,  dan bagaimana. Dengan hal tersebut dapat dipastikan gosip yang akan dibahas menjadi lebih detail dan mampu menjawab pertanyaan orang kepo sebelum mereka mengajukan pertanyaan.

Jangan lupa berdoa dahulu sebelum bergosip, agar gosip anda diberkahi dan tentunya tidak membuat dampak buruk.
Dan bergosiplah dengan elegan, santai serta dengan penyampaian yang menggunakan bahasa tersirat bukan tersurat. Supaya para pendengar dapat praktik akan materi permajasan yang mungkin pernah dienyam saat masih sekolah dulu.

Terakhir, mengingat banyaknya penyalahgunaan gosip. Maka kami saran jauhilah menggunjing orang. Karena sebagaimana sudah tertulis di atas bahwa, syetan lebih duluan lahir dibanding manusia. Dan gosip sendiri lebih banyak keburukannya dibanding keuntungannya yang cukup melimpah.

Dan jangan lupa untuk selalu berdoa agar dihindarkan dari dosa ghibah atau gosip yang menyengsarakan.

Demikian ulasan tutorial artikel ini, semoga anda selalu terlindungi dari hal negatif dan selalu juga mendapat kebahagiann,!