Mitos Imlek Selalu Identik Dengan Hujan

Menu Atas

Kategori

adsense

Mitos Imlek Selalu Identik Dengan Hujan

Guratanku.com - Banyak orang meyakini bahwa hari raya Imlek akan selalu turun hujan. Sebab menurut mereka turunnya hujan tersebut dapat dijadikan indikator seberapa banyak keberuntungan yang akan didapat pada tahun baru yang tiba.

Jika semakin deras hujan yang mengguyur, konon diyakini bisa membawa berkah dan kelancaran rezeki bagi masyarakat Tionghoa. Namun adakalanya juga hujan gerimis, mereka menganggap rezeki yang dibawa pun akan sedikit.

Ada mitos mengatakan, Imlek adalah hari hujan. Pernyataan tersebut bisa benar juga bisa salah. Sebab, tidak ada yang tahu secara pasti kapan Tuhan akan akan menurunkan hujan.

Faktanya, menurut BMKG dan para ahli, Hari raya Imlek sangat berpotensi hujan karena bertepatan dengan musim hujan , antara Januari sampai Februari.  Oleh sebab itu  Imlek memiliki potensi besar untuk hujan karena tepat saat musim semi atau musim penghujan .

Secara historis pun bisa dikatakan bahwa  orang Cina  zaman dahulu kebanyakan merupakan para petani, maka tak heran jika mereka memilih hari raya yang bertepatan dengan musim tersebut karena sebagai indikator untuk memulai masa tanam.