Selamatkan Konservasi Mangrove PT Maju Tambak Sumur Kerahkan Karyawan Untuk Menanam Ratusan Pohon Bakau

adsense

Newsletter

Selamatkan Konservasi Mangrove PT Maju Tambak Sumur Kerahkan Karyawan Untuk Menanam Ratusan Pohon Bakau

(Konservasi Mangrove PT. Maju Tambak Sumur)
Guratanku.com (4/9/19)-  Pada akhir bulan Agustus PT Maju Tambak Sumur yang berada di desa Sumur Induk Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan telah menyelsaikan sebuah proyek penanaman Mangrove yang dilaksanakan dengan mengerahkan sebagian besar karyawannya. 

Hal ini  dilakukan demi menjaga kelangsungan lingkungan hidup agar selaras dan menjaga kondisi alam sekitarnya.

Memang sudah sejak lama kegiatan menanam pohon bakau ini dilakukan oleh perusahaan tersebut dari sejak awal berdiri pada tahun 1990 an  perusahaan ini berhasil mengembangkan bisnisnya di desa Sumur sekaligus memelihara lingkungan hutan Mangrove disekitarnya. 

Terbukti dengan ratusan pohon bakau yang kini sudah kokoh berdiri berkat penanaman waktu sebelum-sebelumnya.  

Pada akhir Agustus, perusahaan ini juga dengan sukses menanam ratusan pohon bakau disekitaran laguna Teluk Ati.  
(Hasil Penanaman Bakau, Dok.kontributor Guratanku Lampung)

Program yang di jalankan oleh Ir. Abdul Haris selaku manager tambak milik Acay tersebut telah melibatkan berbagai kalangan karyawan dan beberapa warga sekitar untuk menjaga lingkungan demi kelangsungan  keseimbangan alam jangka panjang.

Kegiatan ini sangat sejalan dengan intruksi kementerian lingkungan hidup serta peraturan daerah yang berlaku di propinsi Lampung saat ini mengenai pengelolaan hutan mangrove.

Hutan mangrove sendiri merupakan aset yang harus dijaga mengingat fungsinya sebagai benteng yang ampuh untuk menangkal abrasi, tsunami dan berbagai ancaman alam lainnya.

Menurut penelitian oseanografi diperkirakan ketinggian permukaan air laut akan semakin meninggi mengingat bertambahnya es yang mencair pada kutub utara dan kutub selatan.

Kondisi ini akan semakin mengancam penduduk yang menempati pesisir maupun pulau kecil mengingat isu pemanasan global terus memperihatinkan dewasa ini.

Pemerintah dan seluruh lembaga lingkungan hidup terus menghimbau dan menggalakan sosialisasi pada masyarakat untuk siap dalam menghadapi situasi dan kondisi saat ini. Terlebih lagi ancaman abrasi pantai yang semakin mengancam kehidupan pesisir pantai.

Namun mirisnya masih ada  sebagian orang belum sadar akan hal tersebut sehingga belum menyiapkan diri bahkan mengabaikan lingkungan hidupnya. Banyak pula perusahaan maupun masyarakat yang melakukan eksploitasi besar besaran terhadap daerah pantai padahal daerah tersebut sesuai dengan peraturan daerah harus dikelola sebaik mungkin untuk dijadikan benteng dari ancamanan abrasi.

Ada juga perusahaan-perusahaan mulai sadar mengenai ancaman tersebut bagi kelangsungan perusahaannya. Salah satu antisipasi mereka bisa memasang pemecah ombak dekat bibir pantai sehingga dapat mengurangi efek abrasi tersebut.


Dan Kegiatan yang dilakukan oleh PT Maju Tambak Sumur tersebut diatas dapat dijadikan sebagai acuan untuk mempelopori masyarakat sekitar  dan perusahan perusahaan lainya di Lampung Selatan agar lebih peduli terhadap lingkungan dan menjaga kelangsungan ekosistem bersama.