Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lupa Password di Windows 7? Berikut Ini Cara Mengatasinya

 


Guratanku.com - Perangkat komputer maupun laptop yang biasa kita gunakan sehari-hari, terlebih memang kita berkerja dengan menggunakan komputer. Maka sangat pentingnya perangkat tanpa masalah. Komputer yang mengalami lupa password tidak akan dapat memasukan password login pastinya. Untuk itu hal yang harus dilakukan adalah memperbaikinya.

Bagaimana cara memperbaikinya? Simak penjelasan dibawah ini.

Diartikel ini, saya akan lebih utamakan untuk membahas mengenai masalah cara mengatasi lupa password di windows 7. Anda tidak perlu buru-buru membawanya ke tukang service, sebelum mencoba tutorial yang saya berikan. Kenapa begitu? Cara yang saya berikan sudah saya coba Beberapa bulan yang lalu, dimana saya pernah berekspiremen untuk cara mengatasi lupa password di windows 7.

Sebenarnya komputer yang saya gunakan tidaklah mengalami masalah lupa password. Akan tetapi, dengan saya melakukan percobaan tersebut yaitu untuk memastikan bahwa cara ini bisa digunakan untuk mengatasi lupa password pada windows 7.

Dan alhasil cara yang saya lakukan berhasil 100% Work tanpa software dan install ulang.

Beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini:
  • Install ulang windows 7.
  • Membawa ke tukang service.
  • Dan cara yang melalui system recovery windows 7.
Saya tidak membahas mengenai install ulang windows 7. Namun, untuk pembahasan pada artikel ini yaitu cara mengatasi lupa password melalui system recovery di windows 7.

Solusi yang saya berikan ini akan melakukan reset password windows 7 tanpa perlu menggunakan software ketiga. Selain itu, mengenai pada data-data komputer yang Anda miliki tidak akan terhapus/hilang. Karena saya sendiri secara jujur sudah memastikan bahwa data yang didalamnya aman-aman saja.

Misalkan Anda bertanya, apakah solusi ini dapat dipakai untuk mengatasi lupa password di windows 10? Saya sendiri tidak dapat memastikan dengan benar. Karena belum pernah melakukan problem di windows 10. Jika Anda ingin mencobanya, silahkan saja. Namun saya tidak bisa memastikan dengan benar cara itu dapat digunakan pada windows 10.


Berikut langkah-langkah reset password windows 7 tanpa software dan tanpa install ulang:

Cara Mengatasi Lupa Password di Windows 7

Tidak ada persiapan yang harus Anda siapkan. Cukup menyiapkan komputer atau laptop windows 7 yang mengalami lupa password. Beberapa cara yang Anda bisa gunakan, kemungkinan melalui safe mode atau lewat bios. Namun saya tidak akan membahas melalui itu, tetapi menggunakan windows recovery. Berikut cara memperbaiknya.

Note: Untuk gambar, saya belum bisa menampilkan dikarenakan hilang. Untuk itu nanti akan saya coba untuk upload gambarnya jika sudah ada.

Pertama, nyalakan komputer/laptop windows 7 Anda.

Kedua, saat PC sedang menyala. Hingga pada tampilan "Starting Windows" tekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan.

Ketiga, maka windows akan memasuki pada mode "Windows Error Recovery". Pada bagian ini ada 2 bagian. yaitu, Launc Startup Repair (Recomended) dan Start Windows Normally. Klik pada Launc Startup Repair (Recomendded).

Keempat, setelah mengklik bagian tadi seperti diatas. Akan muncul "Windows Is Loading File". Tunggu proses tersebut sampai selesai. 

Kelima, jika sudah selesai. Maka akan muncul menu Startup Repair. Tunggu loadingnya hingga selesai.

Keenam, maka akan tampil/muncul  keterangan "Do you want restore yoiur computer using System Store". Pilih cancel saja. Setelah memilih cancel, maka komputer akan menloading. Tunggu saja sampai proses selesai. Kurang lebih proses yang ditunggu kisaran 10-15 menitan.

Ketujuh, Setelah menunggu proses tersebut, windows akan menampilkan "Recovery  Repair". Pada bagian ini pilih "View Problem Details (Klik pada bagian seperti tanda kebawah).

Kedelapan, scrool kebagian bawah. Lalu klik "x:\windows\system32\en-US\ercfflps.txt. Maka akan muncul notepad.

Kesembilan, setelah muncul notepad.  Klik file pada notepad - open - computer - local disk C - Computer - system32.

Kesepuluh, pada tab tersebut. Pada bagian "File of type" Typenya diganti menjadi "All files".

Kesebelas, pada folde system32 tersebut. Cari file bernama sethc lalu ganti menjadi sethc cold. Selanjutnya cari cmd lalu copy pastekan. Pada bagian cmd-copy ganti namanya menjadi sethc.

Kedua belas, jika sudah selesai apa yang sudah saya jelaskan dan diikuti dengan benar. Selanjutnya keluar pada bagian ini. Untuk cara keluarnya dengan cara mencancelnya lalu close notepad dan pilih Don't Send (Pilih Cancel).

Ketiga belas, maka kita akan kembali lagi pada Startup Repair. Pada bagian ini ada 2 pilihan yang bisa Anda pilih. Yaitu, "Are you sure want to exit startup repair and restart you computer" Pilih yes.

Keempat belas, biarkan komputer windows 7 merestart sendiri sampai pada menu login user account. Pada menu screen login ini yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol Shift sebanyak 5 kali. Yaitu akan tampil cmd.


Kelima belas, di cmd ketikan perintah net use (Masukan nama Administrator PC Anda dengan benar) *. Contohnya seperti ini, net use guratanku*. Jadi sesuaikan dengan nama Adminstrator PC Anda.

Setelah itu nanti akan muncul new password. Masukan password baru windows 7 Anda. Jika masih terasa bingung atau bagaimana, setelah memasukan net use cukup Anda enter-enter saja. Sampai muncul keterangan "The Command Complete Successfully".

Jika sudah sampai pada tahap the command complete successfully artinya Anda sudah berhasil untuk membuka dan mereset password lama dengan yang baru atau kosong (Jika tidak diberikan).

Note:  Cara memperbaiki ini digunakan pada komputer sistem operasi windows 7.


Posting Komentar untuk "Lupa Password di Windows 7? Berikut Ini Cara Mengatasinya "