Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Blue Screen di Windows 10


Beberapa kesalahan yang terkadang suka muncul juga pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows ialah Blue screen atau layar biru. Blue screen sendiri muncul begitu saja saat komputer sedang digunakan. Oleh karena itu disini saya akan membahas penyebab dan cara mengatasi blue screen di windows 10.

Sebelum lanjut kedalam pembahasan penyebab dan cara memperbaikinya. Alangkah baiknya kita harus tahu dahulu apa itu blue screen.

Apa Itu Blue Screen 

Blue screen atau yang disebut BSOD merupakan kepanjangan dari Blue Screen Of Death. Kerusakan windows mengalami blue screen sendiri yaitu ditandai dengan tampilnya layar dekstop menjadi layar biru beserta dengan kode kesalahan yang ditampilkan.

Problem blue screen tentu akan sangat menggangu sekali saat Anda sedang menggunakan komputer, karena setiap kita sedang melakukan aktivitas di komputer pasti akan selalu muncul. Dan pastinya akan menggangu kinerja kalian juga.

Karena misalnya Anda sedang melakukan edit document, lalu tiba-tiba layar dekstop mati dan berubah menjadi blue screen, maka otomatis data yang Anda telah lakukan akan hilang semua.

Untuk itu kita perlu memperbaikinya.

Penyebab Layar Blue Screen di Windows 10

Berikut beberapa masalah pada komputer windows 10 Anda mengalami layar Blue screen.

Driver Windows Corrupt

Penyebeb terjadinya blue screen salah satunya ialah driver windows mengalami corrupt/rusak atau terkena virus. Driver windows tentu banyak jenisnya pada komputer windows, misalnya seperti driver lan, driver USB dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan terjadinya blue screen driver yang penting digunakan rusak atau usang.

Untuk melihat driver pada windows yang error atau yang sudah usang Anda bisa melihatnya dengan mengikuti dibawah cara dibawah ini.
  • Buka menu windows.
  • Dalam kolom pencarian masukan device manager.
  • Maka akan muncul tampilan yang berisi jenis-jenis driver pada perangkat.
Jika Anda melihat pada suatu tampilan memiliki tanda seru (!). Artinya Anda harus mengupdate drivernya.

Ini tidak menutup kemungkinan saja.

Komponen Komputer Yang Tidak Sesuai Penempatannya

Yang perlu Anda ketahui juga. Jika penempatan suatu komponen pada windows tidak sesuai pada tempatnya. Hal ini bisa menyebabkan windows yang kita gunakan akan mengalami blue screen.

Karena hal itu kita harus memastikan kembali apakah sudah sesuai pada tempatnya atau belum. Caranya ialah melihat komponen pada mother board sudah sesuai dan benar tempatnya.

Komputer Terkena Virus

Perangkat yang terkena sebuah virus, entah itu dari luar (Internet) ataupun dari alat yang kita punya sendiri mengandung virus, tentu akan sangat berbahaya sekali. Karena virus bisa saja dapat melakukan pengambilan data pribadi Anda atau masuk dengan merusak komponen didalamnya.

Untuk itu kita diperlukan sekali melihat/menscan virus pada komputer. Banyak software virus yang tersedia di internet secara gratis maupun berbayar yang bisa Anda gunakan. Seperti:
  • Smadav.
  • AVG antivirus.
  • Avira antivirus.
  • Avast antivirus.
  • Kaspersky
  • Dan software antivirus lainnya.

OS Windows 10 Corrupt

Salah satu penyebab lainnya ialah sistem operasi windows mengalami corrupt. Tentu banyak sekali file-file penting didalamnya yang perlu kita ketahui. Windows tidak akan berjalan dengan baik jika didalam systemnya terdapat file corrupt atau file yang dirubah-rubah dengan tidak benar.

File system windows yang error juga bisa terjadi dikarenakan adanya virus didalamnya. Virus tersebut tentu akan merusak system windows sehingga mengakibatkan komputer yang kita gunakan tidak dapat berjalan dengan baik seperti halnya masalah blue screen.

RAM Sudah Usang

Ram atau yang memiliki arti Random Access memory merupakan komponen yang sangat dibutuhkan sekali dalam komputer. Guna untuk menyimpan data yang berjalan didalamnya. Ram yang telah usang atau tidak memiliki penyimpanan besar bisa mengakibatkan aplikasi error menjadi not responding. Dan bisa mengakibatkan komputer mengalami blue screen.

Untuk itu kita perlu menggunakan ram yang memiliki ukuran besar guna untuk menyimpan data yang sedang berjalan cukup.

Itulah beberapa penyebab komputer windows 10 mengalami blue screen.

Cara Mengatasi Blue Screen di Windows 10

Setelah saya sudah jelaskan beberapa penyebab terjadi windows mengalami blue screen. Berikut langkah-langkah cara mengatasi blue screen dengan benar.

Update Driver

Jika komputer/laptop memiliki driver windows yang error. Anda bisa melakukannya dengan cara mengupdate driver tersebut.

Untuk langkah mengupdatenya, Anda bisa mencari driver yang dibutuhkan untuk komponen yang dibutuhkan. Atau jika tidak ingin pusing mencari drivernya. Yaitu bisa dengan menggunakan aplikasi driver, seperti driver solution dan sebagainya.

Mengganti Atau Membersihkan RAM

Jujur saja! Saat saya mengalami masalah blue screen pada komputer rata-rata cara yang dapat saya gunakan untuk memperbaiki ialah membersihkan ram. Jika menurut pandangan saya, bisa jadi masalah blue screen tersebut terjadi karena ram yang kita gunakan usang atau perlu diperbaiki.

Bagaimana cara membersihkan ram dengan benar, berikut caranya.
  • Ambil ram pada komputer yang bermasalah tersebut.
  • Bersihkan kepingan mas ram dengan alat penghapus, disarankan menggunakan penghapus yang berwaran putih (hitam juga tidak masalah).
  • Gesekin penghapus tersebut pada ram dari ujung ke ujung searah (Jangan bolak balik). Dan lakukan kembali cara tersebut pada sebelahnya.
  • Lalu tinggal pasang kembali.
Cara ini cukup berhasil bagi saya. Karena saat saya mengalami windows error not responding, bluescreen. menggunakan cara ini cukup berhasil.

Harus Install Ulang Windows 

Langkah terakhir! Jika memang cara diatas memang tidak bisa memperbaiki masalah blue screen. Jalan satu-satunya ialah dengan menginstall ulang OS windows. Dengan menginstall ulang os windows kita, maka komputer akan kembali seperti baru kembali.
axsa


Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Blue Screen di Windows 10 "