Sekilas Review JNT dan Pos Indonesia

adsense

Newsletter

Sekilas Review JNT dan Pos Indonesia


Guratanku.com (24/07/19) - Persaingan ketat antara perusahan ekspedisi semakin meningkat. Mengingat dewasa ini marak tren jual beli online yang semakin digemari oleh generasi milenial saat ini.

Perusahaan besar baik swasta ataupun BUMN tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut ini opini review mengenai beberapa persuhaan jasa ekspedisi di Indonesia.

1. POS Indonesia

Perusahaan plat merah ini merupakan salah satu penyedia jasa ekspedisi kebanggaan bangsa. POS sendiri sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia bahkan sudah dikenal ke mancanegara. POS didirikan pada tahun 1746, yakni  sejak Indonesia belum merdeka bahkan jauh sebelum letusan dahsyat dari Gunung Krakatau.

Kelebihan POS sendiri yakni memiliki jaringan yang sangat luas dari Sabang sampai Merauke sehingga tak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Soal kecepatan pengiriman POS Indonesia tidak kalaj dengan penyedia jasa lainnya. Dalam hal ini cukup diperhitungkan.

Namun untuk kekurangannya, kita akan kesulitan dalam mengirim barang berharga lewat POS, mungkin karena faktor peraturan yang berlaku. Disisi lain kami melihat POS masih kurang agresif dalam melakukan promosi, walaupun dapat dikatan memiliki brand yang sudah kuat, namun dalam persaingan bisnis dewasa ini kita tak dapat menganggap spele gencarnya promosi yang dilakukan oleh kompetitor. 

Dan kekurangan yang terakhir adalah tidak adanya layanan 24 jam serta hari libur. Karena hal tersebut terkadang para pengguna jasa ekspedisi harus berpikir dua kali jika ingin mengirimkan barang secara cepat.

2. J&T

Perusahaan J&T Express adalah perusahaan penyedia jasa ekspedisi yang dapat dikata masih Balita. Namun berkat kegigihan CEO Jet Lee dan timnya, akhirnya perusahaan ini sekarang sangat diperhitungkan di Indonesia.

JNT lahir pada tahun 2015, dengan berbagai strategi dengan menggaet serta berkerjasama dengan berbagai perusahaan akhirnya perlahan JNT bersinar dan dikenal dengan baika oleh konsumen di Indonesia.

Kelebihan dari JNT sendiri adalah pengirimannya yang relatif sangat cepat dan layanan tracking yang akurat serta mudah. Pelayanan JNT sendiri tak mengenal hari libur dan selalu beroperasi sepanjang hari bahkan hari lebaran sekalipun.

Namun dibalik keunggulannya, JNT sendiri memiliki kekurangan yang tak luput menyertai perjalanannya. Salah satunya adalah sedikitnya kantor JNT di pelosok Indonesia yang kurang menjangkau daerah terpencil sehingga pelayanannya belum bisa dinikmati sepenuhnya oleh publik. Selain itu harga paket yang relatif lebih tinggi menambah warna tersendiri dimata para konsumen. Namun hal itu sesuai sebagaimana pepatah "ada harga ada rupa".

Demikian ulasan review kali ini, artikel ini dibuat dengan netral tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Semoga hari anda selalu bahagia.