Review: Objek Menara Siger Lampung Maskot Kebanggaan Daerah

adsense

Newsletter

Review: Objek Menara Siger Lampung Maskot Kebanggaan Daerah


Guratanku.com (29/07/19) - Menara Siger merupakan maskot propinsi Lampung yang selesai dibangun pada tahun 2008. 

Dahulu bangunan ini diresmikan oleh Gubernur Lampung Sjahroedin Z.P yang juga turut mengundang berbagai tokoh di Indonesia maupun luar negeri baik dari kedutaan Jepang, Filipina, Afganistan, Srilanka, Kroasia, Sultan Cirebon dan Sultan Banten.

Menara yang didesain oleh Anshori  Djausal ini diharapkan mampu mendorong sektor pariwisata dan perekonomian khususnya masyarakat Bakauheni, Lampung Selatan.

Mengingat Bakauheni sendiri adalah gerbang utama pulau Sumatera. Dan saat pembangunan berlangsung Gubernur Lampung saat itu Sjahroedin yakin akan meningkatkan pendapatan daerah.

Namun setelah satu dekade ini kondisi dari Menara Siger tersendiri sangat memerlukan treatment khusus karena beberapa unsur bangunan sudah lapuk.

Kondisi sekitaran Menara Siger cukup terawat meskipun masih ada kekurangan sana -sini. Cat dari bangunan ini pun sekarang mulai mengelupas . Sementara itu lantai-lantai mulai kusam.

Padahal saat ini pengunjung dari bangunan maskot ini dapat dikatakan stabil apalagi menjelang hari libur dan weekend.


Area Menara Siger sendiri masih asri. Sejuk karena banyak pepohonan disini. Ditambah lagi adanya saung di taman-taman Siger.

Disini juga terdapat penangkaran burung di dekat mushola. Dan ada juga pedagang makanan yang akan memudahkan anda untuk masalah konsumsi di area ini.

Dari puncak menara kita bisa melihat kapal-kapal tengah beroperasi di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni ataupun dapat melihat hamparan gugusan pulau pulau selat sunda pada arah timur. 

Di arah barat kita akan disuguhkan jejeran bukit di sekitaran Gunung Rajabasa yang asri dan menyejukan mata. Di kaki bukit sendiri akan nampak para pengguna jalan tol yang berlalu lalang.

Untuk masalah keamanan di menara Siger ini sendiri sudah ditangani pihak Satpol PP Lampung Selatan.  Namun anda disarankan untuk tetap melakukan penguncian ganda terhadap kendaraan demi keamanan bersama.

Di dalam menara siger terdapat satu ruangan khusus untuk siaran radio Siger Fm yang pernah beroperasi di tahun 2011 dahulu. Namun sekarang kondisinya terbengkalai dan tengah nonaktif.

Di loby Siger  terdapat juga  akuarium dan miniatur tata ruang Bakauheni yang masih dalam tahap  perencanaan. Dan sudah ada beberapa yang diwujudkan tahun ini seperti jalan tol yang sudah beroprasi di tahun ini.

Demikianlah informasi mengenai objek wisata Menara Siger semoga dapat bermanfaat.  Akhir kata terimakasih sudah mampir dan mudah-mudahan bahagia selalu!