Batik Adalah Bagian Dari Budaya Bangsa -->

Menu Atas

Kategori

adsense

Batik Adalah Bagian Dari Budaya Bangsa


Guratanku.com- Sejak zaman kerajaan  lampau bangsa Indonesia sudah mampu membuat pakaian khas masing-masing daerah. Seperti kain tapis yang berasal dari Lampung, ulos dari Medan dan terutama batik yang asli dibuat dari tanah Jawa.

Batik merupakan sebuah mahakarya yang khas berasal dari daerah Jawa, dan sangat disayangkan apabila pakaian lokal ini sampai diakui menjadi aset bangsa lain.  

Tidak bisa dipungkiri memang, pakaian batik sudah diperjualbelikan sejak masa kejayaan kerajaan lampau. Maka tidaklah heran jika ada Negara tetangga ataupun negara lain yang  memiliki corak pakaian yang dipengaruhi oleh batik kita.


Batik sendiri banyak dibuat pada kota-kota di Jawa. Salah satu yang terkenal adalah kota Pekalongan, Solo dan Yogyakarta.  Di masing-masing kota tersebut tentu memiliki corak batik yang khas dan berbeda. 

Corak batik yang berbeda tersebut dapat dijadikan sebagai indikator jika Bangsa kita memiliki jiwa seni dan kecerdasan yang tinggi soal kreativitas. Tinggal generasi penerusnya saja yang bisa menentukan apakah pakaian batik ini akan berkembang atau bahkan mati di negerinya sendiri.