Cara Menjaga Performa Blog Di Google

adsense

Newsletter

Cara Menjaga Performa Blog Di Google

Guratanku.com (24/08/19)-  Blogging adalah cara  terbaik untuk menyalurkan bakat ataupun hobi dalam membaca dan menulis.

Lewat sebuah blog, kita dapat dengan bebas menyebarkan ide-ide yang kita punya dan dapat memudahkan orang-orang mendapatkan imformasi yang dicari melalui kemudahan bertukar pikiran lewat sebuah tulisan.

Bagi seorang blogger pemula terkadang masih kurang konsisten dalam menulis konten di blog. Karena memang motif menulisnya berasal dari keisengan semata. Lain halnya seorang profesional blogger, yang menjadikan blogging sebagai pekerjaan utamanya atau sebagai pekerjaan sampingan. Tentu akan selalu memperhatikan fresh atau tidaknya suatu konten dalam blog, dan mereka cenderung konsisten menghidupkan blognya melalui tulisan entah iru artikel long lasting ataupun artikel musiman yang eksistensunya hanya mampu bertahan sementara pada pencarian google.

Meskipun kedua jenis blogger tersebut berbeda namun tujuan sebenarnya adalah tetap sama yakni untuk menyalurkan  hobi dalam mengelola bakat menulis.

Namun demi menjaga nilai performa web blog kita, maka janganlah mengesampingkan perkara konten saat menulis.

Ada banyak artikel dalam sebuah blog namun belum tentu semuanya akan memiliki eksistensi yang tahan lama. Misalnya blog dengan niche berita, tentu eksistensi artikelnya akan memudar setelah berita tersebut berumur lama. Berbeda lagi dengan niche edukasi yang rata-rata artikel yang berisi tutorial, panduan, dan ilmu  akan selalu dibutuhkan oleh para audience ataupun pencari informasi di google. Sehingga tanpa sering update pun performa blog kita akan selalu terjaga.


Dengan membuat artikel yang memiliki eksistensi longlasting akan sama saja menyelamatkan blog kita dari bencana tenggelam di mesin pencarian google.

Apabila ingin merebut  predikat baik pada index pencarian, maka bidiklah sebuah keyword atau kata kunci utama yang  jarang memiliki pesaing pada google search.

Namun sayangnya semakin sedikit persaingan maka kemungkinan akan semakin sedikit pula pengunjung atau audience yang membutuhakan atau mencari kata kunci keyword tersebut.

Cara lain yang terbaik adalah siap mengikuti trend yang ada sehingga blog kita tak akan terlihat kuno di mata para audience.

Ketika membuat artikel setidaknya dalam range 200-700 kata idealnya. Jika kurang dari ambang tersebut maka akan kurang mendukung untuk membuat artikel pada page pertama. Dan jika seandainya jumlah katanya lebih banyak dari ambang tersebut, kemungkinan akan kurang diminati oleh pembaca karena umumnya orang-orang di negara kita lebih suka membaca sebuah informasi yang singkat dan jelas ketimbang terlalu bertele-tele dan panjang. Meskipun artikel panjang sangat baik untuk meningkatkan performa blog kita namun ada baiknya memperhatikan konsekuensi tersebut agar  selain dapat meningkatkan performa, blog kita pun akan disukai oleh para audience karena memang yang dicari adalah audience dari karya yang sudah dibuat.

Semoga  bermanfaat, dan selalu bahagia ya readers!