Inilah Alasan Kenapa AS Kelabakan Menghadang China

adsense

Newsletter

Inilah Alasan Kenapa AS Kelabakan Menghadang China

Perang dagang kini tengah memanasnya  antara Amerika Serikat versus China dan kawan kawannya sejak 2015 silam, kali ini admin mau bahas alasan Amerika menyatakan perang dagang .

1. China Mampu Berbenah
Dahulu China dikenal sebagai negara terbelakang oleh faktor banyaknya korupsi, tingginya angka kelahiran yang menyebabkan masalah ekonomi dan sosial, seiring berjalannya waktu mereka mampu bangkit dengan menerapkan kebijakan ekstrim salah satunya kewajiban hanya beranak satu, hukuman mati pada koruptor, dan pelonggaran kebijakan ekonomi yang membuat sistem ekonomi sosialis berangsur menyesuaikan zamannya. Semua warga China yang memasuki usia 21 tahun diwajibkan untuk ikut wajib militer oleh pemerintahnya. Nah kan gimana gak ekstrim lho?

2. Mampu Mengembangkan Teknologi yang Diadopsi

Gimana enggak makin maju, China sejak tahun 1980 an telah berhasil menjadikan warganya melek teknologi dengan terciptanya pekerja-pekerja profesional yang makin bertambah banyak, membuat China tumbuh menjadi negara yang maju di bidang IPTEK. Salah satu hasil dari usaha mereka  yang kita rasakan adalah adanya smartphone dan segala produk buatan China yang bersaing secara harga dipasaran.

3. Inovasi yang Makin Melonjak

Salah satu negara yang akan sukses mengembangkan jaringan 5G adalah China, dengan teknologi yang dikembangkan oleh Huawei raksasa ponsel China membuat kecepatan internet dengan low latency makin menjadi-jadi, konon kecepatannya bisa 10 kali lipat dari kecepatan maksimum 4g. Hal ini dinilai apatis oleh negara superpower lain baik Eropa ataupun Amerika Serikat selaku pemimpin teknologi dunia dewasa ini. Melihat perkembangan teknologi China yang pesat, Amerika tak mau kehilangan marketshare 2.8 milliar jiwa penduduk bumi akibat ulah China yang makin menggila dalam berinovasi.
Amerika lalu melancarkan serangan serangan seperti menaikan tarif dagang impor terhadap China, ataupun bahkan memboikot produk China sekalipun.

4. Harga Produk dan Tenaga Kerja yang Bersaing
Bukan China namanya kalau tidak bisa menciptakan athmosphere pasar tersendiri dimanapun mereka berbisnis. Salah satu kehebatan China adalah mengambil keuntungan yang sedikit agar diperoleh penjualan yang besar. Maka tak heren jika kadang banyak kompetitor yang dibuat gulung tikar oleh mereka

5. Solidaritas yang Tinggi

Lagi lagi China dengan ideologi sosial komunisnya berhasil menyatukan berbagai elemen kekuatan negara baik itu pembisnis, aparatur pemerintah ataupun segala elemen masyarakat yang dinilai mampu menciptakan negeri yang kondusif dan stabil sehingga banyak investor yang rela menanam modal mereka secara besar-besaran disana.

Jadi demikianlah alasan kenapa Amerika Serikat sekarang makin terancam kedudukannya oleh kekuatan baru di Asia yaitu China. Kapan ya Indonesia bisa ikut bersaing ketat?
Kalau bukan kita sendiri yang mengawali kesuksesan siapa lagi yang mau membuat negara kita bangkit. Ayo jadikan negara kita mampu sukses lebih unggul dari sekarang.