Budaya dan Adab Terhadap Penempatan Tulisan Arab

adsense

Newsletter

Budaya dan Adab Terhadap Penempatan Tulisan Arab

Guratanku.com (22/08/19) - Hello readers,  seringkali kita melihat pada sebagian orang yang memiliki keyakinan tertentu mengagungkan simbol-simbol  keyakinannya, entah itu gambar atau bentuk tulisan.

Mereka menganggap tidak boleh menaruh simbol ini disembarang tempat karena kesakralannya. Namun terkadang ada juga yang berlebihan karena menganggap segala yang berhubungan dengan simbol tersebut harus diagungkan. Misalkan saja tulisan Arab yang sangat di agungkan oleh semua umat islam. Karen tulisan aksara ijaiyah tersebut dipakai pada Alquran.


Namun jangan dikira kita tak boleh menggunakannya pada tempat kotor, karena sejatinya hanyalah sebuah tulisan sebagai alat komunikasi. Sama sepertti aksara lain baik kanji maupun latin.

Kita boleh saja mengg unakan bahasa Arab bahkan tulisannya untuk segala keperluan baik itu keperluan kotor misalkan sebagai papan penunjuk tempat sampah maupun tempat kotor lainnya. Sebab bahasa itu sendiri adalah sarana komunikasi.

Namun yang sangat dilarang adalah salah dalam menempatkan nama-nama atau kalimat yang diagungkan. Tak peduli entah dalam tulisan latin maupun Arab, kita wajib dan harus menjaganya agar tidak mengenai atau berada pada tempat yang kotor. Nama tersebut bisa seperti nama seorang nabi, seorang wali, nama malaikat dan yang utama adalah nama nama sifat-sifat Allah.

Selain itu kita tidak boleh menaruh sembarangan sebagian kecil ataupun secara keseluruhan isi dari kitab suci suatu agama karena memang harus selalu kita junjung kemuliaan isi tersebut dimanapun.

Kesimpulannya adalah, sah sah saj bahkan boleh jika menempatkan huruf tertentu di segala tempat asal sesuai dengan kebutuhan. Misal di Arab sana, pasti ada toilet bertuliskan Arab. Karena memang komunikasi mereka hanya menggunakan bahasa tersebut. Namun disini kami tegaskan, rasanya sangat tidak elok membawa nama atau ayat keramat yang disakralkan pada sembarang tempat apapun itu tulisannya, entah huruf kanji kah, latin kah bahkan huruf sandi sekalipun.

Demikian sekilas info kali ini, semoga bermanfaat. Dan sehat selalu!